13 Destinasi Wisata Purwokerto Paling Hits & Populer

Posted on

Mungkin sobat sudah mengenal Purwokerto sebagai kota keripik. Purwokerto sebagai salah satu pilihan destinasi wisata Jawa Tengah memiliki salah satu ikon wisata yang sudah sangat dikenal secara nasional yaitu Baturaden. Banyak pilihan destinasi wisata Purwokerto selain Baturaden yang bisa sobat kunjungi ketika berada disini. Karena banyaknya kawasan wisata yang ada disini, Purwokerto juga memiliki sebutan sebagai kota wisata.

Di artikel ini saya akan mengulas 12 destinasi wisata Purwokerto yang sedang hits dan menjadi favorit untuk tahun ini. Siapa tahu saat ini sobat sedang merencanakan untuk menaklukkan berbagai obyek wisata di Purwokerto dan bisa mendapatkan rujukan dari artikel ini.

Destinasi Wisata Purwokerto

Baturaden Purwokerto

Destinasi Wisata Purwokerto
Baturaden Purwokerto (Yuli Trisetiyono)

Kawasan wisata Baturaden adalah ikon wisata di Purwokerto dan sudah sangat dikenal secara nasional. Kawasan wisata Baturaden Purwokerto ini seolah seperti daerah wisata yang terpadu karena memiliki beberapa kawasan wisata yang bisa sobat kunjungi. Beberapa obyek wisata yang bisa ditemukan di Baturaden adalah:

  • Telaga Sunyi.
  • Pancuran Pitu.
  • Pancuran Telu.
  • Teater Alam Baturaden.
  • Small World.
  • Desa Wisata Ketenger.
  • Kebun Raya Baturaden.
  • Baturaden Adventure Forest.
  • Curug Telu.
  • Sendang Bidadari.
  • Curug Bayan.
  • Curug Gede.
  • Goa Sarabadak.
  • Curug Jenggala.
  • Bukit Bintang Baturaden.

Tips berkunjung ke kawasan wisata Baturaden Purwokerto:

  • Cuaca disini bisa sangat dingin terutama malam hari, persiapkan baju hangat atau jaket.
  • Tiket masuk ke beberapa kawasan wisata sangat terjangkau mulai dari Rp. 5000 hingga Rp. 20.000.
  • Siapkan baju ganti.

Peta lokasi Baturaden Purwokerto

Taman Miniatur Dunia (Small World)

Destinasi Wisata Purwokerto
Small World Purwokerto (sumber smallworld.tmd)

Ingin melihat miniatur dunia? Nah sobat harus mengunjungi Small World Purwokerto. Sesuai dengan namanya, ini adalah sebuah tempat rekreasi yang menampilkan berbagai arsitektur yang menjadi ikon sebuah negara namun dalam bentuk mini. Contohnya seperti Tugu Monas, Colosseum, Angkorwatt, Menara Eiffel dan sebagainya.

Small World Purwokerto adalah tempat rekreasi yang cocok untuk sobat dan keluarga. Disini juga ada taman bermain sehingga si kecil tidak akan merasa bosan melihat miniatur bangunan saja. Tempat ini juga sangat cocok nih buat sobat yang suka foto-foto. Banyak spot foto yang menarik dan tentunya Instagramable lho.

Tips berkunjung ke Small World Purwokerto:

  • Tiket masuk Small World Purwokerto: Rp. 20.000/orang dan Rp. 10.000/anak (maksimal 12 tahun). Sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur nasional Rp. 25.000/orang dan Rp. 15.000/anak.
  • Jam operasional 07.00 – 17.00.
  • Banyak area outdoor jadi siapkan payung sebelum hujan.

Peta lokasi Small World Purwokerto

Gunung Slamet

Destinasi Wisata Purwokerto
Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah dan merupakan salah satu gunung favorit bagi pecinta Hiking. Meskipun tidak semua orang menyukai Hiking, Gunung Slamet menjadi salah satu destinasi wisata Purwokerto dan menjadi andalannya. Dan Gunung Slamet ini adalah termasuk gunung aktif ya sobat. Saat terbaik untuk menikmati puncak Gunung Slamet adalah ketika matahari terbit.

*Catatan: Karena kami bukan ahli pendakian gunung jadi kami tidak akan memberikan tips terbaik untuk mendaki gunung. Sebagai referensi, sobat bisa membaca di web walterpinem.me untuk mendapatkan tips dan referensi memanjang ke Gunung Slamet.

Peta lokasi Gunung Slamet

Taman Balai Kemambang

Destinasi Wisata Purwokerto
Taman Balai Kemambang Purwokerto (sumber instapurwokerto)

Jika sobat mencari tempat untuk mengajak keluarga bermain dan bersantai di Purwokerto, Taman Balai Kemambang merupakan salah satu pilihannya. Taman Balai Kemambang sudah dikenal oleh masyarakat Purwokerto sebagai tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Disini ada wahana permainan untuk anak-anak dan sobat bisa bersantai menikmati pagi dan sore di Purwokerto. Untuk masuk ke Taman Balai Kemambang juga sangat murah yaitu Rp. 2500/orang dewasa dan Rp. 1500/anak. Saat terbaik berkunjung ke Taman Balai Kemambang adalah pagi dan sore hingga malam.

Peta lokasi menuju Taman Balai Kemambang

The Village

Destinasi Wisata Purwokerto
The Village Purwokerto (sumber rinns807)

The Village Purwokerto adalah salah satu destinasi wisata yang berkonsep rekreasi keluarga. Obyek wisata ini adalah salah satu favorit bagi masyarakat Purwokerto. Yang terlihat mencolok adalah gaya arsitektur bangunannya seolah-olah seperti berada di luar negeri.

Di The Village ini disajikan beberapa wahana permainan anak-anak serta taman bermain dan tentu saja banyak spot foto yang sangat Instagramable lho. Tempat ini memang sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman kita.

Beberapa hiburan yang bisa kita nikmati disini seperti berkeliling menaiki perahu motor, naik kuda, memberi makan hewan (kuda, kelinci dan burung, sapi dan domba). Dan tidak perlu khawatir lapar dan haus ya sobat karena disini kafe dan restauran. Dan untuk anak-anak dijamin tidak akan bosan disini karena sudah ada Playground untuk anak-anak.

Tips berkunjung ke The Village Purwokerto:

  • Buka setiap hari kecuali Selasa libur.
  • Tiket masuk Rp. 18.000/orang sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur nasional Rp. 10.000/orang.
  • Jam operasional 10.00 – 21.00.
  • Usahakan bawa baju ganti untuk anak-anak.

Peta lokasi The Village Purwokerto

The Forest Island Purwokerto

Destinasi Wisata Purwokerto
The Forest Island Purwokerto (sumber theforestislandpurwokerto)

Destinasi wisata Purwokerto yang juga sangat populer dan menjadi favorit yaitu The Forest Island. The Forest Island adalah sebuah tempat rekreasi keluarga. Memiliki konsep hampir sama dengan The Village hanya saja bedanya disini belum ada wahana bermain. Namun The Forest Island memiliki penataan yang sangat bagus dan banyak tempat disini yang memiliki area untuk foto-foto yang cantik.

Taman bunga yang tertata cantik pasti akan menggoda sobat untuk mengambil foto dan kemudian diunggah ke media sosial. Dan ada juga kolam renang dewasa dan anak-anak serta kolam renang berkonsep syariah yang memiliki area tertutup. Fasilitas yang tersedia juga sudah memenuhi standar seperti Mushola, restoran dan toilet/kamar mandi.

Tips berkunjung ke The Forest Island Purwokerto:

  • Buka setiap hari kecuali Jumat tutup.
  • Buka jam 09.00 sampai 16.00 sedangkan untuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional sampai jam 17.00.
  • Tiket masuk Rp. 10.000/orang dan untuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional Rp. 15.000/orang.
  • Pastikan membawa baju ganti terutama untuk anak-anak.

Peta lokasi The Forest Island Purwokerto

Curug Cipendok

Destinasi Wisata Purwokerto
Curug Cipendok (sumber Mbah Soleh)

Curug Cipendok atau air terjun Cipendok adalah salah satu destinasi wisata Purwokerto yang menjadi favorit masyarakat Purwokerto dan sekitarnya. Pemandangan alam di sekitar Curug Cipendok juga sangat asri dengan banyaknya monyet bergelantungan di pohon-pohon. Dan yang paling asik adalah tempat ini sangat dingin dan sejuk.

Jika sobat mencari tempat rekreasi alam yang dingin, sejuk dan berudara segar serta ingin menikmati guyuran air yang sangat dingin Curug Cipendok adalah destinasi yang tepat. Jangan khawatir kelaparan karena sudah banyak warung-warung di daerah ini. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Curug Cipendok adalah outbond, taman bermain anak-anak serta ada beberapa pondok-pondok penginapan.

Tips berkunjung ke Curug Cipendok:

  • Bawa baju ganti jika berencana ingin menikmati dinginnya air.
  • Sediakan payung dan mantel hujan.
  • Jika musim hujan, arus air terjun akan sangat deras jadi hati-hati.
  • Tiket masuk Rp. 9000/orang.

Peta lokasi Curug Cipendok

Kebun Raya Baturraden

Destinasi Wisata Purwokerto
Kebun Raya Baturraden (sumber @fadillakhnisaa_)

Kebun Raya Baturraden adalah salah satu tujuan wisata favorit bagi masyarakat Purwokerto. Ketika akhir pekan atau hari libur pengunjungnya padat. Kebun Raya Baturraden adalah tempat wisata edukasi karena lebih berfokus untuk menyajikan pendidikan lingkungan. Dan karena itu adalah kebun raya, maka sobat akan banyak menjumpai berbagai jenis tanaman.

Kebun Raya Baturraden banyak digunakan untuk kegiatan outbond dan wisata untuk keluarga. Disini sobat juga bisa sekalian mengunjungi obyek wisata Pancuran Pitu. Tiket masuk adalah Rp. 10.000/orang dan ada tiket terusan Rp. 20.000/orang untuk masuk ke Pancuran Pitu.

Peta lokasi Kebun Raya Baturraden

Baturraden Adventure Forest

Destinasi Wisata Purwokerto
Baturraden Adventure Forest (sumber olipe_oile)

Pilihan destinasi wisata Purwokerto berikutnya adalah Baturraden Adventure Forest. Ingin menikmati konsep wisata petualangan alam yang memiliki berbagai kegiatan seru? Baturraden Adventure Forest menawarkan pesona wisata alam dengan berbagai pilihan kegiatan yang asik. Jika sobat ingin menikmati kegiatan alam, Baturraden Adventure Forest adalah salah satu pilihan ketika berada di Purwokerto.

Banyak kegiatan seru seperti: outbond, berkemah, river adventure (penelusuran sungai), forest trekking, panjat tebing, water slide (penyusuran ngarai), paintball dan banyak lainnya. Baturraden Adventure Forest adalah salah satu destinasi wisata Purwokerto yang sangat populer bahkan di kalangan para wisatawan asing.

Tips mengunjungi Baturraden Adventure Forest:

  • Pastikan kondisi tubuh fit agar bisa merasakan semua kegiatan alam disini.
  • Bawa pakaian ganti yang cukup.
  • Siapkan cukup dana untuk menikmati paket-paket kegiatan outdoor yang ditawarkan.

Peta lokasi Baturraden Adventure Forest

Curug Jenggala

Destinasi Wisata Purwokerto
Curug Jenggala (sumber @hens4m)

Pilihan destinasi wisata Purwokerto yang berikutnya adalah Curug Jenggala. Curug Jenggala berada di salah satu kawasan wisata yang populer di Purwokerto yaitu Desa Wisata Ketenger. Daerah ini dinamakan desa wisata karena banyak obyek wisata yang berada di Desa Ketenger. Dan salah satu destinasi wisata Purwokerto yang paling hits dan populer disini adalah Curug Jenggala.

Menyajikan pemandangan alam dan air terjun serta semakin asik dengan adanya selfie deck yaitu papan kayu yang dibentuk menyerupai hati/love. Selfie deck ini selalu menjadi spot yang Instagramable dan menjadi favorit pengunjung terutama muda-mudi.

Ketika akhir pekan dan liburan, Curug Jenggala selalu padat pengunjung. Selain berfoto-foto, sobat juga bisa menikmati dinginnya air yang mengalir dari curug atau air terjun. Tiket masuk kesini adalah sebesar Rp. 5000/orang.

Peta lokasi Curug Jenggala

Desa Wisata Ketenger

Destinasi Wisata Purwokerto
Desa Wisata Ketenger (sumber @zenalabi)

Desa Wisata Ketenger adalah salah satu tujuan wisata yang harus sobat kunjungi ketika berada di Purwokerto. Bagaimana tidak, sesuai dengan namanya desa ini adalah desa yang memiliki beberapa obyek wisata yang bisa sobat kunjungi. Dan yang tersaji disini kebanyakan adalah wisata alam seperti air terjun. Beberapa air terjun yang ada di Desa Wisata Ketenger adalah Curug Jenggala, Curug Gede, Curug Kembar, Curug Celiling, Curug Bayan, Curug Guman dan Curug Petir.

Untuk menambah nilai plus, Desa Wisata Ketenger juga memiliki berbagai atraksi kesenian budaya dan  tradisional khas Desa Ketenger seperti Ebeg (kuda lumping), Begalan, permainan alat musik Siteran, Rengkong, Wayang Kulit khas Banyumas dan sebagainya. Berbagai kerajinan tangan buatan warga setempat juga dijual disini bisa sobat beli sebagai cinderamata.

Dan tentu saja yang tidak boleh ketinggalan adalah menikmati kuliner Desa Ketenger. Beberapa masakan tradisional seperti pecel, wedang badeg, wedang jahe, mendoan dan sebagainya bisa sobat nikmati disini.

Tips berkunjung ke Desa Wisata Ketenger:

  • Pastikan membawa baju ganti.
  • Bawa perlengkapan untuk mengantisipasi hujan turun.
  • Sobat juga bisa berkemah di sekitar lokasi Curug Bayan. Jadi siapkan berbagai perlengkapan untuk berkemah.
  • Disini juga ada berbagai vila yang disewakan.

Peta lokasi Desa Wisata Ketenger

Curug Bayan

Destinasi Wisata Purwokerto
Curug Bayan (symber Erwin Hanafi)

Masih berada di daerah Desa Wisata Ketenger, Curug Bayan adalah salah satu destinasi wisata Purwokerto paling favorit. Selain menikmati dinginnya air terjun, sobat juga bisa merencanakan kegiatan outbond di sekitar Curug Bayan. Selain itu sobat juga bisa berkemah atau bermalam di vila-vila yang disewakan di sekitaran Curug Bayan.

Dan yang menarik di Curug Bayan adalah untuk menikmati mandi air disini sudah dipetak-petak disesuaikan dengan kedalaman yang berbeda-beda. Jadi sobat tidak perlu khawatir jika membawa anak-anak karena kolam dangkal juga sudah dipisah. Tiket masuk kesini juga sangat murah. Sobat cukup mengeluarkan biaya Rp. 5000/orang untuk membeli tiket masuk.

Peta lokasi Curug Bayan

Hutan Pinus Limpakuwus

Destinasi Wisata Purwokerto
Hutan Pinus Limpakuwus (sumber _sulistiaaaaa)

Hutan Pinus Limpakuwus terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah yang berjarak 15 kilometer dari Purwokerto. Linkungannya yang sejuk, asri dan tenang menjadikan tempat ini salah satu destinasi wisata Purwokerto yang favorit.

Masih berada di lereng Gunung Slamet, banyak spot foto-foto yang sangat memenuhi syarat untuk diunggah ke media sosial. Pengunjung Hutan Pinus Limpakuwus mayoritas adalah kaum muda dan tidak ketinggalan keluarga yang ingin menikmati dingin dan sejuknya hutan ini.

Untuk fasilitas juga sudah sangat lengkap. Banyak kegiatan menarik yang bisa sobat lakukan ketika berada di Hutan Pinus Limpakuwus seperti naik ATV dan hammock.

Tips dan informasi berkunjung ke Hutan Pinus Limpakuwus:

  • Tiket masuk saat ini adalah Rp. 10.000/orang.
  • Untuk naik ATV dan bersantai di hammock masih dikenakan tarif sewa. Untuk ATV tarif sewa saat ini adalah Rp. 20.000/orang untuk 4 kali putaran. Sedangkan untuk bersantai di hammock dikenakan sewa Rp. 5000/orang.

Peta lokasi menuju Hutan Pinus Limpakuwus