Mengatasi Halaman WP-Admin Lambat

Dalam jangka waktu tertentu, ada kalanya halaman wp-admin akan semakin terasa lambat dan berat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan halaman wp-admin lambat.

Selain faktor kualitas hosting, beberapa hal akan menyebabkan halaman wp-admin menjadi makin berat dan lambat yang salah satunya adalah table database yang perlu dioptimasi. Ketika halaman wp-admin lambat, tentu akan sangat mengganggu aktifitas blogging.

Beberapa langkah berikut bisa Anda coba untuk mengoptimalkan kembali halaman wp-admin agar menjadi ringan kembali seperti kondisi awal.

Halaman wp-admin Lambat?

1. Optimasi Database

Semakin hari ukuran database akan semakin “gemuk”. Banyak file yang seharusnya bisa dibersihkan dan tidak terpakai menumpuk begitu saja di database. File seperti revisi, komentar-komentar spam dan lain-lainnya akan menumpuk begitu saja. Salah satu langkah yang bisa kita lakukan untuk meringankan kembali halaman wp-admin lambat adalah membersihkan file-file sampah tersebut.

Untuk optimasi dan membersihkan database, ada baiknya menggunakan bantuan plugin (kecuali Anda mahir dan paham tentang database silahkan cara manual juga bisa). Beberapa plugin cache memiliki fitur optimasi database. Disarankan menggunakan WP-Rocket atau WP-Optimize.

2. Tingkatkan Batas Memory

Untuk menambah batas ambang penggunaan memory, Anda harus merubahnya di kontrol panel hosting yang Anda gunakan. Namun beberapa hosting mematikan fitur ini dengan alasan menjaga stabilitas terutama shared hosting.

Halaman WP-Admin Lambat
Tingkatkan memory_limit di cPanel

Bagi Anda pengguna cPanel. untuk menambah batas penggunaan memory bisa melalui menu MultiPHP INI Editor. Silahkan merubah memory_limit. Jika di cPanel Anda tidak ada menu ini, maka silahkan meminta pihak hosting untuk menaikkan limit tersebut.

3. Kurangi Plugin

Kurangi jumlah penggunaan plugin. Jangan menggunakan dua plugin yang memiliki fungsi sama. Contohnya plugin cache, gunakan satu plugin cache saja. Intinya gunakan plugin yang sekiranya memang benar-benar dibutuhkan.

4. Cek Error Log

Jika halaman wp-admin sudah sangat terasa lambat, coba cek file error log di folder public_html kontrol panel hosting Anda. Siapa tahu ada kode, plugin atau php yang mengalami masalah yang memicu wp-admin lambat.

5. Kontrol Heartbeat

Heartbeat terkadang membuat halaman wp-admin dan bagian depan website menjadi lebih lambat. Anda bisa mengontrol Heartbeat WordPress dengan menggunakan plugin seperti Heartbeat Control. Atau pengguna plugin WP-Rocket bisa menggunakan fitur ini secara langsung.

Halaman WP-Admin Lambat
Kontrol Heartbeat WordPress di wp-rocket

6. Cek Sumber Daya Hosting

Langkah terakhir adalah cek sumber daya (resources) hosting Anda apakah sudah mencapai ambang batas penggunaannya. Terutama pada penggunaan berikut ini: CPU Usage, Entry Processes, Physical Memory Usage, I/O Usage, dan Number Of Processes. Jika penggunaan sudah sering kena limit atau pembatasan, sudah saatnya Anda upgrade hosting.

Baca juga: Cloudflare Full Cache: Website Makin Ngebut

Danusyakti.com

Sejauh yang pernah saya alami selama ini, beberapa cara diatas ampuh untuk mengatasi masalah halaman wp-admin lambat. Mungkin Anda punya cara lain yang belum disebutkan disini? Silahkan berkomentar.

Bagikan di: