Pemeran Joker dari masa ke masa

Masih dalam euforia Batman v Superman: Dawn of Justice (2016) kali ini saya ingin membahas salah satu villain favorit saya yaitu The Joker. Joker atau The Joker seperti yang kita tahu adalah salah satu musuh Batman. Karakter ini diciptakan oleh Bill Finger, Bob Kane, dan Jerry Robinson. Kemunculan perdana di komik pada tanggal 25 April 1940 yang diterbitkan oleh DC Comics.
Ciri khas Joker adalah selalu memakai makeup bedak/lotion putih, lipstik merah untuk menutupi jahitan di sepanjang sisi samping mulut dan rambut warna hijau. Dari masa ke masa sudah ada beberapa pemeran joker untuk versi live-action (Seri TV maupun versi bioskop). Berikut ini adalah pemeran Joker:

Cesar Romero

Pemeran Joker
Pemeran Joker
“The Joker oleh Cesar Romero”
Muncul pertama kali di serial TV Batman pada tahun 1966. Aktor yang lahir pada 15 Februari 1907 dan meninggal pada 1 Januari 1994 ini sudah tampil di banyak film pada masanya. Romero menjadi pemeran Joker pada kurun waktu 1966 hingga 1968 dan bermain sebanyak 22 episode.
Jack Nicholson
 

Pemeran Joker
Pemeran Joker
“The Joker oleh Jack Nicholson”
Muncul di versi bioskop Batman pada tahun 1989. Bermain bersama Michael Keaton sebagai Batman karakter Joker/Jack Napier yang di perankan Jack Nicholson bisa dikatakan bagus. Perannya bisa dikatakan brengsek dan menjengkelkan. Tingkah polahnya sangat mencerminkan Joker yang konyol, humoris, brengsek, menjengkelkan, mematikan dan sadis. Di film Batman ini Joker diceritakan “diciptakan” tanpa sengaja oleh Batman.
Heath Ledger 

Pemeran Joker
Pemeran Joker
“The Joker oleh Heath Ledger”
Sampai saat ini versi The Joker yang paling “Epic” menurut saya adalah yang di perankan oleh Heath Ledger yang muncul di The Dark Knight tahun 2008. Jargonnya sangat populer hingga sekarang yaitu “Why So Serious”. Di versi ini Joker digambarkan tidak terlalu konyol seperti versi Jack Nicholson. Memang ada sedikit konyol namun tidak banyak. Disini digambarkan Joker adalah villain yang sangat matang dalam merencanakan kekacauan di Gotham. Sosoknya cerdas, brengsek, menjengkelkan dan penuh kharisma. Gaya bicaranya sangat khas.

Pemeran Joker
Pemeran Joker
“The Joker oleh Heath Ledger”
Jared Leto

Pemeran Joker
Pemeran Joker
“The Joker oleh Jared Leto”
Muncul tahun 2016 di Film Suicide Squad (2016). Diperankan oleh peraih oscar Jared Leto. Karakter digambarkan memiliki tampilan yang lebih sadis dan mengerikan (tentu saja karena film belum release jadi belum tahu seperti apa karakternya).

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *