Mengatasi Cloudflare Error 520, 521, 522 dan Semacamnya

Posted on

Pengguna layanan CDN gratis Cloudflare terutama yang gratis pada beberapa waktu pernah atau sering mengalami Cloudflare Error 520 dan semacamnya. Artikel ini akan mencoba membantu memecahkan dan mengatasi Cloudflare error tersebut.

Penyebab Cloudflare error 521 dan seterusnya bisa disebabkan oleh berbagai hal. Error ini yang pasti dikarenakan Cloudflare gagal tersambung dengan hosting website Anda.

Kita akan mencoba memberikan beberapa solusi yang diharapkan mampu memberikan jalan keluar bagi Anda yang sedang mengalami kendala dengan Cloudflare ini.

Solusi Mengatasi Cloudflare Error

Mengatasi Cloudflare Error
Cloudflare Error 522

Cek Hosting

Ketika website tiba-tiba mengalami Cloudflare error 52*, “tersangka” utama yang bisa kita cek adalah hosting. Silahkan Anda login ke panel hosting Anda untuk memastikan apakah memang hosting sedang down atau tidak. Jika Anda bisa login ke panel, maka kemungkinan besar hosting Anda tidak ada masalah.

Mengganti Nameservers

Setelah dipastikan hosting aman, Anda bisa mencoba langsung mengganti namerservers domain Anda ke nameservers default yang diberikan pihak hosting. Tunggu beberapa saat untuk propagansi. Jika Anda berhasil mengakses website setelah penggantian nameservers ini, maka masalah ada di Cloudflare yang gagal tersambung dengan hosting.

Penyebab Masalah

Masalah Cloudflare error 52* ini kerap terjadi pada kasus berikut ini:

1. Menggunakan shared hosting dengan konfigurasi server yang belum memadai.

2. Cloudflare saat ini (ketika artikel ini saya tulis) sedang mengalami masalah dengan beberapa provider internet di Indonesia. Contohnya adalah Telkom. Banyak webmaster melaporkan jika website mereka yang menggunakan Cloudflare sulit diakses oleh pengunjung yang menggunakan Telkom.

3. Security hosting yang sangat tinggi. Beberapa hosting menerapkan sistem firewall (anti ddos) yang tinggi. Karena Cloudflare terus-terusan “memanggil” hosting, sistem keamanan hosting menganggap hal tersebut sebuah upaya serangan ddos dan otomatis memblokir IP Cloudflare.

4. Proses timeout hosting terlalu minim (dibawah 300 detik) yang menyebabkan Cloudflare gagal mengontak hosting dan hasilnya timeout.

5. Lalu lintas jaringan Cloudflare yang sangat padat (terutama versi gratis).

Penyelesaian Masalah

Jika website WordPress Anda sering mengalami Cloudflare error, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengatasi Cloudflare error tersebut.

1. Jika Anda pengguna hosting dengan lokasi server di Indonesia, disarankan mematikan penggunaan Cloudflare. Atau pilihan lain adalah tetap menggunakan Cloudflare namun hanya DNS mereka (DNS only) dengan cara mematikan proxy Cloudflare yaitu merubah warna awan oranye ke abu-abu.

Mengatasi Cloudflare Error
Mode DNS only di Cloudflare

DNS Cloudflare dikenal sangat cepat sehingga masih tetap memberikan keuntungan jika Anda hanya menggunakan mode DNS only. Namun fitur CDN dan security tidak berjalan.

2. Jika Anda bersikeras masih ingin menggunakan Cloudflare untuk memanfaatkan fitur CDN dan firewall, matikan proxy Cloudflare pada layanan selain www dan domain utama. Hal ini juga bermanfaat bagi Anda yang menggunakan hosting server diluar Indonesia dan ingin tetap menggunakan servis Cloudflare.

Mengatasi Cloudflare Error
Cloudflare memproxy semua konten yang terdeteksi di hosting

Lihat gambar diatas, pada gambar terlihat bahwa Cloudflare memproxy konten lain selain domain utama dan www seperti FTP, mail, webmail dan lainnya. Matikan semuanya dan gunakan hanya pada domain utama dan www. saja.

Mengatasi Cloudflare Error
Aktifkan Proxy Cloudflare pada konten utama

Dengan konfigurasi diatas, akan memperkecil peluang terjadinya Cloudflare error 52* dan kawan-kawannya.

3. Pindah menggunakan CDN lain selain Cloudflare. Banyak pilihan CDN gratisan selain Cloudflare yang bisa Anda gunakan untuk membantu kinerja website Anda. Beberapa pilihannya bisa Anda baca pada artikel berikut ini.

Baca juga: CDN Gratis Untuk WordPress, 100% Gratis!

Kesimpulan

Tidak bisa dibantah untuk saat ini CDN gratis Cloudflare adalah primadona utama karena fiturnya yang lebih lengkap dibandingkan CDN gratis lainnya. Apalagi Cloudflare juga sudah memiliki POP atau server CDN di Cengkareng Indonesia.

Namun harus Anda ketahui juga bahwa meski Cloudflare memiliki POP di Indonesia, website kita tidak akan selalu mereka layani di server Indonesia milik Cloudflare. Jadi jika Anda menggunakan hosting server berlokasi di Indonesia, maka jika Anda menggunakan Cloudflare akan ada kemungkinan (besar) bahwa layanan CDN anda bisa saja “dilempar” ke server lain seperti US atau Singapura.

Setelah Anda membaca artikel ini, semoga Anda menemukan jalan keluar untuk mengatasi Cloudflare error 52* dan kawan-kawannya serta mendapatkan solusi alternatifnya. Semoga berhasil.