16 Destinasi Wisata Banyuwangi yang Eksotis

Banyuwangi Jawa Timur dikenal memiliki beberapa obyek wisata pantai yang cantik-cantik. Selain itu banyak juga destinasi wisata Banyuwangi bernuansa alam selain pantai yang bisa dikunjungi ketika berada disini. Sebagai salah satu daerah andalan wisata Jawa Timur, Banyuwangi layak menjadi pilihan bagi para traveler.

Diantara beberapa pantai yang ada di Banyuwangi salah satunya sangat populer adalah Pantai Pulau Merah yang sangat eksotis. Kemudian ada juga Kawah Ijen yang sangat menantang untuk ditaklukkan serta berbagai air terjun yang eksotis untuk dinikmati.

Berikut ini saya akan mengulas 16 destinasi wisata Banyuwangi yang wajib dikunjungi. Jika sobat sedang mencari referensi obyek wisata di Banyuwangi semoga terbantu dengan ulasan berikut ini.

Pantai Pulau Merah

Destinasi Wisata Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi (sumber)

Pantai Pulau Merah adalah salah satu obyek wisata andalan Banyuwangi. Dinamakan Pantai Pulau Merah karena tanah yang berada di bukit hijau kecil yang berada disini memiliki warna kemerahan.

Dan yang menarik dari Pantai Pulau Merah adalah sering menjadi favorit bagi para peselancar terutama yang masih pemula. Hal ini dikarenakan ombak di pantai ini cukup tinggi sehingga sering dijadikan tempat berlatih selancar. Menurut informasi, ombak disini kabarnya bisa mencapai ketinggian 5 meter.

Pantai Pulau Merah berlokasi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi atau kurang lebih berjarak 80 kilometer dari Kota Banyuwangi.

Untuk menuju Pantai Pulau Merah disarankan menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dalam keadaan normal. Pantai Pulau Merah adalah salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang harus sobat kunjungi.

Tips dan informasi penting berkunjung ke Pantai Pulau Merah Banyuwangi:

  1. Tiket masuk menuju Pantai Pulau Merah adalah Rp. 8000/orang.
  2. Parkir mobil Rp. 5000 dan parkir motor Rp. 2000.
  3. Siapkan baju ganti dan perlengkapan untuk berenang.
  4. Banyak homestay bertebaran di Pantai Pulau Merah, jadi sobat bisa bermalam disini.
  5. Hati-hati ketika berenang di pantai, ada beberapa titik pantai yang dilarang untuk berenang karena ombaknya yang besar. Di sekitar lokasi sudah ada tanda dimana yang dilarang untuk berenang.

Peta lokasi menuju Pantai Pulau Merah

Teluk Hijau

Destinasi Wisata Banyuwangi
Teluk Hijau Banyuwangi

Teluk Hijau adalah sebuah obyek wisata yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi dan menjadi salah satu destinasi wisata Banyuwangi terfavorit. Dinamakan Teluk Hijau karena air laut disini memiliki warna kehijauan.

Namun bukan airnya berwarna hijau ya sobat. Air laut disini nampak berwarna hijau disebabkan karena di dasar perairan dangkalnya banyak ditumbuhi oleh Alga yang berwarna hijau sehingga memberikan kesan seolah-olah airnya memiliki warna hijau.

Pantai ini juga dikenal dengan nama Green Bay Banyuwangi. Teluk Hijau Banyuwangi adalah salah satu destinasi wisata yang harus sobat kunjungi. Penampilan eksotis air berwarna hijau dengan perpaduan pasir putih yang bersih tidak akan berhenti membuat sobat kagum.

Peta lokasi menuju Teluk Hijau Banyuwangi

Kawah Ijen

Destinasi Wisata Banyuwangi
Kawah Ijen (sumber)

Kawah Ijen adalah salah satu ikon destinasi wisata Banyuwangi. Kawah yang berada di kawasan Gunung Ijen ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Namun akses untuk menuju kawasan Kawah Ijen ini sangat ekstrim ya sobat.

Tebing dan jalur yang curam akan sobat temui sepanjang rute menuju tempat ini. Dan meskipun rute menuju Kawah Ijen yang ekstrim ini tidak menyurutkan traveler untuk menaklukkannya. Namun dijamin usaha keras untuk menuju kesini akan terbayar dengan hasil akhir yang sepadan.

Salah satu fenomena yang menarik disini adalah api biru yang berpijar-pijar. Namun untuk menikmati fenomena ini sobat hanya bisa melihatnya pada saat tertentu seperti ketika dini hari. Dan selain itu sobat juga bisa menikmati keindahan matahari terbit dari Kawah Ijen ini.

Gunung Ijen adalah gunung berapi yang aktif dan gas belerang akan sangat kuat di kawah ini. Oleh karena dibutuhkan banyak persiapan khusus jika sobat ingin mengunjungi Kawah Ijen.

Tips dan informasi berkunjung ke Kawah Ijen Banyuwangi:

  1. Pastikan berada dalam kondisi fisik yang prima jika akan mengunjungi Kawah Ijen.
  2. Cuaca dingin sangat ekstrim bisa dirasakan disini, persiapkan segala perlengkapan untuk menahan dinginnya cuaca disini.
  3. Bawa masker untuk mengantisipasi bau gas belerang yang bisa sangat menyengat. Di pos-pos setempat menyewakan masker ya jadi andaikan sobat lupa bisa menyewa.
  4. Bawa barang seminim mungkin atau seperlunya saja ketika mendaki ke kawasan ini.
  5. Ada tiket masuk yaitu seharga Rp. 5000/orang. Sedangkan ketika hari libur Rp. 7500/orang. Wisatawan asing harus membayar lebih banyak yaitu Rp. 100.000 hingga Rp.150.000/orang.

Peta lokasi menuju Kawah Ijen

Pantai Wedi Ireng

Destinasi Wisata Banyuwangi
Pantai Wedi Ireng (sumber)

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi masih berada di satu kawasan dengan Pantai Pulau Merah dan Teluk Hijau lebih tepatnya berada di tengah kedua pantai tersebut. Sama halnya dengan jalur menuju Pantai Pulau Merah dan Teluk Hijau yang terjal dan menantang, akses menuju Pantai Wedi Ireng juga sama beratnya.

Bisa dikatakan pantai ini masih kalah populer jika dibandingkan dengan dua “tetangganya” tersebut. Namun sebenarnya pemandangan dan suasana di Pantai Wedi Ireng ini tidak kalah eksotis.

Suasana di Pantai Wedi Ireng lebih sunyi dengan ombak yang lebih tenang. Satu hal yang menarik adalah nama Wedi Ireng yang berarti pasir hitam sedangkan pantai ini memiliki pasir yang berwarna keputihan.

Hal ini dikarenakan lapisan pasir dibawahnya berwarna kehitaman. Dan salah satu nilai plus pantai ini adalah memiliki pemandangan bawah laut yang cantik. Sempatkan snorkeling ya ketika berada disini.

Tips dan informasi berkunjung ke Pantai Wedi Ireng:

  1. Masuk gratis tidak ada tiket masuk.
  2. Sobat bisa melakukan snorkeling disini. Pihak pengelola menyewakan alat snorkeling.
  3. Fasilitas standar tersedia seperti tempat sholat, kamar mandi dan warung makan.

Peta lokasi menuju Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Pantai Cemara

Destinasi Wisata Banyuwangi
Pantai Cemara Banyuwangi (sumber)

Pantai dimana tumbuh ribuan cemara ini adalah salah satu obyek wisata favorit warga Banyuwangi dan sekitarnya. Pantai ini selalu ramai dikunjungi karena tempatnya yang tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi yaitu sekitar 5 kilometer dari pusat kota. Pasirnya berwarna hitam dan kita bisa melihat selat Bali dari pantai ini.

Pantai Cemara ini juga menjadi salah satu tempat konservasi penyu. Jadi sobat selain bisa menikmati sejuk dan indahnya suasana pantai ini juga bisa melihat tempat konservasi penyu tersebut.

Untuk masuk ke Pantai Cemara tidak dikenakan tiket masuk. Namun untuk masuk ke zona inti dimana ada ribuan cemara terhampar serta konservasi penyu dikenakan tiket masuk hanya Rp. 2000/orang.

Peta lokasi menuju Pantai Cemara Banyuwangi

Air Terjun Jagir

Destinasi Wisata Banyuwangi
Air Terjun Jagir (sumber)

Jika sobat masih berada di sekitaran Gunung Ijen, jangan lupa mampir ke Air Terjun Jagir karena lokasi Air Terjun Jagir berada di kaki Gunung Ijen. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan dingin. Konon menurut legenda dulunya tempat ini adalah tempat mandi para bidadari sehingga memiliki nama lain Air Terjun Bidadari.

Air terjun ini memiliki 3 aliran air terjun yang mengalir sehingga ada nama lain yaitu Air Terjun Kembar. Bahkan Air Terjun Jagir juga masih memiliki banyak nama-nama lain seperti Air Terjun Kembar dan Air Terjun Saudara.

Jangan khawatir untuk fasilitas yang tersedia juga sudah standar seperti tempat sholat, warung dan toilet atau kamar mandi. Dan tiket masuk Air Terjun Jagir adalah Rp. 5000/orang.

Peta lokasi menuju Air Terjun Jagir Banyuwangi

Pantai Watudodol

Destinasi Wisata Banyuwangi
Pantai Watudodol Banyuwangi (sumber)

Pantai Watudodol terletak di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Untuk menuju pantai ini juga tidak sulit karena keberadaannya yang melewati jalur yang menghubungkan Situbondo dan Banyuwangi.

Sebuah batu besar yang berdiri kukuh di tengah jalan adalah petunjuk paling jelas jika sobat sudah berada di Pantai Watudodol. Nama pantai ini memang diambil dari nama batu tersebut yaitu Watudodol yang kurang lebih artinya batu yang keras.

Pantai Watudodol banyak dikunjungi oleh traveler yang sekedar melintas untuk istirahat atau memang datang khusus ke pantai ini. Selain memiliki pemandangan dan suasana cukup asik, sobat bisa melihat Pulau Bali dari Pantai Watudodol ini. Pemandangan akan nampak terlihat lebih jelas dari atas bukit yang berada di sekitaran Pantai Watudodol.

Ada 1 hal yang menarik di Pantai Watudodol ini yaitu adanya sumber air tawar yang berada di sekitar air laut. Ketika air laut pasang, sumber air tersebut akan tenggelam dan fenomena yang menarik adalah air yang nantinya keluar tetap tawar.

Oleh penduduk setempat sumber air tawar ini dibuatkan batas seperti tembok seolah-olah seperti bibir sumur. Banyak orang yang mempercayai jika air sumur ini memiliki khasiat menyembuhkan penyakit.

Pada waktu tertentu, banyak pemancing bisa dilihat Pantai Watudodol. Sobat juga bisa menyalurkan hobi memancing di pantai ini. Hal lain yang bisa dilakukan adalah menyewa perahu dan berkeliling melihat pemandangan bawah laut dari atas perahu.

Fasilitas di Pantai Watudodol juga lengkap seperti restoran/warung, kamar mandi, tempat sholat dan sobat bisa menikmati es kelapa muda di warung-warung yang bertebaran di sekitar Pantai Watudodol.

Peta lokasi menuju Pantai Watudodol Banyuwangi

Pantai Boom

Destinasi Wisata Banyuwangi
Pantai Boom Banyuwangi (sumber)

Pantai Boom atau Pantai Marina Boom saat ini menjadi salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang paling favorit terutama bagi kalangan kawula muda-mudi. Dengan pasir berwarna hitamnya, Pantai Boom selalu ramai pengunjung terutama ketika akhir pekan dan liburan.

Di Pantai Boom terdapat berbagai spot-spot foto yang sangat Instagramable. Salah satu spot foto yang paling menjadi favorit adalah jembatan yang dipercantik dengan desain unik berbentuk spiral.

Dari Pantai Boom ini sobat juga bisa melihat dengan jelas Pulau Bali. Sobat bisa bersantai di bawah tenda-tenda payung yang berjejer-jejer dengan cantik sambil menikmati pemandangan laut. Di sekitaran Pantai Boom juga menjadi favorit bagi beberapa orang untuk berolah raga seperti joging karena adanya joging track yang disediakan.

Sobat juga bisa berkuda sambil menikmati hamparan pasir Pantai Boom. Pantai Boom ini juga menjadi tempat diadakannya beberapa fertival tahunan seperti Gandrung Sewu dan Beach Jazz Festival.

Pastikan sobat mengunjungi Pantai Boom ketika berada di Banyuwangi. Karena Pantai Boom adalah salah satu obyek wisata yang asik untuk dikunjungi.

Peta menuju lokasi Pantai Boom Banyuwangi

Pulau Tabuhan

Destinasi Wisata Banyuwangi
Pulau Tabuhan Banyuwangi (sumber)

Pulau Tabuhan adalah salah satu ikon wisata di Banyuwangi dan menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu menjadi favorit traveler. Bagaimana tidak, Pulau Tabuhan sangat memiliki pemandangan serta suasana yang sangat luar biasa cantik.

Tidak hanya bagian permukaan yang eksotis, pemandangan bawah laut di sekitar Pulau Tabuhan juga sangat luar biasa. Berbagai jenis ikan warna-warni serta terumbu karang berjejer dengan cantiknya. Tidak heran jika Pulau Tabuhan ini menjadi salah satu tujuan para penggemar menyelam atau snorkeling.

Pasir yang putih dan airnya yang jernih dijamin akan membuat kita semua terpesona. Namun untuk menuju ke Pulau Tabuhan ini harus naik perahu motor atau boat dari Pantai Kampe atau dari jalur Pantai Bangsring. Sepanjang perjalanan menuju Pulau Tabuhan, sobat juga bisa sambil menikmati pemandangan laut yang jernih dan bersih.

Bahkan saking jernihnya, pemandangan bawah laut akan nampak dari atas perahu. Selain itu jika beruntung, sobat bisa bertemu dengan lumba-lumba dalam perjalanan menuju Pulau Tabuhan. Selain berenang dan menyelam, sobat juga bisa menikmati berselancar layang atau selancar angin di pulau ini.

Meskipun Pulau Tabuhan adalah pulau terpencil di tengah laut, jangan khawatir ternyata di pulau ini juga sudah ada warung yang siap melayani dahaga kita. Dengan segala pesona yang ditawarkan, Pulau Tabuhan menjadi salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang wajib sobat kunjungi.

Tips dan informasi berkunjung Pulau Tabuhan Banyuwangi:

  1. Menyewa boat atau perahu motor untuk menyeberang ke Pulau Tabuhan berkisar antara Rp.300.000 hingga Rp. 500.000 untuk dua kali jalan pergi dan pulang. Sobat bisa dan harus berani menawar karena tidak ada patokan harga resmi.
  2. Ada tiga jalur untuk menyeberang ke Pulau Tabuhan. Bisa dari Pantai Watudodol, Pantai Kampe dan Pantai Bangsring.
  3. Jika ingin menyelam atau snorkeling, harus menyewa terlebih dahulu di pos penyeberangan.

Peta perjalanan menuju Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pantai Sukamade

Destinasi Wisata Banyuwangi
Pantai Sukamade (sumber)

Pantai Sukamade yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini juga menjadi salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang selalu hits dan wajib dikunjungi.

Pantai Sukamade dikenal sebagai habitat alami dan tempat bertelur penyu serta penangkaran penyu. Namun untuk menuju Pantai Sukamade ini dibutuhkan perjuangan yang sangat ekstrim karena melalui medan yang terjal dan berliku-liku serta melewati dua sungai besar.

Semua perjalanan berat yang ditempuh untuk menuju Pantai Sukamade dijamin tidak akan sia-sia. Sobat akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa ketika sudah berada di Pantai Sukamade. Selain melihat penyu bertebaran di sepanjang garis pantai, pemandangan pantai yang sangat cantik adalah salah satu suguhan utamanya.

Jika sobat ingin melihat proses penyu bertelur, hal ini hanya bisa dilakukan pada malam hari. Jadi sobat harus menginap di daerah sekitar Pantai Sukamade yang terdapat banyak vila dan penginapan atau sobat juga bisa berkemah di tempat yang sudah disediakan. Untuk melihat proses penyu bertelur, sobat akan diantar pemandu dan harus didampingi mulai pukul 19.30.

Tips dan informasi berkunjung ke Pantai Sukamade Banyuwangi:

  1. Dikarenakan beratnya medan yang dilalui, disarankan naik kendaraan khusus untuk medan alam berat. Sobat bisa menyewa kendaraan ini di pos-pos yang disediakan.
  2. Kabar terakhir hingga saat artikel ini ditulis sinyal seluler belom ada di kawasan Pantai Sukamade.
  3. Bawa bekal makanan dan minuman untuk perjalanan.
  4. Persiapkan peralatan untuk mengantisipasi jika hujan turun.

Peta lokasi menuju Pantai Sukamade

Pantai Rajegwesi

Destinasi Wisata Banyuwangi
Pantai Rajegwesi Banyuwangi (sumber)

Berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang menjadi ikon destinasi wisata Banyuwangi, Pantai Rajegwesi juga berada di tengah-tengah antara Pantai Sukamade dan Pantai Teluk Hijau.

Pantai Rajegwesi berada di daerah kawasan nelayan sehingga suasananya ramai dengan kapal nelayan dan tempat pelelangan ikan. Air lautnya jernih dan pasirnya berwarna kecoklatan.

Pasir di Pantai Rajegwesi ini berwarna kecoklatan dikarenakan proses endapan dari sungai yang bermuara ke laut. Ketika banjir sungai ini meluap dan membawa endapan lumpur ke arah laut.

Peta lokasi menuju Pantai Rajegwesi

Green Gumuk Candi

Destinasi Wisata Banyuwangi
Green Gumuk Candi Banyuwangi (sumber)

Green Gumuk Candi adalah sebuah konsep daerah wisata yang menyajikan pemandangan perbukitan dan Gunung Raung dilihat dari ketinggian kurang lebih 650 meter. Untuk mencapai puncak Green Gumuk Candi, sobat harus naik dengan menapaki 265 anak tangga dengan waktu tempuh kurang lebih 10-15 menit.

Di puncak Green Gumuk Candi, sobat akan bisa menikmati pemandangan alam yang indah dari gazebo-gazebo yang sudah disediakan. Suasana cukup sejuk karena banyak pohon dimana-mana. Di bagian tengah ada sebuah kolam renang.

Sobat bisa berenang atau hanya sekedar mengapung dengan ban-ban yang disewakan pengelola. Dan ada wahana yang cukup menantang dan menarik yaitu sepeda udara yang berada di ketinggian 15 meter dengan rute sepanjang 30 meter.

Jangan khawatir buat kamu yang doyan foto-foto. Disini cukup banyak tersedia spot untuk foto-foto dengan latar pemandangan yang sangat indah. Spot seperti rumah pohon atau bahkan sobat bisa memanjat beberapa pohon yang berpapan. Bagaimana dengan fasilitas? Cukup standar semua tersedia disini seperti kamar mandi/toilet, warung, dan tempat sholat. Harga tiket masuk Green Gumuk Candi juga sangat murah yaitu Rp. 5000/orang.

Peta lokasi menuju Green Gumuk Candi Banyuwangi

Pantai Cacalan

Destinasi Wisata Banyuwangi
Pantai Cacalan Banyuwangi (Kompasiana)

Tidak ada habisnya pantai yang tersebar di Banyuwangi. Salah satu destinasi wisata pantai di Banyuwangi yang bisa sobat kunjungi adalah Pantai Cacalan. Mungkin pantai ini tidak setenar Pantai Pulau Merah atau Teluk Hijau, namun Pantai Cacalan ini sudah populer di kalangan warga Banyuwangi dan sekitarnya.

Sama seperti dengan beberapa pantai yang ada di Banyuwangi, di Pantai Cacalan ini sobat juga bisa melihat Selat Bali dari sini. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Cacalan seperti berkuda, naik perahu, berenang dan memancing. Ombak di pantai ini tenang sehingga aman bagi anak-anak yang ingin berenang di bibir pantai. Pasirnya berwarna kehitaman dan lembut.

Untuk fasilitas juga sudah lengkap seperti toilet, tempah sholat, restoran, taman bermain anak dan beberapa fasilitas lainnya. Sobat juga bisa menginap di penginapan yang terdapat di sekitar wilayah Pantai Cacalan. Jika sobat memiliki waktu disarankan untuk menginap dan menikmati matahari terbit yang indah di Pantai Cacalan. Dan yang asik tidak ada tiket masuk alias gratis masuk ke Pantai Cacalan Banyuwangi.

Peta lokasi menuju Pantai Cacalan Banyuwangi

Pulau Santen

Destinasi Wisata Banyuwangi
Pulau Santen Banyuwangi (Kumparan)

Pulau Santen Banyuwangi adalah sebuah kawasan wisata yang menyajikan konsep syariah. Tentu ini adalah sebuah gebrakan yang unik karena sepertinya belum ada konsep wisata seperti ini di Indonesia hingga artikel ini ditulis.

Namun meski berkonsep syariah, tidak ada pembatasan bagi pengunjung non muslim. Konsep syariah disini adalah sebuah jaminan dimana segala sesuatunya disini disesuaikan dengan konsep dalam Islam seperti makanan halal, bebas alkohol, pemisahan tempat antara pengunjung pria dan wanita dan lain-lain.

Peta lokasi menuju Pulau Santen Banyuwangi

Villa So Long Banyuwangi

Destinasi Wisata Banyuwangi
Villa So Long Banyuwangi (booking.com)

Villa So Long adalah salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang wajib sobat kunjungi. Villa So Long memiliki nama lain seperti Pantai Solong atau bisa juga Villa Solong. Kawasan ini adalah kawasan wisata pantai dengan konsep berbagai villa-villa yang berdiri di dekat pantai dan menyajikan pemandangan langsung ke arah pantai.

Kawasan Villa So Long sangat tertata dengan cantik dan menawan dengan suasana yang asri serta bersih. Tempat ini tentu sangat cocok untuk menghabiskan waktu kala liburan.

Berbagai spot yang cantik dan pemandangan yang sangat indah tentu sangat cocok bagi sobat yang doyan foto-foto dan kemudian diunggah ke media sosial. Selain menikmati indahnya pantai, beberapa fasilitas lain seperti mandi di kolam renang, menikmati kuliner, spa dan ada gym juga lho disini.

Terletak di Kecamatan Kalipuro Banyuwangi, letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi menjadikan tempat ini sangat mudah dijangkau traveler. Kalau sobat berkunjung ke Villa So Long, pastikan menginap ya jangan hanya seharian saja menikmati Pantai Solong. Menikmati indahnya matahari terbit adalah salah satu hal menarik yang bisa sobat nikmati di Villa So Long Banyuwangi.

Harga sewa Villa So Long berkisar mulai 1 jutaan tergantung fasilitas yang dipilih. Siapkan budget ya sobat agar bisa dengan maksimal dan efektif menikmati indahnya Villa So Long.

Peta lokasi menuju Villa So Long Banyuwangi

Wisata Puncak Asmoro

Destinasi Wisata Banyuwangi
Wisata Puncak Asmoro Banyuwangi (wisato.id)

Wisata Puncak Asmoro menawarkan sebuah kawasan wisata yang memiliki pemandangan yang Instagramable. Wisata Puncak Asmoro saat ini menjadi salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang populer terutama kaum muda-mudi. Lokasi Wisata Puncak Asmoro berada di Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Karena berada di tempat yang tinggi, kawasan Wisata Puncak Asmoro memiliki udara yang sejuk. Dari atas Wisata Puncak Asmoro, sobat bisa melihat berbagai pemandangan yang indah seperti hutan pinus dan bahkan Selat Bali juga terlihat dari sini.

Hamparan tanaman bunga matahari juga menjadi salah satu spot favorit untuk foto-foto. Tempat ini sangat padat pengunjung pada akhir pekan dan hari libur. Jika sobat mendambakan ketenangan, ada baiknya mengunjungi Wisata Puncak Asmoro pada hari-hari aktif.

Untuk menuju Wisata Puncak Asmoro dibutuhkan perjuangan cukup keras karena harus mendaki. Namun tenang saja sobat, sudah ada jalur untuk mendaki keatas jadi tidak perlu membayangkan seperti harus mendaki gunung. Untuk fasilitas juga sudah standar seperti tempat sholat, toilet dan yang pasti ada warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Peta lokasi menuju Wisata Puncak Asmoro Banyuwangi

Bagikan di: