20 Destinasi Wisata Bandung Paling Hits & Populer

Posted on

Kuliner, belanja, pemandangan indah dan berbagai obyek wisata lainnya serta dikenal memiliki cuaca yang sejuk menjadikan Bandung sebagai salah satu destinasi wisata favorit. Banyaknya pilihan destinasi wisata Bandung dipastikan tidak akan membuat bosan ketika kita berada di kota ini. Suasana kota yang mirip Eropa dan banyaknya peninggalan sejarah di kota ini membuat Bandung memiliki julukan Paris van Java.

Bandung menjadi salah satu tempat liburan yang sangat populer bagi warga kota besar yang berada di sekitaran Bandung seperti contohnya Jakarta. Banyak warga yang menghabiskan liburan akhir pekan mereka dengan menikmati suasana Bandung. Dihitung ada jutaan wisatawan yang ke Bandung setiap tahunnya, apakah sobat tertarik untuk menjadi salah satu diantara jutaan wisatawan tersebut?

Saya akan merangkum 20 destinasi wisata Bandung yang paling hits dan populer. Jika sobat membutuhkan referensi tempat wisata di Bandung Jawa Barat yang ngetop silahkan membaca ulasan berikut ini.

Destinasi Wisata Bandung

1 . Trans Studio Bandung

Salah satu destinasi wisata Bandung paling favorit dan wisata Jawa Barat yang populer. Trans Studio Bandung adalah taman hiburan dalam ruangan yang memiliki banyak sekali pilihan bagi keluarga. Roller Coaster dan berbagai wahana lainnya siap memanjakan para pengunjungnya. Memiliki area yang sangat luas, tidak cukup hanya 3-4 jam berada di Trans Studio Bandung. Ada baiknya sobat menyediakan waktu khusus ketika mengunjungi Trans Studio Bandung.

Tips Trans Studio Bandung:

  1. Datang pagi sebelum ketika loket akan dibuka. Jam loket Trans Studio Bandung dibuka mulai jam 10.00 dan tutup sampai jam 18.00 (Senin – Kamis) dan 10.00 sampai 19.00 (Sabtu – Minggu dan libur Nasional).
  2. Ada peraturan tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar, sediakan uang yang cukup untuk membeli makanan dan minuman di dalam Trans Studio Bandung.
  3. Datang ketika weekend akan sangat direkomendasikan. Pertunjukan atau show tertentu lebih banyak disuguhkan ketika weekend. Namun dipastikan pengunjung akan sangat padat ketika weekend.
  4. Jangan lupa bawa baju ganti terutama untuk anak-anak. Banyak wahana yang melibatkan air. Anak-anak pasti tergoda untuk bermain air.
  5. Manfaatkan waktu dengan baik ketika berada di Trans Studio Bandung. Rugi jika sobat membayar mahal untuk masuk ke Trans Studio Bandung namun hanya berkunjung selama 3-4 jam saja. Nikmati semua wahana dan fasilitas dari buka hingga malam hari.

Harga tiket Trans Studio Bandung:

  • Rp. 180.000 (Senin sampai Kamis).
  • Rp. 200.000 (Jumat).
  • Rp. 280.000 (Sabtu, Minggu dan libur nasional).

Peta Lokasi Trans Studio Bandung

2. Lereng Anteng Lembang

Destinasi Wisata Bandung
Lereng Anteng Lembang (sumber gambar Joseph Tarigan)

Ingin bersantai dan menikmati suasana alam disertai dengan cuaca sejuk? Lembang adalah tujuan yang harus sobat kunjungi ketika berada di Bandung. Bersantai menikmati suasana alam, menikmati sejuknya udara dan menikmati kuliner di beberapa kafe yang tersebar di Lembang adalah salah satu kenikmatan tersendiri. Salah satu titik paling populer disini adalah Lereng Anteng.

Dan tempat paling populer disini adalah Lereng Anteng Panoramic Coffee. Lereng Anteng Panoramic Coffee adalah kafe yang Instagrammable. Cocok nih buat sobat-sobat yang gemar berfoto-foto. Disini sobat bisa duduk-duduk bersantai di tenda-tenda yang sudah disediakan sambil menikmati kopi dan makanan atau cemilan.

Tips berkunjung ke Lereng Anteng Lembang:

  1. Berkunjung ke Lereng Anteng tidak dikenakan biaya tiket masuk.
  2. Untuk menuju Lereng Anteng dibutuhkan perjalanan yang jauh dari pusat kota Bandung. Disarankan untuk naik kendaraan sendiri atau menyewa mobil.
  3. Lereng Anteng adalah wisata outdoor, jadi persiapkan perlengkapan andai kata hujan turun. Payung, mantel hujan dan sebagainya adalah perlengkapan yang harus sobat persiapkan.
  4. Terkadang cuaca bisa sangat dingin, jangan lupa membawa jaket atau pakaian untuk menghangatkan tubuh.

Peta lokasi Lereng Anteng Lembang

3. The Lodge Maribaya

Destinasi Wisata Bandung
The Lodge Maribaya (sumber gambar aenghoe)

Lagi-lagi destinasi wisata Bandung yang bernuansa alam. Ya, inilah The Lodge Maribaya yang berada di Desa Cibodas Maribaya, tidak jauh dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Banyak kegiatan dan aktifitas outdoor yang bisa sobat lakukan disini. Aktifitas yang bisa dilakukan disini seperti trekking, flying fox, rumah pohon, bersepeda gantung dan berkemah. Selain itu tersedia juga berbagai pilihan kuliner serta penginapan berkonsep unik. Dan yang pasti banyak spot untuk foto-foto lho disini.

Beberapa wahana yang bisa dinikmati di The Lodge Maribaya:

  • Zip Bike
  • Sky Tree
  • Gantole
  • Hot Air Balloon Hydraulic
  • Sky Plane
  • Mountain Swing (Sky Wing)

Tips berkunjung ke The Lodge Maribaya:

  1. Ketika liburan dan weekend, tempat ini akan sangat padat. Persiapkan diri sobat untuk antre masuk ke lokasi.
  2. Setiap masuk ke wahana tertentu, sobat harus selalu membeli tiket dan antre lagi.
  3. Ingin hasil foto yang pro? Disini juga terdapat fotografer khusus yang menyediakan jasa untuk foto. Tentu dengan biaya khusus berkisar antara 15.000-50.000.
  4. Karena berkonsep outdoor, siapkan perlengkapan untuk mengantisipasi hujan turun.
  5. Kontur disini banyak terdapat jalan naik dan turun, pastikan kondisi tubuh fit ketika berkunjung kesini.
  6. Bawa pakaian ganti.
  7. Datang pagi untuk segera antri ke loket masuk.
  8. Kelihatannya sepele, jika sobat nantinya menggunakan jasa fotografer, siapkan aplikasi ShareIt di smartphone sobat untuk nantinya pihak fotografer transfer file foto.
  9. Jika sobat membawa bayi dengan stroller, sebaiknya stroller ditinggal di mobil atau di penitipan. Jalan tangga naik turun dan beberapa diantaranya curam tidak akan bisa dilewati stroller. Lebih baik membawa gendongan.

Peta lokasi The Lodge Maribaya

4. Tebing Keraton

Destinasi Wisata Bandung
Tebing Keraton (sumber gambar Ricky Martin)

Tebing keraton terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung. Berada di ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut, Tebing Keraton memiliki konsep yang sama dengan Lereng Anteng yaitu sebuah spot untuk menikmati pemandangan alam yang indah. Namun bedanya pemandangan yang bisa dinikmati disini adalah pemandangan Hutan Maribaya yang luas. Tempat ini paling ramai ketika matahari terbit karena pemandangannya semakin indah disertai matahari yang terbit.

Tips mengunjungi Tebing Keraton:

  1. Mobil tidak bisa parkir di dekat area Tebing Keraton. Jika sobat naik mobil kesini, parkir akan jauh dari lokasi dan kemudian sobat harus berjalan lebih dari 100 meter dari lokasi. Bahkan jika padat, posisi parkir bisa lebih dari 500 meter hingga 2 KM.
  2. Banyak tukang ojek di sekitar lokasi, jika tidak mau berjalan jauh sobat bisa naik ojek. Namun harus diketahui bahwa tukang ojek disini memasang tarif tinggi. Untuk dua kali jalan (PP), mereka memasang tarif 50.000 dan untuk sekali jalan 30.000.
  3. Parkir motor lebih bersahabat karena lokasi parkir motor disediakan di sekitar lokasi.
  4. Disarankan sudah berada di lokasi mulai jam 04.00 pagi jika ingin menikmati matahari terbit.
  5. Harga tiket masuk ke Tebing Keraton terakhir adalah Rp. 12.000 / orang.
  6. Jangan lupa mampir Warung Bandrek Bu Ipah.

Peta lokasi Tebing Keraton

5. Kawah Putih

Destinasi Wisata Bandung
Kawah Putih Bandung (sumber gambar yap0)

Kawah Putih terletak di Bandung Selatan tepatnya di Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kawah ini berada di lereng Gunung Patuha. Menurut kepercayaan warga sekitar, kawasan Kawah Putih adalah tempat yang penuh mistis. Namun sobat tidak perlu khawatir tidak pernah ada hal-hal aneh yang terjadi disini. Pemandangan yang tersaji di Kawah Putih sangat luar biasa dan hawanya dingin. Kawah Putih adalah sebuah danau vulkanik yang awalnya terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Namun pada tahun 2019 tepatnya pada bulan Oktober kawasan hutan di sekitar Kawah Putih mengalami kebakaran yang sangat hebat. Dan akibat kebakaran ini kawasan wisata Kawah Putih sempat ditutup untuk pengunjung. Namun tenang saja sobat, pada tahun 2020 ini kawasan Kawah Putih sudah dibuka kembali untuk para pengunjung.

Tips berkunjung ke Kawah Putih:

  1. Hawa disini sangat dingin, persiapkan baju hangat atau jaket biar tidak menggigil kedinginan.
  2. Bau belerang menyengat oleh karena itu disarankan membawa dan memakai masker.
  3. Tidak ada tempat berteduh seandainya hujan atau panas, pakai topi dan bawa payung atau mantel hujan untuk mengantisipasi hal tersebut.
  4. Kawasan sangat padat ketika liburan. Disarankan datang pagi-pagi untuk menikmati suasananya.
  5. Disarankan datang ke Kawah Putih ketika musim panas. Karena jika hujan, kepulan asap belerang dan cuaca dingin akan sangat mengganggu.

Peta lokasi Kawah Putih

6. Dusun Bambu

Destinasi Wisata Bandung
Dusun Bambu Lembang (sumber gambar Leonardo)

Dusun Bambu terletak di Cisarua Bandung Barat. Dusun Bambu menyediakan banyak hiburan dan kegiatan seru yang bisa dilakukan seharian penuh. Sobat jangan hanya membayangkan akan selalu bertemu dengan bambu di tempat ini. Banyak kegiatas aktifitas alam yang bisa sobat lakukan bersama keluarga. Beberapa hal asik yang ada di Dusun Bambu Cisarua adalah:

  • Berkemah.
  • Bersepeda menikmati suasana alam Dusun Bambu.
  • Arena bermain anak-anak.
  • Pada saat tertentu ada kegiatan menanam padi.
  • Menikmati indahnya Taman Bunga Arimbi.
  • Menikmati kuliner dan bersantai di Cafe Burangrang.
  • Bersantai dan menikmati hidangan di Resto Pohon Lutung Kasarung.
  • Menikmati kuliner sambil lesehan di Bamboo Gazebo Saung Purbasari.
  • Belanja sayuran segar dari hasil pertanian Lembang di Pasar Khatulistiwa.
  • Belajar membuat alat musik dari bambu.
  • Doyan foto-foto? Tenang sobat, disini juga ada spot Instagramable yang dinamakan Insta Forest.
  • Bermain Flying Hammock, menembak, berperahu dan lainnya.

Tips berkunjung ke Dusun Bambu Bandung:

  1. Dusun Bambu buka jam 08.00 – 21.00.
  2. Manfaatkan waktu dengan baik agar bisa menikmati seluruh aktitas disini. Datang sebelum buka akan sangat baik.
  3. Tarif parkir mobil 15.000.
  4. Harga tiket masuk sangat murah yaitu 25.000/orang. Anak-anak dibawah tinggi 80 cm gratis.
  5. Untuk masuk ke beberapa wahana masih dikenakan tiket masuk. Contoh seperti masuk wahana Rabbit Wonderland akan dikenakan biaya 35.000/orang.

Peta lokasi Dusun Bambu

7. Tebing Gunung Hawu

Destinasi Wisata Bandung
Tebing Gunung Hawu (sumber gambar Sari)

Sobat pecinta petualangan alam yang memacu Adrenalin? Jika sedang di Bandung pastikan mengunjungi Tebing Gunung Hawu. Lokasi Tebing Gunung Hawu berada di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat dan lebih tepatnya ada di belakang Tebing Citatah, Gunung Batu Kapur Singgalang. Salah satu hal asik yang bisa sobat lakukan disini adalah menikmati sensasi bergelantungan menggunakan Hammock. Selain itu jika sobat bisa datang ketika matahari terbit, pemandangan disertai matahari terbit terlihat sangat fantastis.

Tips berkunjung ke Tebing Gunung Hawu:

  1. Pakai sepatu yang nyaman atau alas kaki yang rapat.
  2. Karena medan menuju lokasi membutuhkan kondisi fisik yang prima, pastikan tubuh sobat fit.
  3. Waktu yang pas mengunjungi tempat ini adalah ketika musim panas. Ketika musim hujan cukup berbahaya karena tebing licin.

Peta lokasi Tebing Gunung Hawu

8. De’ Ranch Lembang

Destinasi Wisata Bandung
De’ Ranch Lembang (sumber gambar putra alam)

De’ Ranch Lembang menawarkan wisata outdoor bernuansa kehidupan koboi di barat. Disini juga disediakan kostum koboi berbagai ukuran agar pengunjung lebih terbawa dengan suasana sesungguhnya. Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan disini adalah seperti naik kuda, permainan anak-anak (Fun Boat, Kolam Pancing, Flying Fox, Balon Air, Trampolin, dan sebagainya) serta aktifitas lain seperti memberi makan kuda. De’ Ranch Lembang cocok dikunjungi oleh keluarga dan siapa saja yang menginginkan aktifitas outdoor yang berbeda.

Dan sobat tidak perlu khawatir jika berencana tidak membawa bekal makanan. Disini juga sudah tersedia beberapa pilihan kuliner untuk mengenyangkan perut. Banyak pilihan makanan khas Sunda tersedia di restoran setempat. Dan yang lebih asik, tiket masuknya murah banget hanya Rp. 5000/orang. Dan lebih asiknya lagi, tiket tersebut nantinya bisa ditukarkan dengan susu sapi murni siap minum.

Tips berkunjung ke De’ Ranch Lembang:

  1. Harga tiket masuk Rp. 5000/orang bisa ditukar susu sapi murni siap minum.
  2. Masuk ke masing-masing wahana permainan masih akan dikenakan tiket masuk lagi. Harga tiket masuk masing-masing wahana permainan mulai dari Rp. 15.000/orang.
  3. Jam buka untuk Selasa – Kamis adalah 09.00 – 17.00 dan untuk hari libur serta weekend mulai jam 08.00 – 18.00.
  4. Hari Senin tutup.
  5. Weekend dan hari libur tempat ini selalu padat pengunjung, rencanakan waktu kunjungan dengan baik.

Peta lokasi De’ Ranch Lembang

9. Sapulidi Sawah Cafe, Resort & Gallery

Destinasi Wisata Bandung
Sapulidi Sawah Cafe (sumber gambar sapulidisawah.com)

Sapulidi Sawah Cafe, Resort & Gallery terletak tidak terlalu jauh dengan Dusun Bambu. Sesuai dengan namanya Sapulidi Sawah Cafe, Resort & Gallery menawarkan wisata kuliner dengan suasana pedesaan. Dan juga terdapat galeri seni yang bisa sobat kunjungi. Bangunan disini dikondisikan menyerupai bangunan yang berada di pedesaan namun tampil lebih megah. Terdapat juga beberapa wahana yang bisa sobat nikmati seperti naik perahu. Sobat juga bisa menginap di Resort yang dibangun diatas danau-danau buatan dan bernuansa rumah Joglo.

Tips berkunjung ke Sapulidi Sawah Cafe, Resort & Gallery:

  1. Jika ingin menginap di resort, pastikan melakukan reservasi terlebih dahulu.
  2. Tidak ada tiket masuk, sobat hanya perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati kulinernya.
  3. Akhir pekan dan liburan tempat ini ramai.

Peta lokasi Sapulidi Sawah Cafe, Resort & Gallery

10. Upside Down World

Nah ini adalah salah satu destinasi wisata di Bandung yang unik. Disini semua hal terlihat terbalik. Inilah Upside Down World Bandung yang menyajikan pengalaman unik seperti hidup di dunia yang terbalik. Tentu saja ini adalah tempat yang cocok untuk foto-foto karena sangat Instagramable. Berikut beberapa informasi penting Upside Down World Bandung.

  1. Harga tiket masuk Upside Down World Bandung: Dewasa Rp 100.000 dan anak-anak di bawah 120 cm Rp 50.000
  2. Jam operasional: Senin-Minggu. 10.00-20.00 WIB.

Peta lokasi Upside Down World Bandung

11. Farmhouse Lembang

Destinasi Wisata Bandung
Farmhouse Lembang (sumber gambar Christian Lee)

Lembang Bandung adalah salah satu surga destinasi wisata Bandung. Salah satu destinasi wisata lagi di Lembang yaitu Farmhouse Lembang. Dengan konsep wisata yang terintegrasi memiliki banyak pilihan wahana dan serta berbagai kegiatan serta aktifitas mayoritas outdoor. Beberapa hal yang bisa sobat temukan dan nikmati di Farmhouse Lembang Bandung adalah:

  1. Bergaya Eropa. Ya, sobat bisa menikmati wisata gaya Eropa disini. Bangunan-bangunan bergaya Eropa dan juga kostum-kostum yang sesuai dengan negara-negara Eropa juga ada disini.
  2. Karena bernuansa alam terbuka dan berada di lereng, sobat bisa menikmat berbagai pemandangan yang menarik.
  3. Rumah Kurcaci.
  4. Menikmati hewan-hewan.
  5. Spot foto yang Instagramable seperti contohnya Jembatan Cinta.
  6. Kuliner dan rumah belanja.

Tips mengunjungi Farmhouse Lembang Bandung:

  1. Jam buka adalah mulai 09.00 – 21.00.
  2. Tiket masuk Rp. 25.000/orang plus susu segar siap minum.
  3. Sepanjang perjalan menuju lokasi adalah area padat dan selalu macet, siapkan diri dengan baik termasuk isi penuh bensin kendaraan.
  4. Siapkan perlengkapan untuk hujan seperti payung dan mantel hujan.
  5. Datang pagi sangat disarankan agar tidak antri panjang untuk masuk lokasi.
  6. Area parkir sangat luas dengan harga tarif parkir adalah 10.000 untuk mobil dan 5000 untuk motor.

Peta lokasi Farmhouse Lembang Bandung

12. Puncak Bintang Cimenyan

Lagi-lagi Bandung memiliki pilihan destinasi wisata yang menawarkan pemandangan dipadukan dengan cuaca yang dingin. Ya inilah Puncak Bintang. Beberapa orang menyebutnya Puncak Bintang Bukit Moko dan Puncak Bintang Cimenyan Bandung. Pada awalnya tempat ini adalah hutan pinus biasa yang pada akhirnya disulap menjadi destinasi wisata.

Disini sobat bisa merasakan dinginnya udara sambil menikmati hutan pinus. Dan sajian utama tentu saja view kota Bandung yang terlihat sangat luas dari Puncak Bintang. Hal yang bisa sobat lakukan di Puncak Bintang selain menikmati pemandangan kota Bandung adalah berkemah.

Tips berkunjung ke Puncak Bintang Cimenyan Bandung:

  1. Waktu paling tepat datang kesini adalah malam hari. Gemerlap warna-warni cahaya kota Bandung di malam hari akan terlihat sangat indah.
  2. Hawa disini sangat dingin, bawa pakaian hangat atau jaket.
  3. Jalan menuju lokasi sempit dan berliku-liku, kendaraan besar seperti bus akan sangat sulit menuju lokasi dan berpotensi membuat jalanan lebih macet. Oleh karena itu paling pas adalah naik motor atau mobil pribadi.
  4. Tiket masuk 8000/orang. Untuk berkemah ada tiket lagi 18.000/orang.

Peta lokasi Puncak Bintang Cimenyan

13. Floating Market Lembang

Destinasi Wisata Bandung
Floating Market Lembang (sumber gambar Michael Satria)

Floating Market atau yang berarti pasar apung adalah sebuah konsep yang ditawarkan oleh tempat ini. Floating Market Lembang adalah salah satu destinasi wisata Bandung yang populer. Floating Market Lembang memiliki lokasi yang sangat luas dengan berbagai wahana wisata yang sangat ideal untuk dikujungi bersama keluarga dan teman-teman. Selain menyajikan wisata belanja terapung, beberapa wahana wisata yang bisa dinikmati disini seperti Floating and Hijab Swimming Pool, Rainbow Garden, Kota Mini, Kampung Jepang Kyotoku, Taman Kelinci dan lain-lainnya.

Untuk berbelanja disini sobat memerlukan koin khusus yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Oleh karena itu sobat harus menukarkan dulu uang rupiah dengan koin khusus yang nantinya akan digunakan untuk bertransaksi disini. Jadi jangan memaksa untuk membeli menggunakan uang rupiah ya ketika melakukan transaksi disini.

Tips berkunjung ke Floating Market Lembang:

  1. Karena lokasi Floating Market Lembang yang luas, ini adalah tempat wisata yang bisa dinikmati mulai pagi hingga malam.
  2. Tukarkan koin secukupnya. Jika belum yakin berapa banyak koin yang dibutuhkan, tukarkan saja koin jangan terlalu banyak. Karena koin yang sudah ditukarkan tidak boleh ditukarkan kembali ke uang rupiah. Jadi pastikan semua koin habis untuk bertransaksi disini.
  3. Biaya masuk Rp. 15.000/orang dan untuk masuk ke masing-masing wahana masih dikenakan tiket masuk lagi. Rata-rata tiket masuk wahana disini berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000/orang.

Peta lokasi Floating Market Lembang

14. Chinatown Bandung

Destinasi Wisata Bandung
Chinatown Bandung (sumber gambar Yohanis Ferdinand)

Sesuai dengan namanya, Chinatown Bandung menyajikan sebuah daerah layaknya sebuah kota di Cina. Semua bangunan disini memiliki arsitektur khas Cina. Pernak-pernik yang dipasang semuanya juga memiliki khas Cina. Dan yang pasti kuliner yang disediakan disini juga khas Cina. Tapi tenang saja sobat, kuliner disini tidak hanya ada makanan khas Cina saja. Jika sobat kurang cocok dengan masakan Cina masih bisa mencoba makanan jenis lain. Dan daya tarik utamanya adalah tempat ini cocok buat sobat yang hobi foto-foto lho. Semua spot disini sangat Instagramable!

Tips berkunjung ke Chinatown Bandung:

  1. Chinatown Bandung terlihat lebih “hidup” di malam hari. Lampion-lampion disini dinyalakan ketika malam sudah tiba. Jadi ada baiknya sobat mengunjungi Chinatown Bandung diatas jam 18.00.
  2. Untuk masuk ke Chinatown Bandung dikenakan tiket masuk Rp. 30.000/orang.
  3. Buka jam 09.00 sampai 22.00.
  4. Semua transaksi disini tidak menggunakan uang tunai. Ada dua pilihan untuk bertransaksi yaitu menggunakan debit BCA dan Kartu Flazz BCA. Di beberapa sudut disediakan gerai untuk mengisi saldo Kartu Flazz BCA.
  5. Bawa perlengkapan untuk mengantisipasi hujan seperti payung atau mantel.

Peta lokasi Chinatown Bandung

15. Dago Dream Park

Destinasi Wisata Bandung
Dago Dream Park (sumber gambar Benny Yogisaputra)

Dago Dream Park Bandung bisa dikatakan adalah destinasi wisata Bandung yang Instagramable. Tapi tentu saja bukan hanya tempat foto-foto aja ya sobat. Di Dago Dream Park banyak terdapat berbagai pilihan wahana yang menarik untuk ditaklukkan. Dan sebagian besar wahana yang disuguhkan disini ekstrim banget.

Salah satu wahana paling laris di Dago Dream Park adalah Aladdin Carpet. Seperti di film Aladdin, sobat bisa menikmati sensai karpet terbang disini. Bagi sobat yang datang bersama keluarga dan anak-anak, jangan khawatir disini juga banyak terdapat wahana bermain bagi anak-anak. Namun untuk beberapa wahana yang ekstrim dilarang untuk anak-anak.

Tips berkunjung ke Dago Dream Park:

  1. Untuk menikmati masing-masing wahana di Dago Dream Park akan dikenakan tiket masuk terpisah. Rata-rata tiket masuk wahana adalah Rp. 30.000/orang. Ada baiknya sobat membeli tiket terusan.
  2. Beberapa wahana memiliki batasan berat badan. Contohnya untuk Aladdin Carpet, berat tubuh maksimal adalah 150 kg.
  3. Setiap spot terdapat jasa fotografer yang memiliki tarif khusus. Rata-rata berkisar Rp. 30.000 untuk 7 kali foto.

Peta lokasi Dago Dream Park Bandung

16. Kampung Korea

Selain Chinatown, Bandung juga memiliki Kampung Korea. Sesuai dengan namanya, kawasan ini dibuat sedemikian rupa menyerupai Korea. Pada awalnya pembangunan Kampung Korea Bandung ini adalah untuk memperkuat kerjasama antara Bandung dan Seoul untuk meningkatkan pariwisata di Bandung. Jika sobat penggemar hal-hal yang berbau Korea sangat cocok menyempatkan waktu untuk mengunjungi Kampung Korea Bandung ini.

Beberapa hal yang menarik selain berfoto-foto di Kampung Korea, sobat bisa menimati beberapa menarik lainnya seperti menikmati kuliner khas Korea. Konsep kuliner yang disajikan disini dibuat sedemikian rupa seperti yang ada di Korea yaitu street food. Makanan khas Korea seperti Bibimbab, Jjajangmyeon, Jjampong, Tteokbeokki, Kimchi, Kimbap, dan Ramyeon bisa ditemukan disini. Dan jangan khawatir ya sobat, semua makanan disini disajikan secara halal. Buat sobat yang tidak suka masakan Korea tenang saja disini juga tersebar berbagai kuliner yang menyajikan makanan-makanan lokal Indonesia.

Tips berkunjung ke Kampung Korea Bandung:

  1. Semua transaksi disini tidak menggunakan uang tunai. Ada metode pembayaran khusus menggunakan kartu yang berisi saldo dengan nominal tertentu. Jika saldo habis disediakan beberapa titik untuk melakukan isi ulang saldo.
  2. Disini disediakan persewaan Hanbok atau baju khas Korea. Sewa Hanbok disini mulai Rp. 100.000.
  3. Masuk gratis tidak ada tiket.
  4. Buka mulai jam 10.00 – 22.00.
  5. Salah satu pertunjukan yang disajikan disini adalah Air Mancur Menari yang hanya ada di jam-jam tertentu di malam hari (18.30, 19.30, dan 20.30 serta 21.30 khusus akhir pekan).

Peta lokasi Kampung Korea Bandung

17. Rabbit Town

Rabbit Town yang artinya adalah kota kelinci adalah salah satu destinasi wisata Bandung yang wajib sobat kunjungi. Sesuai dengan namanya, fokus utama di Rabbit Town Bandung adalah menampilkan segala hal yang berbau kelinci. Namun ada juga berbagai wahana wisata yang bisa dinikmati bersama keluarga. Rabbit Town adalah tempat wisata terpadu yang menyajikan berbagai jenis hiburan seperti kuliner, kebun binatang (taman hewan), fashion dan beberapa wahana wisata lainnya. Dan yang pasti di Rabbit Town juga banyak spot-spot menarik untuk foto-foto.

Tips berkunjung ke Rabbit Town Bandung:

  1. Sebagian besar area adalah outdoor, siapkan perlengkapan seandainya hujan turun.
  2. Tiket masuk adalah Rp. 25.000/orang dan untuk masuk ke masing-masing wahana yang ada di Rabbit Town Bandung akan dikenakan biaya tersendiri mulai dari Rp. 10.000/orang.
  3. Jam operasional Senin – Jumat mulai jam 10.00 – 20.00 dan untuk akhir pekan dan hari libur nasional mulai jam 09.00 – 20.00.

Peta lokasi Rabbit Town Bandung

18. Orchid Forest Cikole

Destinasi Wisata Bandung
Orchid Forest Cikole (sumber gambar Adira Oktaroza)

Orchid Forest Cikole Bandung adalah sebuah wisata alam yang memiliki konsep ingin mengenalkan berbagai jenis Anggrek lokal maupun Internasional. Selain berbagai hal tentang Anggrek, disini juga tersaji berbagai fasilitas rekreasi bernuansa alam yang bisa sobat nikmati. Salah satu wahana yang paling dikenal disini adalah Wooden Bridge yaitu jembatan gantung yang terbuat dari kayu dan memiliki panjang 125 meter. Dan jembatan ini memiliki tinggi 23 meter. Selain itu sobat juga bisa menghabiskan waktu dengan berkemah disini. Satu hal yang pasti adalah banyak spot foto yang cantik dan Instagramable.

Tips berkunjung ke Orchid Forest Cikole Bandung:

  1. Tiket masuk Rp. 25.000/orang dan khusus hari Minggu dan libur Nasional Rp. 30.000/orang. Sedangkan untuk wisatawan asing adalah sebesar Rp. 100.000/orang.
  2. Siapkan peralatan seandainya hujan turun.
  3. Suasana dan pemandangan disini akan terlihat lebih menarik ketika malam hari. Berbagai warna-warni lampu hias terlihat menerangi berbagai sudut.
  4. Cuaca bisa terasa sangat dingin, jadi siapkan baju hangat.

Peta lokasi Orchid Forest Cikole Bandung

19. Kebun Begonia Lembang

Jika sobat masih berkeliling di wilayah Lembang, jangan lupa untuk berkunjung ke Kebun Begonia Lembang. Dipastikan sobat akan menemui banyak spot untuk berfoto lho di Kebun Begonia Lembang ini. Pemandangan hamparan taman bunga warna-warni tersaji begitu apik disini.

Selain itu juga ada kebun sayur dan sobat bisa panen sendiri dengan memetik sayuran-sayuran yang sudah siap petik. Kebun Begonia Lembang juga menyediakan konsep wisata edukasi bagi para pengunjungnya dan merupakan salah satu destinasi wisata Bandung yang populer.

Tips berkunjung ke Kebun Begonia Lembang Bandung:

  1. Tiket masuk Rp. 20.000/orang.
  2. Jam operasional mulai pukul 08.00 – 17.00.
  3. Karena banyak kegiatan outdoor, siapkan perlengkapan jika hujan turun.

Peta lokasi Kebun Begonia Lembang

20. Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey

Destinasi Wisata Bandung
Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey (sumber gambar Muhammad Rayhan)

Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey berada di Kabupaten Bandung Selatan dan merupakan salah satu destinasi wisata Bandung yang populer. Tempat ini memiliki konsep resort wisata dengan beberapa wahana wisata alam yang menarik. Tempat ini berada di dataran tinggi pegunungan Ciwidey dan oleh karena itu Glamping Lakeside Rancabali memiliki hawa yang sejuk dan dingin serta menyajikan pemandangan alam yang sangat indah.

Salah satu daya tarik disini adalah Pinisi Resto. Ini adalah sebuah restoran yang memiliki bentuk menyerupai kapal Pinisi. Dan yang menarik adalah letak Pinisi Resto ini berada persis disamping Situ Patenggang yang membuat seolah-olah terlihat seperti sebuah kapal yang sedang berlayar. Sobat bisa menikmati hidangan sambil melihat pemandangan Situ Patenggang yang memiliki air jernih.

Sobat juga bisa menginap di resort yang disewakan. Resort yang disewakan memiliki konsep seperti tenda-tenda yang berada di tepian Situ Patenggang. Meski nampak seperti tenda atau kemah, bisa dipastikan tenda-tenda ini adalah tenda permanen yang didalamnya terdapat berbagai fasilitas seperti layaknya menginap di hotel.

Tips berkunjung ke Glamping Lakeside Rancabali:

  1. Untuk menikmati hidangan di Pinisi Resto sobat tidak bisa membayar dengan uang tunai. Sobat akan diberi kartu transaksi khusus yang berisi saldo Rp. 10.000 dan bisa ditambah sendiri nominal saldonya.
  2. Harga tiket masuk Rp. 20.000/orang.
  3. Untuk masuk masing-masing wahana wisata disini akan dikenakan tarif yang berbeda-beda. Harga tiket mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 50.000.
  4. Harga menginap di resort dibedakan sesuai kelas serta fasilitasnya.
  5. Karena banyak konsep wisata bernuansa alam, jadi sedia payung sebelum hujan ya.

Peta lokasi Glamping Lakeside Rancabali