Review Honda Beat 2016

Review Honda Beat 2016 – Selama dua tahun ini saya menggunakan motor matic dari merk “Y” dan hampir setiap hari selalu terpikir untuk ganti motor ke Honda. Kenapa waktu itu saya memilih merk “Y” ? Saat itu saya belum terlalu paham dunia motor matic. Saya mikirnya semua motor matic sama saja dari segi apapun. Seluruh anggota keluarga semua adalah pemakai merk Honda. Saya mikirnya ingin tampil beda dengan merk lain. Awalnya saya juga tidak terlalu kepingin untuk beralih ke matic. Waktu itu istri membeli Honda Beat 2014, saya benar-bener terpesona dengan kenyamanan matic ini. Biasanya naik motor bebek cepet pegal badan, namun setelah memakai motor matic Honda Beat teryata nyaman dan tidak cepat pegal ke badan. Akhirnya setelah 6 bulan kemudian saya beralih ke matic merk “Y”. Dan ketika pertama kali mengendarai saya langsung kaget kok beda sekali baik dari segi tarikan, kenyamanan DLL (banyak kalau dijabarkan). Akhirnya setelah 2 tahun pas saya memakai matic “Y” tersebut, keinginan untuk bermigrasi ke Hondat Beat terealisasi juga. Oke untuk pembukaan saya rasa cukup yukk lanjut ke review.

Seperti yang kita tahu secara kasat masa Honda Beat FI 2016 mengalami perubahan bentuk fisik dibandingkan Honda Beat sebelumnya. Banyak fitur yang mengalami perubahan dan penambahan yang dibawa oleh Honda Beat 2016 ini. Model adalah salah satu pertimbangan saya memilih Honda Beat 2016 ini. Karena memang saya tidak punya pilihan motor tipe lain di benak saya ketika memutuskan ingin ganti motor matic. Mesin masih 110 cc pun tidak masalah buat saya karena saya bukan pembalap. Oiya disini yang saya review adalah Honda Beat FI 2016 CW ya karena cari yang paling murah.

Review Honda Beat 2016
Review Honda Beat 2016
Honda Beat FI 2016

Sebelum melanjutkan ke review Honda Beat 2016, berikut beberapa perubahan yang dibawa Honda Beat FI 2016 :

  • Mesin 110 cc berpendingin udara eSP
  • Fitur ECO Indicator yang akan membantu anda berkendara secara irit. Saat anda berkendara dengan irit, indikator ini akan menyala di panel meter.
  • Akselerasi mencapai 12,6 detik pada jarak 0-200m.
  • Top speed hingga 94 km/jam
  • Penggunaan BBM 59 km / liter dengan penggunaan fitur ISS (metode pengeteas EURO 3)
  • Kapasitas fuel tank lebih besar hingga 4 liter.
  • Ban tubeless.
  • Combi Brake System (CBS) untuk tipe CBS dan CBS ISS.
  • Standar samping otomatis (side stand switch) – Mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun, sehingga menghindari resiko pengendara lupa menaikkan standar samping.
  • Parking Brake Lock – Berfungsi sebagai rem tangan, mencegah motor loncat saat menghidupkan mesin, serta praktis dan nyaman saat parkir atau berhenti di tanjakan.
  • Secure Key Shutter – Sistem penguncian bermagnet yang kuat dan nyaman, untuk menghindar resiko pencurian.
  • Kapasitas bagasi besar (11 liter).
  • Ketinggian jok yang nyaman setinggi 740 mm.
  • Speedometer dengan gabungan digital-analog.
Speedometer gabungan digital-analog

Review Honda Beat 2016
Review Honda Beat 2016
Speedometer Honda Beat 2016
Dari segi tampilan di speedometer perubahannya cukup lumayan. Indikator perpaduan analog dan digital disematkan disini. Untuk speedometer masih menggunakan tipe analog sedangkan bagian digital adalah indikator jarak tempuh (KM) dan indikator bahan bakar. Kelemahan di sisi ini mungkin menurut saya lampu / cahaya penerangan di tampilan ini kurang terang. Dalam kondisi jalanan gelap saya lihat indikator digital tidak terlalu terang. Dan indikator ECO akan sering ON jika kita mengendarai dalam keadaan stabil (tidak betot gas terlalu dalam atau di betot perlahan). Dan di bagian navigasi ini yang juga mengalami perubahan adalah saklar sein dan tombol klakson yang sekarang lebih terjangkau untuk di pencet. Kalau di tipe Honda Beat lama tombol klakson terlalu tinggi dan agak jauh untuk jangkauan jari. Di tipe Beat 2016 ini tombol lebih “datar” dan mudah terjangkau.

Review Honda Beat 2016
Review Honda Beat 2016
Navigasi Klakson dan Sein Honda Beat 2016
Ban Tubeless dan Velg Model Baru
Ban tubeless adalah sebuah keputusan yang cerdas. Matic merk lain dengan rentang harga sama belum ada fitur ban tubeless dan ini bisa menjadikan pertimbangan untuk dijadikan pilihan. Jari-jari velg menggunakan model baru.

 

Review Honda Beat 2016
Review Honda Beat 2016
Ban Tubeless Honda Beat FI 2016
Buat yang belum terbiasa pakai ban tubeless mungkin akan sedikit kaget dengan tingkat kekerasannya. Namun untungnya shock yang empuk Honda Beat bisa mengurangi kekerasannya. Ban ukuran depan 80-90 dan belakang 90-90 standar ukuran Honda kelihatan bikin gagah tidak seperti ban cacing di merk sebelah.

Lampu Depan / Tampilan Depan

Review Honda Beat 2016
Review Honda Beat 2016
Sorot Lampu Depan Honda Beat 2016

Bagian depan mengalami perubahan model. Sebenarnya saya masih suka tampilan depan dari Honda Beat tipe lama. Bagian lampu sein menjadi lebih “lancip” dan memanjang. Oya dan ada tambahan lampu semacam lampu kota yang menyala ketika kontak di posisikan ON. Ketika posisi motor menyala baru head-lamp utama akan menyala. Dan sorotan lampu utama sekarang menjadi lebih jauh (seperti posisi DIM Honda Beat lama) namun ruang kosong jarak pendek sorotannya digantikan oleh lampu kota tadi.

Review Honda Beat 2016
Review Honda Beat 2016
Bagian Depan Honda Beat FI 2016

Jok
Untuk bagian jok ada pengembangan sedikit. Bentuknya sekarang untuk bagian pengemudi bagian depan sedikit lebih kotak dan lebar dibandingkan Beat tipe lama. Dan sayangnya untuk tingkat kekerasan jok masih sama seperti Honda Beat tipe lama masih sama-sama keras (untuk hal jok ini saya merasa lebih cocok dengan tipe jok matic merk “Y”). Namun masalah kekerasan jok ini relatif karena penilaian masing-masing Rider tentunya sangat berbeda. Dan ketinggian jok sepertinya juga tambah tinggi karena saya agak berjinjit ketika naik Beat 2016 ini.

Review Honda Beat 2016
Review Honda Beat 2016
Jok Honda Beat 2016

Yang mengalami perubahan lain adalah bagian untuk menempatkan barang / glove di bawah kemudi. Di bagian sebelah kanan kedalaman ruangan sekarang menjadi lebih “dangkal” daripada tipe Beat yang lama.

Review Honda Beat 2016
Review Honda Beat 2016
Kantong Beat

Riding Position
Riding Position atau posisi mengemudi saya merasakan sangat berbeda. Handling juga saya rasakan lebih enak Beat FI 2016. Tapi karena perubahan Handling dan riding position ini saya merasakan awal-awal menggunakan Beat 2016 adalah pegal di bagian pundak kiri. Dulu ketika awal memakai matic “Y” saja juga merasakan pegal-pegal di bagian pundak kiri namun setelah agak lama mungkin jadi terbiasa dan rasa pegal-pegal tersebut juga hilang.

Review Honda Beat 2016
Review Honda Beat 2016
Bagian CVT dan Shock Honda Beat 2016
Performa

Secara performa jika dibandingkan dengan Beat tipe lama tidak ada perubahan signifikan namun mungkin karena ini masih motor baru untuk menggapai top speed (sekitar 80 kpj, lebih dari itu saya tidak berani) sangat cepat. Getaran mesin lebih halus dan stabilitas berkendara juga lebih mantab (sekali lagi mungkin karena ini masih motor baru). Oh ya dan yang asyik adalah Electric Starter juga halus dan senyap bahkan terkadang saya belum menyadari kalau ternyata motor sudah hidup (sudah seperti tipe Vario). Seperti yang kita tahu kalau Beat lama electric starter sangat dikenal istilah “bletak dorrrr” karena begitu berisiknya ketika di starter. Sedangkan untuk Kick-starter juga lebih mudah “nyantol” ketika di genjot.

Lampu Belakang Mirip Vario 2016

Untuk tampilan lampu belakang makin lincip dan mirip Vario 2016 yang sudah memakai LED. Namun ukurannya lebih ramping Honda Beat 2016. Menurut saya model lampu belakang sudah keren dibandingkan Beat tipe lama yang menurut saya “gendut” untuk bagian belakangnya.

Review Honda Beat 2016
Review Honda Beat 2016
Tampilan Belakang Honda Beat 2016
Kesimpulan
Saya belum pernah mencoba motor ini untuk jarak jauh karena masih terkendala STNK belum jadi ketika saya menulis review ini. Nanti jika surat kendaraan sudah ditangan rencananya akan coba test drive di jalanan untuk jarak jauh. Oiya untuk karakter rem sepertinya unit yang saya pakai ini terasa lembut yang jadinya saya merasa rem kurang pakem baik rem depan maupun belakang. Ntah memang karena karakter handling rem seperti ini atau unit saya kurang pakem rem-nya (service perdana akan saya konsultasikan ke mekanik AHASS). Namun secara umum saya menyatakan sangat puas dengan motor ini karena memang saya sudah merasa cocok dengan Beat bahkan ketika belum membeli motor ini.
Keunggulan Honda Beat FI 2016 :
  • Mesin yang halus dan enteng
  • Tarikan yang handal (dan progresif)
  • Handling yang makin nyaman
  • Model yang (menurut saya) menarik
  • Shock empuk khas honda
  • Irit bahan bakar
  • Indikator ECO Riding yang sangat membantu
  • Electric Starter yang makin halus dan senyap
  • Ban Tubeless
  • Variasi Velg model baru
Kekurangan Honda Beat FI 2016 :
  • Lampu belum LED
  • Parking Brake Lock posisinya terlalu jauh dari jangkauan jari secara langsung
  • Jok yang keras
  • Handling rem lembut namun membuat rem serasa kurang pakem.
  • Saya rasakan engine break lebih besar dibandingkan dengan Beat generasi sebelumnya
  • Masih ada letupan knalpot, heran saja kok belum ada perubahan untuk hal ini
So buat kamu yang ingin membeli Honda Beat 2016 saya secara pribadi sangat menyarankannya. Karena di rentang harga yang sama fitur yang diberikan masih lebih menarik fitur dari Honda Beat FI 2016. Semoga review Honda Beat 2016 ini bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *