Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia

Indonesia adalah salah satu destinasi wisata yang sangat populer bagi wisatawan mancanegara. Banyak tempat wisata Indonesia yang mendunia memiliki nuansa indah dan eksotis. Wisatawan mancanegara diketahui sangat menyukai wisata bernuansa alami seperti pantai, menjelajahi candi kuno, mendaki gunung berapi, menyelam di perairan yang eksotis dan petualangan alam lainnya. Berikut ini saya akan menyajikan informasi beberapa destinasi wisata Indonesia yang sangat populer di dunia.

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia

Pulau Gili

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Gili Meno Lombok

Pulau yang terpencil ini adalah tempat wisata di indonesia yang terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Pulau Gili terbagi menjadi tiga pulau yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Pasir putih yang bersih serta air laut yang biru dipadukan dengan berbagai fasilitas yang sangat menarik menjadikan Pulau Gili adalah destinasi wisata wajib bagi setiap turis yang berkunjung ke Indonesia. Waktu terbaik mengunjungi Pulau Gili adalah pada bulan Juni hingga September karena kondisi laut yang sempurna untuk menikmati keindahan air laut.

Pantai Kuta

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Pantai Kuta Bali

Pulau Bali tentu saja sudah sangat dikenal di seluruh dunia. Pulau Bali seperti menjadi salah satu destinasi wajib bagi para turis mancanegara ketika berkunjung ke Indonesia. Banyak pantai eksotis yang bisa dikunjungi di Pulau Bali. Selain pantai, berbagai destinasi wisata alam dan budaya banyak ditemukan di Pulau Bali seperti Pura dan berbagai upacara adat. Beberapa obyek wisata Pulau Bali yang paling terkenal adalah:

  • Pantai Kuta
  • Pantai Nusa Dua
  • Pantai Sanur
  • Ubud
  • Pura Tanah Lot
  • Jatiluwih
  • Pantai Seminyak

Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Salah satu destinasi wisata di Indonesia Timur yang paling populer. Kepulauan Raja Ampat terdiri dari beberapa pulau yaitu Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta. Daya tarik Kepulauan Raja Ampat adalah nuansa wisata alam yang sangat indah dan eksotis. Pulau-pulau yang memiliki pantai yang cantik, laguna nan eksotis dan wisata bawah laut seperti menikmati karang-karang yang sangat indah. Kepulauan Raja Ampat adalah salah satu kawasan yang terkenal akan keanekaragaman flora dan fauna laut.

Candi Borobudur

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Candi Borobudur Indonesia

Bangunan yang tersisa dari abad ke 8 ini adalah salah satu tempat wisata Indonesia yang mendunia. Candi Borobudur masuk dalam salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain megah dan indah, saat yang tepat mengunjungi Candi Borobudur adalah ketika matahari terbit. Sobat bisa menikmati indahnya matahari terbit di puncak Candi Borobudur.

Taman Nasional Komodo

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT). Taman Nasional Komodo terbagi menjadi tiga pulau yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca. Sesuai namanya, Pulau Komodo didirikan untuk melindungi dan melestarikan Komodo. Komodo menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain Komodo, daya tarik lain yang bisa ditemukan di Taman Nasional Komodo adalah menyelam dan menikmati keindahan terumbu karang.

Gunung Bromo

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Gunung Bromo

Memiliki pemandangan yang luar biasa, Gunung Bromo adalah salah satu tempat wisata Indonesia yang mendunia. Gunung Bromo menjadi daya tarik bagi pengunjung lokal maupun wisatawan mancanegara. Saat yang paling tepat menikmati pemandangan indah di Gunung Bromo adalah ketika matahari terbit. Gunung Bromo adalah gunung berapi yang masih aktif. Jadi ada kalanya cukup berbahaya ketika mengunjungi tempat ini. Tidak perlu heran ketika sobat mengunjungi Gunung Bromo dan melihat asap putih di kawasan ini.

Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Tana Toraja, Sulawesi Selatan (sumber gambar Jean Christophe Fauconnier)

Salah satu kekayaan budaya Indonesia yang sudah mendunia. Tana Toraja menawarkan kekayaan dan keragaman budaya lama Indonesia. Gaya arsitektur Tongkonan yang unik tersaji pada bentuk rumah adat di Tana Toraja. Salah satu suguhan upacara budaya yang menjadi daya tarik disini adalah pemakaman. Proses pemakaman di Tana Toraja adalah upacara adat yang melibatkan banyak makanan dan tarian tradisional. Dan orang yang sudah meninggal akan dimakamkan di kuburan yang dibangun di dalam gua-gua di sekitarnya.

Danau Toba

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Danau Toba (sumber gambar pyan ishak)

Danau Toba terletak di Sumatra Utara. Danau Toba adalah salah satu keajaiban alam di Indonesia. Danau ini berada di daerah vulkanik sehingga ia dinamakan sebagai Danau Vulkanik. Danau Toba adalah Danau Vulkanik terbesar di dunia. Berbagai aktifitas bisa dilakukan di Danau Toba seperti berenang, bermain ski air, bermain kano, memancing, atau tetap berjalan-jalan di area sekitar dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Gunung Rinjani

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Gunung Rinjani

Di Gunung Rinjani terdapat Taman Nasional Gunung Rinjani. Disini sobat bisa melihat pemandangan yang sangat indah dan berbagai flora serta fauna langka dan eksotis yang ada di Indonesia. Salah satu spot yang menarik wisatawan adalah keindahan Danau Segara Anak. Banyak pengunjung biasanya akan berkemah di sekitaran Danau Segara Anak dan kemudian dilanjutkan dengan mendaki Gunung Rinjani.

Kepulauan Banda

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Pulau Nailaka, Kepulauan Banda Naira (sumber gambar Dnl75)

Meskipun tidak sebesar dan seterkenal Pulau Bali atau Pulau Lombok, Pulau Banda adalah salah satu tempat wisata Indonesia yang mendunia. Hal ini tentu ada alasannya. Meski terpencil, Pulau Banda memiliki nuansa alam yang eksotis yang menjadi magnet bagi para wisatawan lokal terutama mancanegara. Salah satu daya tarik disini adalah wisata bawah laut dengan suguhan hewan-hewan laut yang eksotis seperti Hiu, Kura-kura Laut, Paus, Lobster, dan sejumlah besar makhluk laut lainnya.

Taman Nasional Tanjung Puting

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Taman Nasional Tanjung Puting (sumber gambar Daniel Heiss)

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di Kalimantan Tengah. Salah satu daya tarik disini adalah melihat berbagai satwa yang dilindungi seperti Orangutan, Owa, Kera, Macan Tutul, Beruang Madu, Ular Piton, Buaya dan lainnya.

Taman Nasional Bunaken

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Taman Nasional Bunaken (sumber gambar dr. ed)

Taman Nasional Bunaken menyajikan kekayaan alam bawah laut Indonesia. Taman Nasional Bunaken terletak di Sulawesi Utara. Salah satu magnet wisatawan di Taman Nasional Bunaken adalah keindahan terumbu karang dan hamparan rumput laut yang sangat eksotis. Taman Nasional Bunaken adalah salah satu kiblat untuk kegiatan menyelam dan snorkeling di Indonesia dan bahkan dunia.

Kepulauan Derawan

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Kepulauan Derawan (sumber gambar green.pit)

Kepulauan Derawan terletak di Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan adalah salah satu surga tropis Indonesia. Kepulauan Derawan terdiri dari beberapa kepulauan. Salah satu yang menyajikan destinasi eksotis adalah Pulau Maratua. Di Pulau Maratua terdapat beberapa gua laut yang luar biasa indah. Kemudian ada juga danau-danau serta beberapa resor mewah yang bisa sobat kunjungi. Bagi penggemar snorkeling, Pulau Sangalaki memiliki pemandangan bawah laut yang mengagumkan yang dipenuhi dengan karang, Ikan Pari Manta, Kura-kura Laut , dan banyak lainnya.

Dataran Dieng

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Dataran Dieng (sumber gambar Anjar Wisnubroto)

Berdiri 2000 meter diatas permukaan laut, Dataran Dieng adalah salah satu tujuan wisatawan baik lokal maupung asing. Pemandangan yang tersaji di Dataran Dieng sungguh memukau. Dataran tinggi ini memiliki beberapa danau warna-warni yaitu Danau Telaga Warna yang eksotis. Selain itu ada juga pemandian sumber air panas dan beberapa bangunan candi kuno. Setiap tahun disini diadakan festival tradisional dan pertunjukan Jazz Diatas Awan.

Bangka Belitung

Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia
Pulau Ketawai, Bangka Belitung (sumber gambar andree junaidi)

Pulau Bangka Belitung adalah salah satu tempat wisata Indonesia yang mendunia. Terletak di lepas pantai daratan Sumatra, Pulau Bangka Belitung terkenal karena pantainya yang indah dengan pasir putihnya yang indah, batu-batu granit yang ikonik, dan pohon-pohon palem yang menambah keindahan. Selain itu juga banyak warisan peninggalan sejarah yang bisa dikunjungi di Bangka Belitung. Banyak pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Bangka Belitung seperti Pulau Ketawai. Sobat bisa mengunjungi pulau-pulau tersebut dan menikmati keindahannya.

Bagikan di: