22 Destinasi Wisata Indonesia Timur yang Eksotis

Posted on

Indonesia bagian Timur sudah sangat dikenal memiliki banyak pilihan tujuan wisata yang eksotis. Siapa yang tidak tahu betapa cantiknya Raja Ampat atau mungkin sobat juga belum banyak tahu betapa eksotisnya Kepulauan Widi di Halmahera Selatan? Dua tempat tersebut masih dua diantara banyaknya pilihan wisata Indonesia Timur lainnya yang bisa kita nikmati keindahannya.

Diantara berbagai ribuan destinasi wisata Indonesia, sebagian besar diantaranya tersebar di kawasan Indonesia bagian timur. Dikutip dari Wikipedia, Indonesia bagian timur terdiri dari:

  • Sulawesi.
  • Kepulauan Nusa Tenggara (termasuk Bali).
  • Kepulauan Maluku.
  • Papua.

Pada kesempatan ini, saya akan mengulas dan merangkum 22 destinasi wisata Indonesia Timur yang paling menjadi favorit. Mungkin saja sobat masih belum mengetahui beberapa potensi wisata yang berada di Indonesia Timur atau sedang merencanakan petualangan untuk menaklukkan berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia bagian timur.

Catatan: Bali dan Lombok tidak kami masukkan dalam ulasan ini meski sebenarnya keduanya masih masuk di wilayah Indonesia bagian timur. Bali dan Lombok akan kami ulas lebih mendalam pada artikel khusus.

Destinasi Wisata Indonesia Timur

A. Papua

Kita awali ulasan destinasi wisata Indonesia timur dari wilayah Papua. Papua dikenal memiliki banyak destinasi wisata alam yang eksotis. Banyak tujuan wisata alam disini masih liar dan alami sehingga semua masih nampak natural.

Pantai yang memiliki hamparan pasir yang putih serta beberapa obyek wisata penyelaman dan menikmati keindahan alam bawah laut banyak ditemukan di wilayah Papua. Inilah beberapa destinasi wisata di Papua yang terbaik dan populer untuk dikunjungi.

1. Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat adalah “rajanya” destinasi wisata di Papua. Keelokannya sudah dikenal hingga diluar Indonesia sehingga menjadikan Kepulauan Raja Ampat adalah salah satu tujuan favorit bagi para wisatawan mancanegara dan tentu saja dari Indonesia.

Wisata Indonesia Timur
Kepulauan Raja Ampat (Mary af Rövarhamn @flickr)

Berada di Papua bagian barat, banyak pasangan menjadikan Raja Ampat sebagai tempat untuk menikmati bulan madu mereka. Selain itu banyak para penggemar wisata bawah air atau menyelam juga menjadikan Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wajib mereka.

Selain menikmati eksotisnya pantai yang ada di Raja Ampat, pastikan sobat juga melakukan hal-hal asik lainnya selain berenang dan berjemur. Cantiknya alam bawah laut di Raja Ampat adalah godaan yang tidak bisa begitu saja dilewatkan.

Menyelam atau snorkeling adalah hal yang wajib dilakukan ketika di Raja Ampat. Berbagai jenis ikan yang warna-warni serta deretan terumbu karang adalah suguhan yang tidak bisa dilewatkan. Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah berlayar.

2. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Wisata Indonesia Timur
Taman Nasional Teluk Cenderawasih (dini savitri @flickr)

Taman Nasional Teluk Cenderawasih atau Teluk Cenderawasih adalah taman laut yang terbesar yang ada di Indonesia. Secara administratif Teluk Cenderawasih berada di Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Barat.

Disini terdapat 18 pulau yang berbeda dan terdiri dari daratan dan pesisir pantai yang sangat indah. Teluk Cenderawasih membentang sepanjang kurang lebih 14.000 kilometer persegi.

Teluk Cenderawasih memiliki banyak pemandangan laut yang eksotis dan menjadi salah satu tujuan pecinta snorkeling dan selam scuba. Hal ini karena perairan Teluk Cenderawasih memiliki pemandangan bawah laut yang tidak kalah eksotis.

Selain menikmati keindahan laut dan pemandangan bawah laut, sobat juga bisa melakukan kegiatan lain seperti trekking dan hiking serta mengamati burung-burung yang beberapa diantaranya adalah burung langka.

Jika sobat mengunjungi Taman Nasional Teluk Cenderawasih, manfaatkan waktu dengan baik dan lakukan semua aktifitas utama disini yaitu menyelam. Taman bawah laut disini sangat menawan dan bahkan jika sobat beruntung bisa bertemu dengan hewan-hewan raksasa seperti Hiu Paus.

Terumbu karang yang tertata rapi serta ikan-ikan warna-warni menambah eksotisnya taman bawah laut di Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

Pulau yang paling populer dan favorit untuk dikunjungi ketika berada di Teluk Cenderawasih adalah Pulau Wairondi, Pulau Auri dan Pulau Rumberpon.

3. Pulau Biak

Wisata Indonesia Timur
Pulau Biak (steviewonder2011 @flickr)

Ketika berkunjung ke Papua jangan lupa mengunjungi Pulau Biak. Pulau ini adalah salah satu pulau yang populer di Papua. Memiliki bentang alam yang indah dan juga beberapa situs bersejarah peninggalan Perang Dunia II menjadikan Pulau Biak layak menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia timur yang populer.

Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan selama di Pulau Biak adalah menyelam dan mengamati burung-burung. Selain itu sobat juga bisa mengunjungi Museum Cenderawasih.

Ada salah satu ikon wisata yang saat ini populer di Pulau Biak yaitu Bukit Satu Hati. Disini sobat bisa melihat kota Biak dan pantai-pantai yang terlihat menawan dari atas bukit. Di Bukit Satu Hati banyak spot foto yang tentunya Instagramable.

Pemandangan kota Biak ketika malam hari juga terlihat lebih memukai dilihat dari Bukit Satu Hati ini. Bukit Satu Hati berada di distrik Samofa, di Kabupaten Biak Numfor.

Peta lokasi menuju Bukit Satu Hati Biak

Selama di Pulau Biak tentu saja jangan lewatkan menikmati keindahan pantainya. Beberapa pantai cantik yang ada di Biak adalah:

  • Pantai Bosnik.
  • Pantai Tamasya.
  • Pantai Impendi.
  • Pantai Anggaduber.
  • Pantai Soryar.
  • Pantai Wari.
  • Pantai Maraw.
  • Pantai Batu Picah.

B. Sulawesi

Sulawesi dikenal dengan daerah yang memiliki budaya yang kental dan unik. Salah satu masyarakat budaya yang sudah dikenal di Sulawesi tentu saja adalah Toraja. Banyak destinasi wisata di Sulawesi yang menawarkan tentang budaya.

Namun tidak hanya wisata budaya saja yang bisa sobat nikmati di Sulawesi. Wisata laut dan pemandangan bawah laut menjadikan Sulawesi sebagai salah satu tujuan para pecinta menyelam. Berikut ini sebagian destinasi wisata yang ada di Sulawesi.

1. Pulau Wakatobi

Wisata Indonesia Timur
Pulau Wakatobi Sulawesi

Pulau Wakatobi adalah salah satu ikon wisata di Sulawesi. Pulau Wakatobi namanya diambil dari gabungan empat pulau yang ada di Sulawesi Tenggara ini yaitu Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia dan Pulau Binongko. Kepulauan Wakatobi adalah surganya pecinta menyelam. Lautnya sangat eksotis dan memiliki keindahan wisata bawah laut yang sangat menawan.

2. Tana Toraja

Wisata Indonesia Timur
Tana Toraja (Jean Christophe Fauconnier @flickr)

Tana Toraja juga menjadi salah satu ikon kebudayaan yang ada di Sulawesi. Sobat bisa menikmati wisata budaya dengan mempelajari kehidupan adat di Tana Toraja. Berbagai perayaan atau fetival unik yang rutin digelar disini setiap tahun mampu menarik ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara.

3. Kepulauan Togean

Wisata Indonesia Timur
Kepulauan Togean (Mohamad halid @flickr)

Kepulauan Togean bagi beberapa orang cukup tidak dikenal. Namun jangan salah, Kepulauan Togean adalah salah satu rahasia terbaik yang ada di Sulawesi Utara. Selain pantainya yang cantik, keindahan bawah lautnya juga kaya akan mahluk bawah laut seperti berbagai jenis ikan yang berwarna-warni.

Namun akses untuk menuju Kepulauan Togean sangat menantang ya sobat. Namun dipastikan usaha dan upaya tersebut akan terbayar lunas ketika sudah sampai di Kepulauan Togean.

4. Taman Nasional Bunaken

Wisata Indonesia Timur
Taman Nasional Bunaken Sulawesi

Taman Nasional Bunaken adalah salah satu ikon wisata di Sulawesi dan salah satu destinasi wisata Indonesia timur yang wajib dikunjungi. Taman Nasional Bunaken adalah surganya wisata bawah laut.

Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang membentang dengan luas dimana terumbu karang eksotis dan berbagai mahluk bawah laut seperti ikan dan mamalia laut. Taman Nasional Bunaken adalah salah satu tempat menyelam atau snorkeling yang terbaik ada di dunia. Taman Nasional Bunaken wajib masuk dalam rencana wisata sobat di Sulawesi.

C. Kepulauan Maluku

Maluku dikenal memiliki banyak pulau-pulau dengan pantainya yang cantik. Terletak di sebelah timur Sulawesi, Kepulauan Maluku menyajikan keindahan laut dengan perairan yang jernih dan kehidupan bawah laut yang bisa dinikmati dengan menyelam. Selain itu banyak peninggalan sejarah bisa dikunjungi ketika di Maluku.

1. Pulau Seram

Wisata Indonesia Timur
Pulau Seram Maluku (Shinta Irawati @flickr)

Pulau Seram adalah destinasi wisata Indonesia timur yang wajib sobat jelajahi. Meski namanya “seram”, tidak ada hal yang menyeramkan disini kecuali keindahan dan eksotisme. Pantai Ora adalah salah satu pantai yang sangat cantik di Pulau Seram.

Sobat bisa menghabiskan waktu dengan menginap di bungalow-bungalow yang disewakan. Di bagian utara Pulau Seram ada sebuah teluk bernama Teluk Sawai yang tidak boleh begitu saja sobat lewatkan untuk dikunjungi.

2. Kepulauan Tanimbar

Wisata Indonesia Timur
Pulau Tanimbar (Triaji Jati @flickr)

Kepulauan Tanimbar ada gugusan 65 pulau yang berada di bagian tenggara Maluku. Pantai di Kepulauan Tanimbar memiliki pasir yang putih bersih. Salah satu desa di Pulau Yamdena (pulau utama di Kepulauan Tanimbar) yaitu Sangliat Dol memiliki peninggalan atau warisan sejarah yang dinamakan Perahu Batu Fampompar.

3. Pantai Natsepa

Wisata Indonesia Timur
Pantai Natsepa (Tatiana Glansbeek @flickr)

Pantai Natsepa terletak di di desa Suli, Maluku Tengah. Pantai ini memiliki pasir yang putih, bersih dan halus dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit wisatawan ketika mengunjungi Maluku.

Selain berenang, sobat bisa melakukan berbagai aktifitas seperti menaiki Banana Boat. Dan tiket masuknya juga sangat murah hanya dengan Rp. 3000/orang, sobat sudah bisa menikmati indahnya Pantai Natsepa.

Peta menuju lokasi Pantai Natsepa Maluku Tengah

4. Kepulauan Banda

Wisata Indonesia Timur
Pulau Hatta (Laura Jacobsen @flickr)

Salah satu pusat menyelam (selam skuba) dan snorkeling yang paling populer di Indonesia bahkan dunia. Hal ini dikarenakan kedalaman lautan di Kepulauan Banda memiliki terumbu karang yang cantik.

Beberapa kawasan untuk menyelam yang paling populer dan terfavorit ada di Pulau Hatta, Pulau Ai dan Pulau Banda Besar. Kepulauan Banda sangat wajib sobat kunjungi jika merencanakan perjalanan wisata ke Maluku.

D. Kepulauan Nusa Tenggara

Kepulauan Nusa Tenggara terdiri dari Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Kami tidak mengulas destinasi wisata Indonesia timur yang berada di Bali dan Lombok karena keduanya akan kami ulas lebih lengkap pada artikel lain.

1. Pulau Moyo

Wisata Indonesia Timur
Pulau Moyo (sumber)

Pulau Moyo adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa. Salah satu daya tarik disini adalah lautan di sekitar Pulau Moyo memiliki keindahan bawah laut. Menyelam dan menikmati terumbu karang yang cantik serta berbagai ikan warna-warni adalah sebuah petualangan yang tidak bisa sobat abaikan begitu saja.

2. Pantai Maluk

Wisata Indonesia Timur
Pantai Maluk (Yanuar Arafat @flickr)

Pantai Maluk berada di Kecamatan Jereweh, Sumbawa Barat. Pantai ini adalah salah satu tujuan bagi para penggemar selancar. Ombak di Pantai Maluk bisa mencapai dua meter menjadikan pantai ini salah satu tempat bagi peselancar pemula. Pemandangan serta hamparan pasir yang putih dan bersih di Pantai Maluk tidak akan terlupakan dalam kenangan.

3. Pulau Satonda

Wisata Indonesia Timur
Pantai Pulau Satonda (Adis Saramba @flickr)

Pulau Satonda berada di lepas pantai utara Pulau Sumbawa. Untuk menuju Pulau Satonda, sobat harus naik boat. Pulau Satonda memiliki sebuah danau vulkanik yang airnya asin. Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Satonda selain berenang di pantai adalah menyelam atau snorkeling. Sobat bisa bermalam di resort yang ada di pulau ini.

4. Pulau Komodo

Wisata Indonesia Timur
Pulau Kelor di Taman Nasional Komodo (Neo Lu @flickr)

Pulau Komodo atau Taman Nasional Komodo tidak perlu diragukan lagi adalah salah satu destinasi wisata Indonesia timur yang sudah sangat dikenal di dunia. Pulau ini berada di Kepulauan Nusa Tenggara dan berada di sebelah timur Pulau Sumbawa.

Pulau Komodo pernah masuk sebagai salah satu diantara 7 keajaiban dunia pada tahun 2011. Tidak hanya melihat Komodo, banyak kegiatan asik yang bisa sobat lakukan di pantai Pulau Komodoseperti berenang dan menyelam atau snorkeling.

5. Danau Kelimutu

Wisata Indonesia Timur
Danau Kelimutu (nicko vandha @flickr)

Danau Kelimutu di Flores memiliki pesona yang sangat eksotis. Disini terdapat 3 danau yang berbeda dan memiliki warna air yang berbeda-beda yaitu biru, merah dan putih. Namun seiring berjalannya waktu dan karena fenomena alam, ketiga warna air di danau tersebut berubah. Banyak pengunjung berkemah di sekitaran kawah dan menikmati matahari terbit dari puncak Gunung Kelimutu.

6. Pulau Bidadari

Wisata Indonesia Timur
Pulau Bidadari (Mohd Fazlin Mohd Effendy @flickr)

Pulau Bidadari berada di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau Bidadari ini adalah salah satu destinasi wajib pecinta snorkeling. Karang laut dan koral yang berjajar dengan cantik terlihat sangat eksotis. Untuk menuju Pulau Bidadari sobat harus naik boat.

Tidak ada kata lain selain takjub jika sobat berkunjung ke Pulau Bidadari ini. Hamparan pasir putih bersih, air laut berwarna biru dan sangat jernih hingga dasar laut terlihat jelas, ombak yang tenang serta suasa yang nyaman dan damai adalah daya tarik Pulau Bidadari.

7. Pantai Marosi

Wisata Indonesia Timur
Pantai Marosi Sumba (Hank Egberink@flickr)

Pantai Marosi terletak di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini adalah salah satu tujuan favorit para peselancar. Air laut yang jernih, pasir putih bersih menghampar dan di sekeliling pantai ditumbuhi tanaman berwarna hijau menjadikan Pantai Marosi layaknya sebuah taman surga.

Kondisi Pantai Marosi juga masih alami dan belum tersentuh serta suasananya yang sunyi dan tenang layak dijadikan salah satu target kunjungan wisata Indonesia timur.

8. Pantai Mandorak

Wisata Indonesia Timur
Pantai Mandorak (Pricilia Clarissa Syafira @flickr)

Pantai Mandorak berada di Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya. Pantai ini unik dengan lagunanya yang jernih dan tenang. Air lautnya berwarna biru kehijau-hijauan serta pasir pantainya putih dan bersih.

Sobat bisa berjemur dan bersantai sambil menikmati pemandangan yang eksotis. Karakter airnya yang tenang dan jernih tidak akan pernah berhenti menggoda sobat untuk berenang di dalamnya. Pantai kecil dan tenang ini harus sobat kunjungi ketika berada di Pulau Sumba.

9. Pulau Rote

Wisata Indonesia Timur
Pulau Rote (Benjamin Roos @flickr)

Pulau Rote atau Pulai Roti berada di di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Rote adalah salah satu obyek wisata Indonesia timur yang wajib sobat datangi. Banyak alasan kenapa sobat harus berkunjung kesini:

  • Surganya peselancar. Jika sobat ingin berselancar atau mungkin belajar berselancar, Pulau Rote adalah salah satu surganya.
  • Menikmati indahnya matahari terbenam.
  • Suasanya tenang dan sunyi cocok bagi sobat yang mencari tempat berbulan madu berdua atau berwisata bersama keluarga.
  • Pemandangan laut disini sangat eksotis. Pasir putih bersih terhampar dengan indah.
  • Dan tidak ketinggalan adalah pemandangan bawah lautnya juga sangat cantik.

10. Pulau Kei

Wisata Indonesia Timur
Pulau Kei (widi soetardjo @flickr)

Kepulauan Kei terletak di bagian tenggara Kepulauan Maluku. Pantai-pantai di Pulau Kei pasti akan membuat sobat takjub karena pasirnya putih, bersih dan lembut. Sobat juga bisa menyelam atau snorkeling.

Yang paling asik disini adalah sobat bisa menyelam hingga ke Gua Hawang yang tidak kalah eksotis. Airnya yang sangat jernih terhubung dari Pemandian Mata Air Evu.

11. Pulau Widi Halmahera

Wisata Indonesia Timur
Pulau Widi

Pulau Widi adalah salah satu ikon wisata di Maluku dan wisata Indonesia timur. Tidak ada kata lain selain menakjubkan jika sobat berkunjung kesini. Kepulauan Widi merupakan salah satu pusat keanekaragaman hayati laut di Indonesia. Tentu saja hal utama yang bisa sobat lakukan disini adalah menyelam dan menikmati eksotisnya alam bawah laut di Kepulauan Widi.

Air lautnya sangat jernih dan bersih serta pasir putih terhampar luas akan membuat sobat sulit meninggalkan tempat ini. Banyak aktifitas menarik lainnya selain berenang, berjemur dan menyelam. Sobat bisa pergi memancing, melihat berbagai jenis burung, dan berkeliling naik perahu.

Nah bagaimana sobat sangat eksotis sekali bukan beberapa destinasi wisata di Indonesia timur yang sudah diulas diatas? Memang tidak ada kata selain eksotis untuk menggambarkan berbagai destinasi wisata yang dimiliki oleh Indonesia bagian timur. Semoga ulasan ini membantu sobat mencari referensi tujuan wisata Indonesia timur.