Kelinci Netherland Dwarf: Harga, Karakteristik dan Perawatan

Inilah informasi lengkap tentang kelinci Netherland Dwarf. Berisi informasi umum, cara merawat kelinci, karakteristik, temperamen kelinci dan tips bermanfaat.

Kelinci Netherland Dwarf adalah salah satu jenis kelinci terkecil yang ada di dunia ini. Penampilannya yang imut dan temperamen yang jinak adalah kombinasi ideal dan menjadikan Netherland Dwarf adalah kelinci peliharaan yang favorit. Sebelum memutuskan apakah kelinci ini cocok untuk Anda, baca ulasan kami berikut ini.

Jenis Kelinci Netherland Dwarf
Jenis Kelinci Netherland Dwarf (shutterstock)

Sekilas Tentang Kelinci Netherland Dwarf

NamaNetherland Dwarf
AsalBelanda
UkuranDwarf atau mini
Berat0,5 kg – 1,2 kg
TemperamenJinak, ramah, aktif, enerjik, agresif jika terancam
Umur10 – 12 tahun
Tingkat PerawatanSedang – tinggi

Sejarah

Budidaya kelinci Netherland Dwarf dimulai pada awal abad ke 20 di Belanda. Netherland Dwarf adalah jenis kelinci mini hasil persilangan antara kelinci Polish (Polandia) dengan kelinci liar domestik berukuran kecil.

Proses pembiakan kelinci Netherland Dwarf pada awalnya mengalami kesulitan karena hasilnya masih didominasi oleh kelinci berkarakter agresif.

Butuh waktu berpuluh-puluh tahun bagi para peternak kelinci terus berusaha membuat kelinci dengan karakter yang jinak. Usaha pembiakan selektif terus dilakukan dengan tetap menggunakan kelinci Polish sebagai indukan. Meski pada awalnya masih menunjukkan karakter liar, pesona Netherland Dwarf tetap menarik minat berbagai pihak.

Pada tahun 1948 Netherland Dwarf mulai masuk ke Inggris. Dan pada tahun 1960 hingga 1970 kelinci Netherland Dwarf mulai diimpor menuju Amerika. Peternak di Inggris terus berupaya menyempurnakan karakteristik Netherland Dwarf baik secara fisik dan sifat.

Pada tahun 1969, American Rabbit Breeders Association (ARBA) menerima dan mengakui secara resmi jenis kelinci Netherland Dwarf hasil pengembangan para peternak dari Inggris.

Ciri-ciri Kelinci Netherland Dwarf

Ciri-ciri Kelinci Netherland Dwarf
Ciri-ciri Kelinci Netherland Dwarf (shutterstock)
  • Tubuh kecil, pendek dan gemuk
  • Kepalanya cenderung terlihat besar
  • Mata bulat dan lebar
  • Telinga sangat pendek, kecil dan tegak ke atas
  • Kaki pendek dan berotot
  • Ekor lurus dan berbulu lebat
  • Bulu pendek, lembut, padat dan nampak berkilau
  • Variasi warna bulu adalah putih, hitam, coklat, biru, silver, abu-abu, merah, lilac, siam, point, smoke, solid, broken, himalaya, harlequin, tortie dan agouti.

Temperamen

Secara umum Netherland Dwarf adalah kelinci yang jinak dan bersahabat. Namun terkadang kelinci ini bisa berubah menjadi agresif ketika merasakan ancaman. Banyak hal yang bisa dianggap sebagai ancaman baginya meskipun pemiliknya berusaha memperlakukannya dengan baik.

Hal-hal yang bisa memancing sifat agresifnya adalah cara menggendong yang salah, pelukan berlebihan dan stres. Oleh karena itu kelinci ini cenderung tidak cocok dipelihara oleh orang yang baru memelihara kelinci untuk pertama kalinya dan berbahaya bagi anak-anak kecil.

Ketika merasa terancam, Netherland Dwarf bisa saja menggigit, mencakar (menggaruk dengan kasar), dan meronta-ronta. Meskipun tubuhnya kecil, ketika menyerang kelinci ini dipastikan berbahaya.

Tidak semua kelinci Netherland Dwarf akan memiliki sifat agresif seperti diatas. Bahkan beberapa Netherland Dwarf lain memiliki sifat yang sepenuhnya jinak dan sosial. Kuncinya adalah mengenali karakter kelinci Anda sehingga mengerti cara memperlakukannya.

Jangan khawatir, Netherland Dwarf bisa menjadi peliharaan yang sangat baik. Kondisi lingkungan yang tenang, stabil dan sering diajak berinteraksi, berkomunikasi, diperhatikan dan penuh cinta akan memupuk rasa percaya kelinci kepada pemiliknya.

Perawatan

Habitat

Jika Anda memutuskan memelihara kelinci ini di dalam kandang, pastikan ukurannya sesuai dengan karakteristiknya. Meskipun kelinci ini kecil bukan berarti kandang yang digunakan harus kecil. Rekomendasi ukuran kandang untuk memelihara kelinci Netherland Dwarf adalah minimal 18 x 24 inchi dan tinggi 14 inchi.

Jangan kurung kelinci dalam kandang sepanjang waktu. Beri waktu khusus bagi kelinci untuk menikmati waktu bebasnya. Disarankan memberikan waktu 2 hingga 3 jam setiap hari untuk menikmati kebebasan berada diluar kandangnya. Ingat, terus dikurung dalam kandang kelinci bisa stres dan akan memicu banyak hal buruk.

Merawat Kelinci Netherland Dwarf
Merawat Kelinci Netherland Dwarf (shutterstock)

Jika Anda memiliki halaman depan atau belakang yang luas dengan batas-batas yang aman, Anda bisa memelihara kelinci tanpa kandang. Memelihara kelinci dengan cara ini lebih direkomendasikan. Namun Anda harus tetap menyediakan tempat khusus untuk tidur dan berteduh.

Makanan

Jenis makanan yang sangat baik dan direkomendasikan untuk kelinci Netherland Dwarf adalah:

  • Pelet
  • Jerami atau rumput hay
  • Sayuran
  • Paprika
  • Brokoli
  • Wortel
  • Kubis
  • Daun mint
  • Sawi
  • Kangkung
  • Rumput (odot, indigofera dan rumput sawah).

Tips memberi makan yang baik: 85% jerami atau rumput hay, 10 persen hijauan dan 5% pelet. Pastikan kebutuhan minumnya lebih dari cukup dengan selalu menyediakan air bersih yang selalu penuh. Kami memiliki panduan lengkap cara merawat kelinci. Anda bisa membaca di artikel berikut ini.

Harga Kelinci Netherland Dwarf
Harga Kelinci Netherland Dwarf (shutterstock)

Baca juga:

Harga Kelinci Netherland Dwarf

Harga kelinci Netherland Dwarf di berbagai kota berbeda. Selain itu usia dan kualitas juga akan membedakan harganya. Secara umum berikut inilah harga Netherland Dwarf terbaru.

UsiaHarga
1 – 3 bulanRp. 150.000 – Rp. 350.000,-
3 – 6 bulanRp. 350.000 – Rp. 600.000,-
> 6 bulanRp. 600.000 – Rp. 2.500.000,-

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri bahwa kelinci Netherland Dwarf adalah jenis kelinci mini yang sangat imut dan menggemaskan. Siapapun bisa memelihara dan merawat kelinci ini meskipun Anda masih pemula yang baru saja memulai hobi merawat kelinci. Kuncinya adalah komitmen tinggi dalam perawatannya dan mau belajar.

close button