Yuk Pakai Fastron Gold di Honda Beat ESP

Review Fastron Gold di Honda Beat – Dasar memang udah biasa pakai oli sesat di motor matic (bacanya oli mobil ya) dan memang udah terbukti lebih mantab daripada oli motor matic reguler (terutama oli standar pabrikan), akhirnya motor matic yang sekarang pun akhirnya juga di recokin oli mobil deh. Di motor matic sebelumnya sudah merasakan khasiat dan perbedaannya. Karena sudah lama mempelajari tentang oli sesat ini sudah tidak bingung oli mobil apa yang akan di minum Honda Beat ESP. Pilihan sudah ditetapkan memakai Pertamina Fastron Gold 5W-30. Harga Pertamina Fastron Gold 5W-30 adalah 133 ribu rupiah / liter ketika saya menulis tulisan ini. Service perdana di KM 1000 dapat oli gratis MPX, setelah pulang dari service langsung ke pom pertamina menebus Fastron Gold dan oli MPX yang masih terpakai dari perjalanan pulang bengkel AHASS ke Pom kurang lebih 2 KM langsung dibuang saja sampai orang yang jual oli heran kok masih bening sudah ganti oli mas.

Dan seperti kebanyakan review-review oli mobil dipakai di matic hasilnya yang saya rasakan memang lebih banyak positifnya daripada negatifnya. Memang dari segi pemakaian masih terpakai sejauh 1000 KM namun perbedaannya di 1000 KM ini dibandingkan oli bawaan honda (MPX) sangat terasa bedanya. Ketika masih pakai oli MPX, ketika lebih dari 500KM pemakaian sudah ada gejala mesih berbunyi sedikit kasar ketika kecepatan di kisaran 40-50 kpj. Ketika sudah menyentuh hampir 1000 KM pemakaian, bunyi kasar di mesin semakin terdengar seperti “sreekk srekkkk” pada kecepatan 40-50 kpj . Sejauh ini di PFG sudah terpakai sepanjang 1000 KM tidak ada gejala suara berisik di mesin dan bahkan cenderung selalu halus. Tarikan juga enteng dan padat selalu terisi. Menurut rencana untuk pemakaian perdana ini akan saya pakai sejauh 5000 KM setelah itu akan minum lagi Fastron Gold untuk pemakaian rencananya antara 7000-8000 KM saja (udah banyak yang pakai sampai 10000 KM tapi menurut saya idealnya maksimal 8000 KM).

Fastron Gold di Honda Beat
Fastron Gold di Honda Beat

Keuntungan Fastron Gold di Beat ESP:
1. Bikin mesin lebih halus
2. Tarikan meningkat
3. Konsumi BBM saya rasakan lebih irit
4. Oli mudah dicari karena produk Pertamina tersebar dimana-mana

Kerugian Fastron Gold di Beat ESP:
*Sementara ini belum ada.

Karakter Oli ini (dan hampir kebanyakan oli mobil yang dipakai di matic berdasarkan review yang saya baca) adalah semakin lama dipakai semakin enak rasanya di mesin motor. Ketika pemakaian awal setelah dituang memang secara garis besar tidak terlalu terasa secara signifikan namun memang efek awal halus di suara mesin. Menginjak pemakaian 500 KM untuk tarikan dan performa terasa makin naik. Kalau orang jawa bilang tarikannya itu “sruntulan”.

Pemakaian oli mobil sendiri di kendaraan roda 2 masih menjadi perdebatan antara ada yang bilang bagus dan ada yang bilang tidak aman. Jadi silahkan buat kami yang masih galau monggo mencari referensi di internet sudah sangat banyak. Namun yang jelas sudah banyak catatan positif memakai oli mobil di kendaraan roda 2. Belum pernah saya membaca ada motornya rusak dalam jangka waktu lama setelah memakai oli mobil di motor.

Update: pemakaian mencapai jarak tempuh 5000+ KM kondisi oli masih sangat bagus, performa dan tarikan motor juga masih bagus.

Fastron Gold di Honda Beat
Fastron Gold di Honda Beat
Pemakaian Fastron Gold di Honda Beat pada KM 3500

Yang butuh referensi silahkan menuju ke forum Kaskus tentang penggunaan Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor semoga mendapat pencerahan.

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *