25 Obyek Wisata Bogor Paling Populer & Wajib Dikunjungi

Bogor adalah destinasi wisata favorit bagi penduduk Jabodetabek dan sekitarnya. Salah satu obyek wisata Bogor yang selalu menjadi favorit tujuan adalah Wisata Puncak Bogor. Pada akhir pekan, tempat ini selalu ramai dengan pengunjung yang rata-rata berasal dari daerah sekitar Bogor. Bogor juga dikenal memiliki banyak destinasi wisata terutama bernuansa alam yang memiliki udara sejuk dan segar.

Ikon wisata kota Bogor yang sangat dikenal adalah Taman Safari Indonesia Cisarua dan Kebun Raya Bogor yang bahkan sudah dikenal hingga mancanegara serta menjadi ikon wisata Jawa Barat. Apakah sobat saat ini sedang berencana menghabiskan waktu di Bogor dan mencari apa saja obyek wisata di Bogor yang sedang hits dan paling populer?

Dari ratusan obyek wisata yang ada di Bogor, pada artikel ini saya akan mengulas 25 obyek wisata Bogor yang paling populer dan bisa sobat gunakan sebagai referensi perjalanan.

*Info: Artikel ini berisi daftar dan ulasan yang panjang dengan waktu baca diatas 15 menit.

√ Daftar Isi Tutup

Kebun Raya Bogor

Obyek Wisata Bogor
Kebun Raya Bogor Jawa Barat (sumber gambar roba66 @flickr)

Kebun Raya Bogor tentu sudah sangat dikenal di Indonesia dan juga mancanegara. Tempat ini menjadi tujuan wisata favorit bagi siapa saja yang ingin melihat keindahan berbagai jenis tanaman yang menjadi koleksi Kebun Raya Bogor.

Tempat ini sangat cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga dengan tema piknik. Ada beberapa tempat di dalam Kebun Raya Bogor yang bisa sobat kunjungi, yaitu:

  1. Monumen Lady Raffles.
  2. Danau Gunting.
  3. Prasasti Reinwardt.
  4. Pekarangan Belakang Istana Bogor.
  5. Patung Tangan Tuhan.
  6. Patung The Little Mermaid Statue.
  7. Pemakaman Belanda Kuno.
  8. Tugu Teijsman.
  9. Laboratorium Treub.
  10. Wisma Tamu Nusa Indah.
  11. Museum Zoologi.
  12. Taman Meksiko.
  13. Jembatan Pemutus Cinta.
  14. Jalan Kenari II.
  15. Taman Astrid.
  16. Taman Lebak Soedjana Kassan.

Harga tiket masuk ke Kebun Raya Bogor saat ini adalah Rp. 15.000/orang. Berbagai fasilitas disini sudah sangat lengkap seperti restoran juga siap memenuhi kebutuhan perut sobat.

Peta lokasi menuju Kebun Raya Bogor

Kampung Budaya Sindang Barang

Obyek Wisata Bogor
Kampung Budaya Sindang Barang (kp-sindangbarang.com)

Kampung Budaya Sindang Barang adalah suatu kampung adat Sunda yang terletak di Desa Pasir Eurih Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor. Menurut sejarahnya Kampung Sindang Barang sudah ada sejak abad ke XII dan terpapar dalam Babad Pajajaran dan tertulis juga dalam pantun Bogor (sumber).

Kampung Budaya Sindang Barang terletak di Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Pasireurih, Bogor.

Karena sudah ada sejak abad ke 12, Kampung Budaya Sindang Barang saat ini adalah kampung tertua yang ada di wilayah Bogor. Kampung Budaya Sindang Barang merupakan kampung budaya yang bertujuan untuk melestarikan adat dan budaya Sunda.

Suasana alami pedesaan bisa sobat rasakan ketika mengunjungi tempat ini. Asri, sejuk dan sebagian besar masih tertata dengan alami. Jika sobat ingin merasakan wisata budaya, berkunjung ke Kampung Budaya Sindang Barang adalah pilihan yang tepat.

Berbagai suguhan kegiatan adat dan budaya Sunda ditampilkan secara rutin seperti Silat Cimande dan Tari Jaipong.

Informasi dan tips berkunjung ke Kampung Budaya Sindang Barang Bogor:

  1. Buka setiap hari hingga jam 17.00.
  2. Ada tiket masuk sebesar Rp. 25.000/orang (Senin – Sabtu) dan Rp. 35.000/orang (Minggu dan hari libur).
  3. Disarankan naik kendaraan pribadi atau ojek online karena sementara ini belum ada angkutan umum yang menuju daerah ini.
  4. Penggunaan kamera selain kamera ponsel atau smartphone akan dikenakan biaya tambahan. Jadi jika sobat membawa kamera DSLR atau Mirrorless Camera tentu akan terkena biaya tambahan sebesar Rp. 250.000 (perkecualian untuk rombongan dalam jumlah besar dan pada saat momen tertentu).

Peta lokasi menuju Kampung Budaya Sindang Barang

Curug 7 Cilember

Obyek Wisata Bogor
Curug 7 Cilember Bogor (Instagram @ananto_n)

Curug Cilember atau nama lainnya Curug 7 Cilember adalah obyek wisata di Bogor yang harus sobat kunjungi jika mencari tempat yang segar dan air yang dingin. Dikelilingi hutan yang rindang, sejuk dan asri, Curug Cilember memiliki 7 buah air terjun (curug) sehingga memiliki nama lain Curug 7 Cilember.

Curug Cilember terletak di perbukitan Hambalang Kecamatan Cisarua Bogor. Sobat bisa melakukan berbagai aktifitas bersama keluarga atau rekan-rekan seperti merasakan dinginnya air curug sambil berenang, berendam atau merasakan airnya jatuh dari atas, naik sepeda gantung, bermain flying fox, serta kegiatan lain seperti berkemah dan aneka kegiatan permainan berkonsep alam lainnya seperti outbond.

Memiliki 7 curug yang berbeda dan berada dalam 1 lokasi namun jaraknya terpisah beberapa meter saja. Yang paling ramai dikunjungi adalah curug ke 7 yang memang posisi berada paling bawah sehingga mudah dijangkau.

Jika sobat ingin menginap di kawasan Curug Cilember namun tidak ingin berkemah, tenang saja disini sudah ada beberapa vila yang bisa disewa. Bahkan sobat juga bisa mengadakan pertemuan karena disini juga sudah ada aula yang cukup besar untuk mengadakan pertemuan atau rapat.

Tentu saja fasilitas seperti ini cocok bagi instansi atau mungkin sekolah-sekolah yang ingin mengadakan kegiatan dan acara berkonsep alam yang memerlukan tempat khusus untuk mengadakan pertemuan.

Tips dan informasi berkunjung ke Curug Cilember:

  1. Harga tiket masuk adalah Rp. 25.000/orang (wisatawan lokal) dan Rp. 70.000/orang untuk turis asing.
  2. Jika berkemah dikenakan biaya tambahan Rp. 30.000.
  3. Tiket Flying Fox Rp. 25.000/orang dan Rp. 50.000/orang khusus turis asing.
  4. Pengelola juga menyewakan tenda kemah mulai harga Rp. 180.000 hingga Rp. 450.000 tergantung ukuran dan aksesori tambahan seperti matras dan sleeping bag.

Peta lokasi menuju Curug Cilember

Kebun Teh Gunung Mas Puncak

Obyek Wisata Bogor
Kebun Teh Gunung Mas (Instagram @febiesamatha)

Berada di ketinggian kurang lebih 1200 meter diatas permukaan laut, Kebun Teh Gunung Mas Puncak atau Agrowisata Gunung Mas adalah obyek wisata Bogor yang harus sobat kunjungi.

Area yang sangat luas dengan pemandangan hijau membentang, udara dingin dan segar serta berbagai fasilitas pendukungnya sangat ideal untuk dijadikan tujuan wisata sobat sekalian.

Selain menikmati hamparan tanaman teh, sobat bisa melakukan banyak kegiatan bernuansa alam lainnya seperti outbond, belajar dan melihat pengolahan teh, menunggang kuda mengelilingi kebun teh, tea walk, naik ATV, offroad, berenang, berkemah, naik gantole dan lain-lain.

Tips dan informasi berkunjung ke Kebun Teh Gunung Mas Puncak:

  1. Tiket masuk Rp. 15.500/orang gratis sebungkus teh.
  2. Tea walk dikenakan biaya tergantung rute yang diambil dan akan ditemani oleh pemandu: 4 km (Rp20.000), 6 km (Rp25.000), 8 km (Rp30.000), dan 10 km (Rp35.000).
  3. Sewa ATV adalah Rp. 100.000/jam untuk 4 orang.
  4. Masuk kolam renang Rp. 5000/orang.
  5. Pengelola menyewakan tenda untuk camping.
  6. Jika ingin menginap tanpa camping, bisa bermalam di penginapan yang disewakan pengelola mulai harga Rp.400.000/malam.
  7. Tiket naik gantole Rp. 350.000 + pemandu.
  8. Jangan lupa membeli oleh-oleh teh dan madu.

Peta lokasi menuju Kebun Teh Gunung Mas

Taman Safari Indonesia Cisarua

Obyek Wisata Bogor
Taman Safari Indonesia Cisarua (Emille Ilmansyah @flickr)

Taman Safari Indonesia Cisarua adalah salah satu ikon wisata yang ada di Bogor dan sangat wajib sobat kunjungi. Tidak hanya sekedar melihat berbagai jenis binatang, banyak sekali aktifitas menarik yang bisa dilakukan disini serta berbagai pilihan wahana wisata yang sangat menantang.

Tips dan informasi berkunjung ke Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor:

  1. Harga tiket masuk Rp. 210.000/orang untuk anak usia dibawah 6 tahun dan Rp. 230.000/orang diatas usia 6 tahun.
  2. Rute menuju Taman Safari Indonesia Cisarua dikenal daerah yang selalu macet dan padat terutama ketika liburan, jadi pilih waktu yang tepat untuk berkunjung.
  3. Pastikan membawa baju ganti dan perlengkapan untuk mengantisipasi andaikata hujan turun.
  4. Jangan buang tiket masuk sebelum meninggalkan lokasi karena sudah termasuk untuk parkir kendaraan.

Peta lokasi menuju ke Taman Safari Indonesia Cisarua

Little Venice Kota Bunga

Obyek Wisata Bogor
Little Venice Kota Bunga Bogor (Instagram @jimshoney_cipanas)

Jika sobat punya angan-angan berkunjung ke kota Venesia di Italia namun belum kesampaian wajib nih mengunjungi Little Venice Kota Bunga ini. Tempat ini dibuat seolah-olah menyerupai suasana kota Venesia dalam lingkup yang lebih kecil.

Selain itu karena masih berada di kawasan puncak Bogor, udaranya sejuk dan dingin sehingga menambah keasikan tersendiri. Sobat yang doyan foto-foto wajib berkunjung kesini karena Little Venice Kota Bunga memiliki banyak spot foto yang sangat Instagramable dan merupakan salah satu obyek wisata Bogor yang sangat populer.

Salah satu keseruan yang bisa sobat nikmati disini adalah naik Gondola mengelilingi Little Venice Kota Bunga sehingga benar-benar menyerupai keadaan di Venesia yang memang banyak Gondola.

Banyak juga wahana permainan air lainnya yang asik untuk dinikmati seperti sepeda air, perahu naga, kapal dan sebagainya.

Dan meski berkesan seolah menampilkan miniatur kota Venesia, disini juga masih ada miniatur bangunan-bangunan yang menjadi ikon negara lain seperti Menara Eiffel Paris dan Patung Merlion Singapura. Dan fasilitas disini juga sudah sangat lengkap ya sobat jadi tidak perlu khawatir kekurangan apapun.

Tips dan informasi berkunjung ke Little Venice Kota Bunga:

  1. Tiket masuk memiliki harga beragam, ada tiket terusan bisa masuk ke beberapa wahana. Harga tiket mulai Rp. 25.000.
  2. Untuk naik atau menikmati masing-masing wahana dikenakan tiket mulai harga Rp. 20.000.
  3. Senin – Jumat buka jam 09.00 sampai 17.00, Sabtu 08.30 – 17.00 dan Minggu 08.00 – 17.00.

Peta lokasi menuju Little Venice Kota Bunga

Floating Market Ah Poong Sentul

Obyek Wisata Bogor
Floating Market Ah Poong Sentul (tehkici @flickr)

Sesuai dengan namanya Floating Market Ah Poong Sentul adalah sebuah pasar atau tempat kuliner yang “mengambang” diatas air. Dengan konsep wisata pasar apung, para penjual disini memang benar-benar mengapung diatas perahu lho.

Floating Market Ah Poong Sentul menyajikan wisata belanja dan kuliner dengan gabungan berbagai wahana wisata yang sangat cocok dikunjungi oleh keluarga dan rekan-rekan.

Beberapa wahana wisata yang bisa dinikmati di Floating Market Ah Poong Sentul adalah:

  • Air Soft Gun (Shooting Target and War).
  • Archery (Arena Panahan).
  • Kuda Poni.
  • Pancing Ikan.
  • Pasir Kinetik.
  • Carosel.
  • Mobil Rides.
  • Perahu Sampan.
  • Bola Air.
  • Bumper Boat.
  • Amphitheater.
  • Eco Art Park.

Tips dan informasi berkunjung ke Floating Market Ah Poong:

  1. Masuk lokasi gratis.
  2. Semua transaksi disini menggunakan kartu khusus yang harus isi saldo. Pengisian saldo bebas dan jika masih ada sisa saldo bisa dikembalikan.
  3. Fasilitas lengkap seperti tempat sholat, toilet dan  ATM.

Peta lokasi menuju Floating Market Ah Poong

Taman Bunga Nusantara

Obyek Wisata Bogor
Taman Bunga Nusantara (deshi yin @flickr)

Sebuah taman bunga seluas 35 hektar, Taman Bunga Nusantara menyajikan sebuah taman dengan berbagai jenis bunga yang tertata dengan cantik.

Tempat ini cocok bagi sobat yang ingin menikmati suguhan wisata alam sambil belajar dan bermain mengajak keluarga. Bunga yang warna-warni serta hamparan rumput hijau yang menyegarkan tentu sangat bagus untuk mencuci mata kita.

Beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di Taman Bunga Nusantara adalah seperti Maze Garden (taman labirin), menikmati taman bernuansa seperti di Jepang (Taman Jepang), Taman Mawar, Rumah Kaca, dan beberapa wahana permainan anak-anak seperti kincir air, komidi putar, dan naik go kart.

Tips dan informasi berkunjung ke Taman Bunga Nusantara:

  1. Harga tiket masuk Rp. 40.000/orang.
  2. Jika ingin menikmati seluruh taman tanpa berjalan kaki, sobat bisa naik Dotto Train atau Garden Tram dengan biaya Rp. 50.000/orang. Pilihan lebih murah adalah naik Mobil Wara-wiri dengan biaya Rp. 5000/orang.

Peta lokasi menuju ke Taman Bunga Nusantara

Taman Wisata Matahari

Obyek Wisata Bogor
Taman Wisata Matahari (gotravelly)

Taman Wisata Matahari atau TWM Park adalah tempat rekreasi keluarga terbesar dan terlengkap di kawasan Puncak, Bogor. Didirikan tahun 2007, Taman Wisata Matahari mengusung konsep Recreation and Education Park dilengkapi berbagai wahana, mulai dari Wahana Wisata Air, Wahana Permainan, Wahana Petualangan dan Wahana Wisata Edukasi. Taman Matahari memang bukan sekedar tempat rekreasi biasa.

Taman Wisata Matahari merupakan sebuah tempat rekreasi terpadu yang berfungsi pula sebagai obyek wisata edukasi berwawasan lingkungan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kepedulian anak-anak terhadap lingkungan di sekitarnya.

Beberapa kegiatan menarik yang bisa sobat lakukan disini adalah:

  • Waterpark.
  • Waterplay.
  • Waterball.
  • Paddle Boat.
  • Perahu Naga.
  • Perahu Motor.
  • Perahu Karet.
  • Terapi Ikan.
  • Fantasy Land.
  • Dino Park.
  • Citra Land.
  • Trampolin Park.
  • Flying Fox.
  • Paint Ball.
  • Motor ATV.
  • Gocart.
  • Agro Sawah.
  • Agro Sayur.
  • Wisata Pesawat Terbang.
  • Outbound.

Fasilitas yang tersedia juga sudah sangat lengkap restoran, ATM, tempat parkir, toilet, tempat ibadah, aula, saung, dan gazebo.

Tips dan informasi berkunjung ke Taman Wisata Matahari:

  1. Senin – Jumat buka mulai jam 09.00 sampai 16.00 dan untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional jam 09.00 sampai 17.00.
  2. Tiket masuk Rp. 60.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 150.000 untuk turis asing (sumber).

Peta lokasi menuju Taman Wisata Matahari

The Jungle Water Adventure

Obyek Wisata Bogor
The Jungle Water Adventure (thejungleadventure.com)

Salah satu obyek wisata Bogor berkonsep taman rekreasi air, The Jungle Water Adventure menawarkan berbagai wahana wisata yang melibatkan air. Banyak pilihan wahana wisata disini seperti:

  • Kiddy Pool (kolam renang anak).
  • Racer Slide.
  • Spiral Slide.
  • Tube Slide.
  • Fountain Futsal.
  • Lazy River.
  • Sinema 4D.
  • Rumah Hantu.
  • Bird Park.
  • Dry Park.

Untuk fasilitas disini sangat lengkap ya sobat. Area parkir luas, tempat sholat, P3K, loker, toilet, kamar mandi bilas dan food court.

Tips dan informasi berkunjung ke The Jungle Water Adventure Bogor:

  1. Harga tiket disini cukup menarik karena banyak sekali even promo potongan harga tiket. Harga tiket mulai Rp. 55.000/orang dan juga ada tiket terusan mulai harga Rp. 100.000/orang.
  2. Yang pasti siapkan baju ganti dan perlengkapan untuk mengantisipasi seandainya turun hujan.

Peta lokasi menuju The Jungle Water Adventure Bogor

Devoyage Bogor

Obyek Wisata Bogor
Devoyage Bogor (devoyagebogor.com)

Devoyage Bogor atau Kampung Eropa adalah sebuah obyek wisata Bogor yang menyajikan konsep kawasan yang berbau Eropa. Disini tersaji berbagai miniatur bangunan-bangunan yang menjadi ikon negara-negara seperti Eiffel Tower Prancis, rumah kincir angin Belanda (windmill), Manneken Pis Belgia, Red Phone Box Inggris dan Big Ben London Selain itu banyak juga pilihan wahana wisata dan kuliner yang asik seperti:

  • Venetian Cano.
  • House Of Games.
  • Playground.
  • Coffee Table.
  • Street Food.
  • Eatery House.
  • Gelato Ice Cream.
  • Gold Chicken.

Dan yang pasti hampir semua sudut disini sangat Instagramable cocok bagi sobat-sobat sekalian yang gemar foto-foto dan kemudian eksis di media sosial.

Tips dan informasi berkunjung ke Devoyage Bogor:

  1. Jam operasional Senin – Kamis 09.00 sampai 18.00 sedangkan untuk Sabtu, Minggu dan hari libur 09.00 sampai 20.00.
  2. Harga tiket masuk adalah Rp. 30.000 / orang (Senin – Kamis) dan Rp. 40.000 / orang (Sabtu, Minggu dan hari libur nasional). Anak-anak dibawah dua tahun gratis dan khusus untuk lansia dan anggota TNI/POLRI ada diskon khusus.

Peta lokasi menuju Devoyage Bogor

Wisata Bukit Bintang (WBB)

Obyek Wisata Bogor
Wisata Bukit Bintang (Instagram @khetykeket)

Jika di Bandung punya Bukit Bintang, Bogor juga tidak ketinggalan punya destinasi wisata berkonsep sama dengan nama yang juga sama yaitu Wisata Bukit Bintang atau sebagian orang di Bogor menyebutnya WBB. Pengunjungnya didominasi oleh kaum muda yang mencari tempat untuk foto-foto yang Instagramable.

Udara disini sangat sejuk, suasanya tenang dan asri sangat cocok bagi sobat yang ingin mencari kesegaran dan melihat pemandangan yang cukup mempesona.

Beberapa rumah pohon atau gardu pandang berwarna-warni dan memiliki bentuk yang berbeda-beda seperti bentuk love/cinta sehingga dinamakan jembatan cinta, ada yang yang berbentuk bunga matahari serta ada pula miniatur Menara Eiffel adalah beberapa spot paling pas untuk berfoto-foto.

Tips dan informasi berkunjung ke Wisata Bukit Bintang Bogor:

  1. Tiket masuk Rp. 5000 / orang.
  2. Menggunakan atau masuk rumah pohon / gardu pandang masih dikenakan biaya Rp. 5000.
  3. Parkir motor Rp. 3000.
  4. Jangan lupa bawa perlengkapan untuk mengantisipasi hujan turun.

Peta lokasi menuju Wisata Bukit Bintang Bogor

The Ranch Cisarua

Obyek Wisata Bogor
The Ranch Cisarua Bogor (Instagram @theranchcisarua)

The Ranch Cisarua adalah satu obyek wisata Bogor yang memiliki konsep sama dengan salah satu obyek wisata di Bandung yaitu De’ Ranch Lembang. Jika De’ Ranch Lembang menawarkan konsep wisata berkuda jaman koboi, The Ranch Cisarua menawarkan konsep kehidupan jaman Robin Hood.

Banyak aktifitas menyenangkan yang bisa sobat lakukan di The Ranch Cisarua selain berkuda. Berbagai aktifitas tersebut adalah:

  • Memanah.
  • Bersepeda.
  • Bermain trampolin.
  • Naik delman.
  • Wahana balon air.
  • Memberi makan domba, sapi dan kelinci.

Dan yang pasti banyak spot untuk foto-foto yang menarik serta siap untuk diunggah ke media sosial. Fasilitas juga sudah sangat lengkap seperti parkir yang luas, toilet, tempat sholat dan juga restoran yang menyajikan berbagai kuliner yang top.

Tips dan informasi berkunjung ke The Ranch Cisarua Bogor:

  1. Jam operasional 09.00 – 21.00 (Senin sampai Jumat) dan 08.00 – 21.00 (Sabtu dan Minggu)
  2. Tiket masuk Rp. 20.000/orang.
  3. Bawa perlengkapan untuk mengantisipasi seandainya hujan turun.

Peta lokasi menuju The Ranch Cisarua Bogor

Hutan Pinus Gunung Pancar

Obyek Wisata Bogor
Hutan Pinus Gunung Pancar (Instagram @penikmat_wisata)

Jangan membayangkan sebuah hutan pinus yang monoton isinya hanya pohon pinus saja ketika mendengar nama salah satu obyek wisata Bogor ini. Hutan Pinus Gunung Pancar adalah salah satu tempat paling populer untuk dikunjungi di Bogor. Selain merasakan segarnya udara disini, banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan.

Salah satu kegiatan utama tentu saja adalah berfoto-foto di berbagai spot yang sangat cantik. Bahkan saking cantiknya kawasan ini sering dijadikan kegiatan foto-foto prewedding.

Sobat juga bisa tiduran dan bersantai di hammock, melakukan kegiatan outbond, berkemah dan menikmati pemandian air panas. Fasilitas standar seperti toilet, tempat sholat dan parkir sudah tersedia disini.

Tips dan informasi berkunjung ke Hutan Pinus Gunung Pancar Bogor:

  1. Pengelola menyediakan persewaan tenda untuk berkemah.
  2. Tiket pemandian air panas adalah Rp. 25.000/orang.
  3. Tiket masuk kawasan Hutan Pinus Gunung Pancar adalah Rp. 5000/orang (Senin – Jumat) dan Rp. 7500/orang (Sabtu dan Minggu).
  4. Parkir motor Rp. 5000 dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Peta lokasi menuju Hutan Pinus Gunung Pancar Bogor

Villa Khayangan

Obyek Wisata Bogor
Villa Khayangan Bogor (Instagram @villa_khayangan_bogor)

Villa Khayangan Sukamakmur Jonggol adalah salah satu obyek wisata Bogor yang menyajikan kesejukan alam yang segar dan berbagai tempat yang sangat Instagramable. Berada di ketinggian dan memiliki latar belakang pemandangan gunung tentu saja menjadi salah satu nilai plus tempat ini sebagai tujuan wisata terutama untuk foto-foto.

Jika sobat berkunjung kesini tidak harus menginap di villa. Sobat bisa menikmati beberapa fasilitas wisata seperti kolam renang dengan tiket masuk Rp. 15.000/orang dan Rp. 30.000/orang khusus Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

Peta lokasi menuju Villa Khayangan Sukamakmur Bogor

Taman Buah Mekarsari

Obyek Wisata Bogor
Taman Buah Mekarsari (mekarsari.com)

Taman Buah Mekarsari terletak di Kecamatan Cileungsi, Bogor adalah sebuah taman seluas 264 hektar yang menyajikan berbagai jenis buah tropis dan juga beberapa wahana wisata bagi keluarga. Tempat ini adalah salah satu obyek wisata Bogor yang sangat populer serta menjadi salah satu ikon wisata andalan di Jawa Barat.

Taman Buah Mekarsari banyak digunakan sebagai tempat wisata keluarga, acara-acara besar berbagai sekolah dan instansi, dan outbond. Sajian utamanya tentu saja bertemakan semua tentang buah.

Sobat tidak hanya sekedar melihat-lihat buah saja disini. Kita bisa belajar menaman beberapa jenis buah mulai dari proses persemaian. Selain itu banyak kegiatan lain bernuansa alam seperti memancing, petik buah dan sebagainya.

Berbagai wahana wisata dan permainan juga ada disini. Berenang, sepeda air, perahu naga, kano, angsa air, Aqua Bike, Banana Boat, Water Kingdom, Lazy River, Boomerang Slide, Flying Fox, Paintball dan rumah pohon. Untuk fasilitas sudah pasti lengkap ya sobat. Jadi tidak perlu khawatir memenuhi segala kebutuhan ketika sudah berada di dalam lokasi.

Tips dan informasi berkunjung ke Taman Buah Mekarsari Bogor:

  1. Buka setiap hari mulai 10.00 – 16.30 (Senin sampai Jumat) dan 09.00 – 16.30 khusus Jumat, Sabtu dan hari libur nasional.
  2. Tiket masuk Rp. 50.000/orang.
  3. Sistem pembayaran di dalam lokasi menggunakan kartu transaksi khusus yang saldonya bisa di isi sendiri di lokasi.
  4. Masuk dan bermain di masing-masing wahana akan dikenakan tiket khusus mulai harga Rp. 15.000.
  5. Pastikan kondisi tubuh fit agar bisa leluasa beraktifitas disini.
  6. Bawa perlengkapan untuk mengantisipasi hujan.

Peta lokasi menuju Taman Buah Mekarsari Bogor

Curug Ciherang

Obyek Wisata Bogor
Kolam renang di kawasan Curug Ciherang (Instagram @curug_ciherang)

Curug Ciherang terletak di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Curug Ciherang adalah salah satu obyek wisata Bogor yang paling populer dan terfavorit. Disini sobat tidak hanya akan melihat dan menikmati air terjun saja.

Ada beberapa hal menarik yang tersaji disini seperti rumah pohonnya yang sudah sangat ikonis. Sebenarnya bukan rumah pohonnya yang menjadi favorit namun jembatan menggantung berwarna-warni yang sangat Instagramable.

Ada juga kolam renang yang berada di tebing sehingga sobat bisa berenang dan melihat pemandangan hijau yang membentang luas. Jadi disini sobat bisa menikmati dingin dan segarnya air terjun serta kolam renang dengan hiasan replika sebuah kapal yang berada di pinggir kolam renang. Dan yang pasti tempat ini selalu padat ketika akhir pekan dan liburan.

Tips dan informasi berkunjung ke Curug Ciherang Bogor:

  1. Buka setiap hari mulai jam 07.00 sampai 18.00.
  2. Tiket masuk Curug Ciherang adalah Rp. 20.000/orang.
  3. Masuk kolam renang Rp.35.000/orang.
  4. Fasilitas sudah sangat lengkap seperti toilet, tempat sholat, parkir memadai dan warung makan.
  5. Kalau mau menikmati saat Curug Ciherang yang tenang, jangan datang ketika akhir pekan atau liburan.
  6. Jangan lupa bawa baju ganti dan perlengkapan seperti payung atau mantel hujan.

Peta lokasi menuju Curug Ciherang Bogor

Curug Bidadari Sentul Paradise

Obyek Wisata Bogor
Curug Bidadari Bogor (Anjar Wisnubroto @flickr)

Terletak di kawasan wisata terpadu Sentul Paradise Park, Curug Bidadari adalah salah satu obyek wisata Bogor yang menjadi favorit untuk dikunjungi.

Awalnya air terjun ini masih alami dan belum ada kolam renang buatan dibawah air terjunnya. Namun setelah dalam pengelolaan pihak Sentul Paradise Park, mulailah bagian bawah air terjun dibuatkan kolam renang buatan.

Udara di kawasan ini juga masih terasa cukup dingin dan segar. Dan airnya juga terasa sangat dingin dan segar. Kawasan ini ditata dengan sentuhan yang cukup baik dan banyak spot yang sangat Instagramable.

Fasilitas disini juga sudah sangat lengkap mulai dari area parkir yang sangat memadai, toilet, tempat sholat dan banyak pilihan tempat makan. Curug Bidadari Bogor adalah destinasi wisata di Bogor yang harus sobat pertimbangkan untuk dikunjungi ya.

Tips dan informasi berkunjung ke Curug Bidadari Sentul Paradise Bogor:

  1. Tiket masuk Rp. 40.000/orang.
  2. Parkir mobil Rp. 10.000.
  3. Bersantai di saung/gazebo dikenakan tarif sewa Rp. 60.000/2 jam.
  4. Tarif sewa pelampung mulai Rp. 15.000.
  5. Sediakan dana yang cukup ketika mengunjungi tempat ini. Bagi sebagian orang harga-harga disini bisa dikatakan mahal dan diluar jangkauan.

Peta lokasi menuju Curug Bidadari Sentul Paradise Bogor

Bukit Cinta Bogor

Obyek Wisata Bogor
Bukit Cinta Bogor (bersapedahan.wordpress.com)

Obyek wisata berkonsep pinggiran bukit dan memiliki spot foto sepertinya saat ini populer dan digandrungi. Salah satu obyek wisata Bogor yang memiliki konsep ini adalah Bukit Cinta yang berada di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Dan para pengunjung yang “merajai” tempat ini sudah dipastikan adalah pasangan muda-mudi yang mencari tempat untuk foto-foto dan kemudian diunggah ke media sosial,

Memiliki beberapa gardu pandang dengan bentuk hati dipadukan dengan pemandangan hutan yang hijau menghampar serta udara yang sejuk dan dingin tentu adalah perpaduan yang akan membuat sobat tergoda. Namun perlu diketahui bahwa akses jalan menuju Bukit Cinta Bogor ini masih sangat ekstrim dan curam ya sobat.

Tips dan informasi berkunjung ke Bukit Cinta Bogor:

  1. Tiket masuk Rp. 5000/orang.
  2. Jangan lupa bawa perlengkapan seandainya hujan turun.

Peta lokasi menuju Bukit Cinta Bogor

Ranggon Hills

Obyek Wisata Bogor
Ranggon Hills Bogor (Instagram @jisufusuji34)

Ranggon Hills terletak di Gunung Picung, Pamijahan, Bogor. Sama seperti beberapa obyek wisata Bogor berkonsep pemandangan dari bukit dengan gardu pandang berbentuk unik yang sudah disebutkan diatas. Ranggon Hills juga menjadi salah satu tempat kunjungan favorit bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya.

Namun yang membedakan di Ranggon Hills adalah pilihan gardu pandang yang berbentuk lebih variatif serta beberapa fasilitas tambahan yang lebih banyak seperti adanya rumah pohon, ayunan maut, karpet Aladdin, balon udara dan lainnya.

Pemandangan dan bentuk-bentuk gardu pandangnya yang unik dan menarik sangat cocok dijadikan tempat bersantai menikmati pemandangan hutan serta merasakan kesegaran dan dinginnya udara. Dan yang pasti sangat cocok bagi sobat yang gemar foto-foto.

Informasi dan tips berkunjung ke Ranggon Hills Bogor:

  1. Jangan lupa bawa perlengkapan untuk mengantisipasi jika hujan turun.
  2. Tiket masuk Rp. 10.000/orang.
  3. Beberapa gardu pandang ada yang berbayar dan sebagian besar diantaranya gratis. Yang berbayar adalah Sepeda Layang, Karpet Aladdin dan Balon Udara.
  4. Buka setiap hari mulai jam 07.00 – 17.00.
  5. Jika ingin menginap di kawasan ini bisa menginap di vila-vila yang disewakan.

Peta lokasi menuju Ranggon Hills Bogor

Kampung Salaka Bogor

Obyek Wisata Bogor
Kampung Salaka Bogor (Instagram @bogorkotahijau)

Terletak di Desa Salaka yang berada di kaki Gunung Salak, Kampung Salaka adalah salah satu obyek wisata Bogor yang menyajikan pesona warna-warninya dengan berbagai spot foto yang Instagenic.

Karena masih berada di kaki Gunung Salak, hawa di Kampung Salaka dingin dan segar. Sobat bisa bersantai dan menikmati kuliner sembari melihat pemandangan dari atas bukit.

Tips dan informasi berkunjung ke Kampung Salaka Bogor:

  1. Fasilitas sudah lengkap seperti toilet, tempat sholat, area parkir luas dan kuliner.
  2. Buka setiap hari jam 07.00 – 22.00.
  3. Tiket masuk Rp. 10.000/orang.
  4. Beberapa tempat foto masih dikenakan biaya masuk Rp. 5000/orang.
  5. Datang malam hari lebih disarankan karena gemerlap lampu yang warna-warni mempercantik penampilan lokasi ini.

Peta lokasi menuju Kampung Salaka Bogor

Marcopolo Water Adventure

Obyek Wisata Bogor
Marcopolo Water Adventure Bogor (Instagram @arfansutiyono)

Marcopolo Water Adventure adalah salah satu obyek wisata Bogor yang sudah berusia cukup “tua” dan masih menjadi tempat wisata favorit dan populer hingga saat ini. Berdiri sejak tahun 1998, Marcopolo Water Adventure memiliki banyak ukuran kolam renang dengan berbagai tingkat kedalaman yang berbeda.

Kolam renangnya pun tidak monoton hanya sekedar kolam renang. Ada berbagai jenis kolam renang seperti:

  • Water Boom.
  • Whirpool (kolam air panas).
  • Kolam renang anak.
  • Kolam renang dewasa.
  • Kolam renang khusus balita.
  • Kolam gurita.
  • Kolam arus.
  • Kolam ember tumpah.

Banyaknya pilihan diatas tentu saja membuat tempat ini sangat asik dikunjungi bersama keluarga dan rekan-rekan.

Tips dan informasi berkunjung ke Marcopolo Water Adventure Bogor:

  1. Harga tiket masuk adalah: Senin – Jumat Rp. 60.000/orang, Sabtu – Minggu Rp. 85.000 dan khusus untuk hari libur Lebaran, Natal dan tahun baru Rp 90.000.
  2. Fasilitas sangat lengkap seperti toilet, kamar mandi bilas, loker, tempat sholat dan area parkir luas.
  3. Rute perjalanan menuju Marcopolo Waterpark adalah rute yang selalu macet. Jadi persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi perjalanan menuju kesini.

Peta lokasi menuju Marcopolo Water Adventure Bogor

Wonderful Citamiang / Bumi Perkemahan Citamiang

Obyek Wisata Bogor
Wonderful Citamiang Bogor (Traveloka)

Wonderful Citamiang terletak dibawah Kebun Teh Gunung Mas Bogor. Sebuah obyek wisata di Bogor yang menyajikan area berkemah dengan konsep kekinian. Disini tenda berwarna-warni sudah berdiri dan siap disewakan dengan harga bervariatif sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Sobat juga bisa berkemah dengan membawa tenda sendiri.

Bumi Perkemahan Citamiang dikelilingi oleh hutan pinus dan sungai yang sangat jernih airnya plus udara disini segar dan dingin. Ada juga jalur khusus untuk trekking dengan jalur yang cukup menantang. Saat terbaik mengunjungi Bumi Perkemahan Citamiang tentu saja selama 24 jam dan sobat disarankan harus menginap disini.

Tips dan informasi berkunjung ke Bumi Perkemahan Citamiang Bogor:

  1. Jalur menuju lokasi Bumi Perkemahan Citamiang cukup sempit dan tidak ada penanda lokasi.
  2. Menyewa tenda yang sudah tersedia disini Rp. 50.000/tenda.
  3. Jika penginapan atau tenda tidak penuh, sobat bisa langsung datang tanpa booking terlebih dahulu.
  4. Harga sewa homestay mulai Rp. 350.000.
  5. Fasilitas sangat lengkap termasuk free WIFI dan beberapa fasilitas standar seperti toilet, kamar mandi, tempat sholat, area parkir yang luas.

Peta lokasi menuju Bumi Perkemahan Citamiang Bogor

Curug Leuwi Hejo

Obyek Wisata Bogor
Curug Leuwi Hejo (Instagram @tengkiyu_66)

Curug Leuwi Hejo terletak di desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Air disini berwarna kebiruan meski namanya Hejo yang berarti hijau. Dengan warna air yang kebiruan membuat tempat ini terlihat cantik plus airnya yang sangat dingin dan segar

Namun untuk menuju kawasan ini dibutuhkan perjuangan yang sangat menantang ya sobat. Jalan setapak plus licin jika terkena hujan adalah beberapa diantara tantangannya. Dari tempat kita parkir kendaraan, perjalanan menuju lokasi ini akan berjalan kurang lebih 20-30 menitan dengan berjalan kaki.

Di lokasi wisata Leuwi Hejo juga masih terdapat empat curug lain yang jaraknya tidak jauh dari Curug Leuwi Hejo. Curug-curug tersebut adalah Curug Baliung, Curug Leuwi Ciung, Curug Leuwi Liek dan Curug Leuwi Cepet. Jarak tempuh antar curug kurang lebih membutuhkan waktu 10-15 menit berjalan kaki.

Tips dan informasi berkunjung ke Curug Leuwi Hejo:

  1. Untuk masuk ke masing-masing curug dikenakan tarif berbeda. Harga mulai Rp. 15.000/orang.
  2. Parkir motor Rp. 10.000 dan Rp. 15.000 untuk mobil (mahal).
  3. Ada beberapa warung-warung di beberapa lokasi curug.

Peta lokasi menuju Curug Leuwi Hejo

Puncak Mustika Manik

Obyek Wisata Bogor
Puncak Mustika Manik (Instagram @javascenery)

Puncak Mustika Manik terletak di Gunung Picung, Gunungsari, Pamijahan, Bogor. Obyek wisata Bogor berkonsep gardu pandang dengan bentuk yang bermacam-macam untuk melihat pemandangan hutan yang ada dibawahnya.

Disini tersedia kurang lebih 14 spot foto yang Instagenic. Bisa dikatakan para pengunjung kesini mayoritas adalah berburu spot foto yang unik dan menarik kemudian diunggah ke media sosial.

Jika akhir pekan atau hari liburan tempat ini selalu padat pengunjung dan sobat harus siap antri jika ingin berfoto-foto di tempat yang sudah disediakan. Puncak Mustika Manik bisa menjadi pilihan sobat untuk menikmati pemandangan disertai udara yang segar dan tentu saja mengabadikan keindahannya dengan berfoto.

Informasi dan tips berkunjung ke Puncak Mustika Manik Bogor:

  1. Tiket masuk Rp. 15.000/orang.
  2. Khusus spot sepeda gantung dan gantole masih akan dikenakan biaya tiket tambahan Rp. 10.000/orang.
  3. Disini juga ada jasa foto. Jika sobat tidak puas dengan hasil bidikan ponsel, bisa menggunakan jasa foto ini untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus. Untuk biaya menurut informasi terakhir adalah seikhlasnya.

Peta lokasi menuju Puncak Mustika Manik Bogor

Bagikan di: