Cara Menggunakan Google Authenticator di WordPress

Cara Menggunakan Google Authenticator di Wordpress

Danusyakti.com – Sebagai salah satu platform populer untuk membangun website atau blog, WordPress menjadi sasaran empuk bagi para hacker. Deface, brute login, brute force attack dan sebagainya adalah beberapa hal yang harus diwaspadai oleh pemilik blog/web. Salah satu upaya untuk menangkal kegiatan brute force attack atau brute login ke web/blog WordPress, kita bisa menambahkan 2 layer keamanan agar bisa terhindar dari hal ini. Salah satu layer keamanan yang bisa kita terapkan adalah menggunakan Google Authenticator di halam login admin. Cara menggunakan Google Authenticator di WordPress mudah sekali.

Kawan-kawan memerlukan smartphone berbasis Android atau bisa juga iPhone untuk menggunakan Google Authenticator dan kemudian memasang plugin Google Authenticator di WordPress kawan-kawan sekalian. Berikut ini tutorial cara menggunakan Google Authenticator di WordPress.

#1. Di dalam wp-admin, silahkan menuju halaman Plugin dan silahkan mencari plugin Google Authenticator. Rekomendasi dari saya silahkan menginstall plugin Google Authenticator buatan Henrik Schack (jangan khawatir meski disitu sudah lam tidak di update dalam jangka waktu lama, Plugin masih berfungsi dengan sangat baik).

Cara menggunakan Google Authenticator di WordPress
Install Google Authenticator dari Henrik Schack

#2. Setelah itu beralih ke smartphone kawan-kawan, silahkan menginstall aplikasi Google Authenticator. Pada tutorial ini saya menggunakan Android, jadi silahkan menginstall dari Google Play Store (link).

#3. Silahkan buka aplikasi Google Authenticator ->lanjutkan dengan “begin” atau “mulai” dan akan muncul pilihan untuk menambahkan akun Google Authenticator.



#4. Kembali ke wp-admin WordPress. Buka halaman Users -> Your Profile

Cara Menggunakan Google Authenticator
Pilih Profil

#5. (1) Aktifkan  -> (2) kemudian isi deskripsi, isi saja dengan namawebkamu.com (3) -> Klik Show/Hide QR Code (perhatikan gambar dibawah ini):

Cara Menggunakan Google Authenticator
Cara Menggunakan Google Authenticator

#6. Setelah itu akan muncul Barcode (perhatikan gambar dibawah, barcode sengaja saya sembunyikan):

Cara Menggunakan Google Authenticator
Pastikan muncul barcode

#7. Buka aplikasi Google Authenticator dan pilih saja Scan a barcode

Cara Menggunakan Google Authenticator di WordPress
Pilih Scan a barcode

#8. Scan barcode yang tadi sudah dibuat. Dan nanti hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:

Cara Menggunakan Google Authenticator di WordPress
Google Authenticator akan melakukan generate kode untuk login

#9. Google Authenticator akan melakukan generate kode yang akan digunakan untuk login ke halaman wp-admin

Cara Menggunakan Google Authenticator di WordPress
Masukkan kode Google Authenticator

#10. Jika kode tidak cocok atau ada yang mencoba mengisi dengan kode asal-asalan maka dipastikan tidak akan bisa melakukan login meski username dan password sudah benar.




Plugin ini sangat membantu jika:

  • Web/blog WordPress kawan-kawan sering kena usil pada menu login
  • Siapa tahu username dan password kawan-kawan sudah bisa ditebak oleh hacker, bagaimanapun tetap dibutuhkan kode yang hanya bisa dihasilnya di aplikasi Google Authenticator yang sudah terinstall di smartphone kawan-kawan.
  • Mengamankan WordPress login dari brute force attack

Baca juga: Tutorial Meningkatkan Keamanan WordPress

Bagaimana sangat mudah bukan cara menggunakan Google Authenticator di WordPress. Masih banyak langkah antisipasi lain yang bisa diterapkan untuk mengamankan WordPress dari tangan-tangan usil yang akan mencoba membobol akun web/blog WordPress kita. Setidaknya langkah ini sudah memberikan 1 layer perlindungan pada halaman login. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *