11 Manfaat Jus Jambu dan Efek Samping

Jambu ini kaya senyawa antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C dan likopen terutama ketika diolah menjadi jus. Apa saja manfaat jus jambu untuk kesehatan?

Jambu merupakan buah tropis dengan berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Rasa yang unik, aroma buah yang tajam serta warna yang indah adalah beberapa hal yang dapat menarik dari buah jambu biji.

Namun, tahukah Anda bahwa buah ini juga merupakan sumber gizi dan dapat memberi tubuh Anda semua kebutuhan nutrisi penting saat dikonsumsi secara teratur?

Jambu biji adalah buah yang bermanfaat bagi setiap bagian dan organ tubuh (ketika dikonsumsi dengan cara yang benar).

Dari meningkatkan kilau wajah hingga membuat rambut bersinar secara alami, membantu menurunkan berat badan dan menjaga tekanan darah, jambu biji menawarkan beberapa manfaat kesehatan luar biasa yang akan membuat Anda tetap bugar dan energik.

Selain dimakan secara langsung, cara lain untuk menikmati jambu adalah dengan mengolahnya menjadi jus yang sangat segar ketika diminum. Apa saja aneka manfaat jus jambu ini berikut ulasannya yang lengkap.

Fakta Nutrisi Jus Jambu

Dalam 100 gram jus jambu mengandung:

  • Kalori: 112
  • Protein: 4 gram
  • Lemak: 1,5 gram
  • Karbohidrat: 23 gram
  • Serat: 8,9 gram
  • Gula: 14 gram
  • Vitamin C: 377 miligram
  • Vitamin A, C & E
  • Likopen
  • Antioksidan
  • Mangan
  • Folat
  • Kalium
  • Fosfor
  • Fitokimia
  • Magnesium
  • Serat makanan.

Manfaat Jus Jambu

Manfaat Jus Jambu
Manfaat Jus Jambu

1. Pencernaan

Salah satu manfaat jus jambu yang paling utama adalah untuk membantu menjaga sistem pencernaan. Jika Anda sering menghadapi masalah seperti diare, sembelit, atau menderita sindrom iritasi usus besar, mengonsumsi jus jambu biji yang memiliki kandungan tinggi serat adalah salah satu solusinya.

Serat sangat bermanfaat untuk mengurangi masalah pencernaan dan mengoptimalkan pencernaan. Serat makanan dalam jambu biji berkontribusi pada mikrobioma usus yang sehat.

Mikrobioma di usus akan menyeimbangkan mikroba yang sehat dan tidak sehat di usus, yang mengontrol pencernaan, penambahan berat badan, kadar kolesterol, gula darah, dan bahkan kekebalan.

2. Imunitas

Jus jambu kaya akan vitamin C yang sudah terbukti bermanfaat untuk imunitas. Banyak penelitian menemukan fakta bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan dan melawan patogen penyebab penyakit. Vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Selain itu juga dapat mengurangi risiko penyakit serius, seperti radang sendi, kanker, dan beberapa bentuk penyakit jantung. Pastikan Anda mengonsumsi buah yang matang karena mengandung paling banyak vitamin C.

3. Gula Darah

Sebuah penelitian menyatakan bawah diet tinggi serat berpotensi menurunkan risiko diabetes tipe 2 dengan memperlambat pengosongan lambung dan penyerapan glukosa di usus, yang membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah lonjakan [1].

Selain itu, ekstrak daun jambu biji juga dapat meningkatkan hipoglikemia dan metabolisme glukosa pada orang yang menderita diabetes tipe 2.

4. Kanker

Manfaat jus jambu berikutnya adalah berpotensi untuk mencegah terkena kanker. Jus jambu memiliki kandungan serat makanan yang tinggi.

Kandungan serat sangat potensial untuk menurunkan risiko terkena kanker usus besar dengan mengontrol pencernaan dan penyerapan makronutrien, serta mengurangi waktu kontak karsinogen dengan lumen usus.

5. Menurunkan Berat Badan

Jus jambu juga sangat bermanfaat bagi siapapun yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan. Jus jambu adalah “camilan” sehat yang sempurna karena rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi.

Jus jambu juga mengandung banyak serat makanan (serat larut terutama pektin) yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengatur sistem pencernaan, memindahkan limbah dari seluruh tubuh dengan cepat ke arah pembuangan.

6. Nutrisi Kehamilan

Manfaat Jus Jambu
Jus Jambu Baik untuk Nutrisi Kehamilan

Vitamin C dan folat adalah dua nutrisi alami yang ditemukan dalam jambu biji yang penting untuk perkembangan janin selama kehamilan. Selama kehamilan, asam folat sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Asupan folat yang dibutuhkan sekitar 400-600 mcg per hari. Sedangkan satu porsi jus jambu biji mengandung 27 mcg (mikrogram) folat. Kandungan vitamin C dalam jus jambu ( sekitar 377 mg) adalah asupa yang sangat ideal untuk meningkatkan pertumbuhan janin.

7. Menyehatkan Kulit

Manfaat jus jambu berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang melimpah di jus jambu biji adalah antioksidan yang kuat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan penting untuk pembentukan kolagen, yang memberikan dukungan struktural untuk kulit dan kuku.

Antioksidan ini juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu mencegah keriput.

8. Diabetes

Kandungan serat yang tinggi di jus jambu dapat menurunkan kadar gula darah. Serat juga dapat mencegah sembelit, masalah umum yang dihadapi oleh penderita diabetes.

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa jambu biji (tanpa kulitnya) dapat membantu menurunkan gula darah dan kadar kolesterol darah yang otomatis mengurangi risiko diabetes [2]. Oleh karena itu buatlah jus jambu yang sudah dikupas kulitnya.

9. Menyehatkan Mata

Manfaat Jus Jambu
Jus Jambu Baik untuk Kesehatan Mata

Jus jambu memiliki kandungan vitamin A yang melimpah. Vitamin A dalam jus jambu biji dapat membantu meningkatkan penglihatan. Vitamin A juga bermanfaat untuk mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam jus jambu juga sangat bermanfaat pada penglihatan yang lebih baik.

10. Kurangi Stres

Jambu biji mengandung magnesium. Magnesium dikenal memiliki fungsi untuk mengendurkan saraf dan otot tubuh serta dapat meredakan stres [3]. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu meredakan kecemasan.

11. Mencegah Peradangan

Manfaat lain dari jus jambu biji adalah membantu mengurangi peradangan di tubuh. Jambu biji kaya kalium dan magnesium yang membantu pemulihan otot setelah latihan yang berat.

Efek Samping Jus Jambu

Karena memiliki sifat asam, ada beberapa potensi efek samping yang muncul ketika berlebihan mengonsumsi jus jambu. Beberapa masalah yang bisa muncul adalah mual sementara atau sakit perut pada sebagian orang.

Kesimpulan

Jus jambu biji kaya akan nutrisi yang semuanya sangat penting bagi tubuh. Buahnya kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini dapat membantu dalam pengobatan diabetes, melindungi kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Meskipun banyak sekali manfaat jus jambu bagi tubuh, ada baiknya tetap mengonsumsinya dalam takaran yang cukup. Karena memiliki sifat yang asam, konsumsi jus jambu yang berlebihan bisa saja membuat sakit perut.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.