List Error Code di Google Play Dan Cara Mengatasinya

Banyak sekali daftar error code di Google Play. Bagi sebagian banyak pengguna android pasti pernah mengalami error ketika mendownload aplikasi di Google Play. Berikut ini saya lampirkan daftar atau list error code di Google Play dan cara untuk mengatasinya. Semoga daftar ini bisa membantu kamu yang kesusahan ketika mengalami error untuk mendownload aplikasi di Google Play.

Berikut ini daftar error code di Google Play
Google Play Error DF-BPA-09

Google Play Error Processing Purchase DF-BPA-09
Solusi : Masuk ke menu setting aplikasi dan cari Google Services Framework dan kemudian lakukan Clear data. Jika sudah clear data Google Services Framework masih mengalami error ini silahkan dipancing dengan menginstall aplikasi yang di inginkan melalui desktop. Buka saja Google Play melalui web browser desktop dan install aplikasi tersebut nanti akan otomatis terinstall di android.
Google Play Error DF-BPA-30
Solusi : Buka saja Google Play melalui web browser desktop dan install aplikasi yang tadi mengalami error dan Error DF-BPA-30 harusnya juga masih muncul di browser. Oke setelah error tersebut muncul di Google Play versi browser silahkan buka lagi Google Play di ponsel android dan lakukan download ulang kemungkinan besar akan bisa berhasil.
Google Play Error DF-DLA-15
Solusi : Langkah pertama adalah melakukan Clear cache dan data aplikasi Playstore di android. Jika sudah melakukan clear cache dan data aplikasi Playstore masih muncul error ini maka silahkan  clear cache dan data aplikasi Playstore lagi dan kemudian hapus akun Google dari ponsel setelah itu restart ponsel dan silahkan masukkan lagi akun Google dan coba lakukan download ulang.
Google Play Error rh01
Solusi : Lakukan Clear data dan Clear cache pada aplikasi Play Store dan Google Services Framework. Jika masih error lakukan lagi Clear data dan Clear cache pada aplikasi Play Store dan Google Services Framework dan kemudian hapus akun Google dari ponsel setelah itu restart ponsel dan silahkan masukkan lagi akun Google dan coba lakukan download ulang
 
Google Play Error rpc:s-5:aec-0
Solusi : Lakukan Clear data dan Clear cache pada aplikasi Play Store, Download Manager dan Google Services Framework kemudian lakukan restart HP.
Google Play Error retrieving information from server
Solusi : Hapus akun Google dari HP androidmu kemudian setelah itu restart HP dan silahkan masukkan lagi akun Google dan setelah memasukkan akun Google jangan buka Playstore dulu, tapi langsung menuju ke Setting aplikasi dan kemudian lakukan Clear Data, Cache dan Force Stop pada aplikasi Google Services Framework.
 
Google Play Error BM-GVHD-06
Solusi : Langkah pertama lakukan restart HP dan kemudian coba download ulang. Jika masih error lagi silahkan menuju setting aplikasi dan Force Stop pada aplikasi Play Store dan Uninstall updates. Restart HP dan silahkan mencoba download ulang.
Google Play Error rpc:aec:0]
Solusi : Hapus akun Google dan semua akun yang tersinkronisasi dan kemudian clear data aplikasi Google Play Store kemudian restart HP.
Google Play Error RPC:S-3
Solusi : Hapus akun Google kemudian restart HP dan silahkan login lagi akun Google kemudian coba untuk download ulang. Jika masih bermasalah cobalah dengan akun Google lain jika kamu punya 2 akun Google.
Google Play Error authentication required
Solusi : Hapus akun Google -> Uninstall updates, clear cache dan data aplikasi Playstore -> restart HP dan silahkan login akun Google lagi dan silahkan coba untuk download.
Google Play Package File Invalid
Solusi : masuk ke setting aplikasi dan cari aplikasi yang tadi bermasalah, kemudian silahkan lakukan clear data dan cache aplikasi tersebut dan silahkan coba lakukan update lagi di Playstore. Jika masih error pancing saja dengan melakukan update/install melalui web browser. Jika masih error lagi lakukan hapus akun Google, clear data dan cache aplikasi Play Store, Google Services Framework, restart HP.
Google Play Error 8
Solusi : pastikan Google Play Services sudah terinstall. Dan apabila memang sudah terinstall namun masih ada error ini silahkan masuk ke menu setting aplikasi dan cari saja aplikasi Google Play Services kemudian di  disable saja. Kemudian masuk ke Playstore nanti ada peringatan untuk menginstall Google Play Services silahkan di confirm saja. Jika masih error langkah terakhir adalah menghubungi Google support.
Google Play Error 18
Solusi : Cabut SD Card dan kemudian pasang lagi. Jika masih error hubungi Google support atau langkah final coba untuk tidak memakai SD Card atau lakukan factory reset.
 
Google Play Error 20
Solusi : Lakukan hapus file / data / data aplikasi yang menyebabkan error ini. Silahkan akses folder data aplikasi menggunakan file explorer favoritmu. Atau jika HP sudah dalam keadaan root silahkan lakukan hapus folder “smd2tmp1” di folder /mnt/secure/asec /
Google Play Error -24
Solusi : Saat ini untuk mengatasi error ini dibutuhkan akses root. Jika HP sudah rooted silahkan menuju folder Data/data dari aplikasi yang terkena error ini. Kemudian hapus “package name” dari aplikasi yang error (package name bisa dilihat dari URL aplikasi playstore. Contoh aplikasi instagram link url adalah “https://play.google.com/store/apps/details?id=com.instagram.android” maka package name adalah com.instagram.android). Lakukan dengan hati-hati ya 
Google Play Error 101
Solusi : Uninstall semua aplikasi lama yang sudah tidak terpakai.
Google Play Error 103
Solusi : Untuk error ini kita tidak bisa melakukan apa-apa hingga developer aplikasi melakukan perbaikan terhadap signature aplikasi. Setidaknya mungkin kita bisa menghubungi developer aplikasi tersebut untuk melaporkan error ini.
Google Play Error 110
Solusi : Masuk ke menu settings -> Applications -> All -> Google Play Store > Clear cache. Jika masih error coba pancing dengan melakukan install aplikasi melalui browser Playstore.
Google Play Error 194
Solusi : masuk ke menu settings application kemudian cari aplikasi Google Play Store dan Google Play Services lakukan Force Stop dan lanjutkan dengan Clear Data pada ke 2 aplikasi tersebut.
Google Play Error – 403
Solusi : Hapus proxy di APN (jika ada). Jika sudah tidak ada proxy di APN namun masih ada error ini kemungkinan ada 2 akun Google di HP. Hapus salah satu dan sisakan 1 akun utama untuk download. Jika kedua solusi tersebut masih error silahkan masuk ke Google Playstore kemudian lakukan Clear local search history di menu setting Plastore.

List Error Code di Google Play Dan Cara Mengatasinya
Error code di Google Play
Clear local search history
Google Play Error – 406
Solusi : Lakukan clear cache pada aplikasi Playstore Settings > Applications > All > Google Play Store > Clear cache
Google Play – Error 413
Solusi : Lakukan force stop dan clear data pada aplikasi Google Services dan Google Play Store. Jika masih error lakukan clear cache di aplikasi browser yang terinstall di HP kamu.
Google Play – Error 481
Solusi : Hapus akun Google dan silahkan login dengan akun Google lain (silahkan bikin baru jika tidak punya).
Google Play – Error 491
Solusi : Hapus akun Google dan kemudian lakukan reboot HP lanjutkan dengan masukkan lagi/sign in ulang dengan akun Google yang sama. Kemudian lanjutkan dengan clear data dan force stop pada aplikasi Google Services.
Google Play – Error 492
Solusi : Lakukan clear data dan force stop pada aplikasi Google Services dan Google Play Store. Jika HP sudah dalam keadaan root dan memakai custom recovery bersihkan saja Dalvik cache. Oh ya dan Dalvik cache bisa dibersihkan melalui aplikasi Titanium Backup (jangan lupa reboot setelah membersihkan Dalvik cache). Langkah terakhir jika masih error setelah melakukan semua solusi tersebut adalah data wipe/factory reset .
Google Play – Error 495
Solusi : Lakukan clear data pada aplikasi Play Store : Settings > Apps > All > Google Play Store > Clear data. Lakukan cara yang sama pada aplikasi Google Services Framework. Jika masih error coba hapus akun Google -> reboot -> login lagi.
Google Play Store – Error 497

List Error Code di Google Play Dan Cara Mengatasinya
Error code di Google Play
Google Play Error 497

Solusi : Masuk ke menu Settings > Applications > All > Google Play Store dan lakukan Clear cache, Clear data dan Uninstall updates.

Google Play – Error 498
Solusi : Hapus aplikasi yang tidak terpakai untuk mengurangi ruang dan cache. Jika HP sudah root dan memakai custom recovery lakukan saja Wipe cache partition melalui custom recovery.

Google Play – Error 501
Solusi : Clear cache aplikasi Google Play Services dan Google Play Store. Setelah itu lanjutkan dengan menghapus akun Google lanjutkan dengan restart HP. Setelah HP hidup silahkan login ulang namun pastikan tidak masuk ke playstore dulu setidaknya 5 menit. Setelah lebih dari 5 menit coba download lagi di playstore.

Google Play – Error 504
Solusi : Masuk ke menu Settings > Apps > All > Google Play Store dan Google Services Framework kemudian lakukan Clear cache dan Clear data pada kedua aplikasi ini.
Google Play – Error 505
Solusi : Error ini disebabkan ada dua atau lebih aplikasi yang mengalami “permissions” yang sama. Solusinya hanya bisa melalui root. Install aplikasi Lucky Patcher kemudian lakukan backup pada aplikasi yang terkena error. Setelah backup selesai, hapus aplikasi tersebut kemudian lanjutkan dengan melakukan restore aplikasi yang sudah di hapus tadi. Biasanya nanti ketika proses restore akan ada peringatan dari Lucky Patcher bahwa ada duplikasi permission dengan aplikasi lain (nanti aplikasinya akan disebutkan). Setelah ketahuan silakan hapus saja aplikasi yang memiliki duplikasi permission tadi.
Google Play – Error 905
Solusi : Lakukan Uninstall updates pada aplikasi Google Play Store. Masuk menu settings -> Applications -> All -> Google Play Store dan pencet Uninstall updates. 
 
Google Play – Error 906
Solusi : Lepas SD Card, lakukan clear cache dan data pada aplikasi Play Store kemudian reboot HP dan masukkan lagi SD Card.
Google Play – Error 907
Solusi : Sama seperti Error 906
Google Play – Error 911
Solusi : Clear data dan cache pada aplikasi Google Services. Jika masih error coba lakukan switch network dari wifi ke mobile data dan sebaliknya.
Google Play – Error 919
Solusi : Kepenuhan storage  silahkan melakukan bersih-bersih internal storage atau lakukan hapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak terpakai.
Google Play – Error 920
Solusi : Jika terkoneksi dengan wifi, coba matikan wifi dan kemudian hidupkan lagi. Cara lain adalah hapus akun Google kemudian restart HP dan silahkan login ulang akun Google. Cara lain adalah masuk ke menu Settings > Apps > All > Google Play Store dan bersihkan saja data dan cache aplikasi tersebut dan silahkan restart HP.
Google Play – Error 921
Solusi : Bersihkan cache dan data aplikasi Google Play Store. Jika masih error lakukan hapus akun Google -> restart -> login ulang akun Google.
Google Play Error – 923
Solusi : Hapus akun Google dan lanjutkan dengan hapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan untuk menambah storage dan setelah itu reboot HP dan login ulang. Jika HP sudah root dan terpasang custom recovery lanjutkan dengan Wipe cache partition. 
 
Google Play – Error 924
Solusi : masuk ke menu Setting ->  All -> Google Play Store -> Uninstall updates -> reboot HP dan silahkan coba untuk download lagi.
Google Play – Error 927
Solusi : Biasanya terjadi ketika Google Play Store melakukan update sistem. Jadi silahkan dicoba beberapa saat setelah terkena error itu. Jika masih error lakukan clear data dan cache pada aplikasi Google Services dan Google Play Store. 
 
Google Play – Error 940
Solusi : Lakukan clear cache dan data pada aplikasi-aplikasi ini = Google Play Store, Downloads / Download manager, Google Services Framework, Google Apps, Google Hangouts, Checking Service dan Chrome.
Google Play – Error 941
Solusi : Clear data dan cache pada aplikasi Play Store dan Download Manager.
Google Play Error – 944
Solusi : Silahkan menunggu beberapa saat setelah itu silahkan coba download lagi. Ini terjadi karena server error pada Google Play Store.
Google Play – Error 961
Solusi : Biasa terjadi setelah melakukan pembelian aplikasi di Playstore. Lakukan refund pembelian ketika error ini terjadi. Setelah refund berhasil tunggu beberapa saat dan lakukan pembelian aplikasi lagi. Setelah itu Clear cache dan data pada aplikasi Google Play.
 
Google Play – Error 963
Solusi : Lakukan clear data dan cache pada aplikasi Google Play Store dan Downloads / Download Manager. Jika masih error coba lepas SD Card / MicroSD kemudian lakukan lagi clear data dan cache kemudian restart HP.
Google Play – Error 975
Solusi : Error ini sementara ini belum ada solusi  namun untungnya error ini sangat jarang terjadi. Namun jika terkena error ini sementara ini solusinya ada menghubungi Google support.
 
Itulah daftar Error Code di Google Play Dan Cara Mengatasinya. Apakah ada yang belum saya tulis disini ? Apakah ada solusi yang tidak berjalan dengan baik disini ? Saya tunggu komentar dan feedback dari kamu dengan menulis di kolom komentar 
Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *