10 Cara Hemat Tagihan Listrik yang Efektif

Kita sangat bergantung pada listrik dalam berbagai hal. Bagaimana cara supaya hemat tagihan listrik yang efektif dan simpel agar bulanan kita tidak membengkak?

Pusing dengan tagihan listrik yang terus membengkak tiap bulannya? Jangan khawatir, kini Anda sudah menemukan solusi untuk mengurunkan tagihan listrik bulanan. Caranya juga sederhana dan simpel, cukup dengan mengubah kebiasaan dan melakukan beberapa tips hemat tagihan listrik berikut ini.

Tips dan Cara Hemat Tagihan Listrik

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat tagihan listrik di rumah. Namun berikut ini 10 cara hemat tagihan listrik yang paling efektif dan bisa Anda lakukan mulai dari sekarang.

Gunakan Listrik Prabayar

Cara hemat tagihan listrik yang pertama dan terbukti efektif adalah menggunakan listrik prabayar. Meteran listrik dengan sistem pulsa prabayar bisa membantu Anda dalam mengatur besar kecilnya pengeluaran listrik di rumah.

Hemat Tagihan Listrik
Tips dan Cara Hemat Tagihan Listrik

Penggunaan listrik prabayar dengan sistem pulsa juga secara tidak langsung memaksa Anda lebih bijak dan menghemat pemakaiannya sehari-hari. Tidak ada lagi televisi yang menyala saat tidak ditonton karena Anda akan refleks mematikannya untuk menghemat listrik.

Kurangi Penggunaan Alat Alat Elektronik

Penggunaan alat elektronik secara berlebihan adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari. Apalagi kalau Anda menyalakan alat elektronik yang sebenarnya tidak sedang digunakan.

Penggunaan alat elektronik yang berlebihan tidak hanya membuat tagihan listrik Anda menjadi lebih besar, tapi juga membuat udara semakin panas.

Dengan mematikan atau mengurangi penggunaan alat elektronik, rumah Anda bisa lebih hemat listrik dan pastinya tidak perlu menyalakan kipas angin atau AC untuk mengusir hawa panasnya.

Cabut Kabel Saat Tidak Digunakan

Cara hemat tagihan listrik yang berikutnya adalah mencabut semua kabel listrik saat tidak digunakan. Anda mungkin ingat beberapa kali meninggalkan kabel charger ponsel di stop kontak seharian penuh meski tak lagi digunakan.

Meski tak digunakan, arus listrik tetap mengalir pada setiap kabel yang terhubung dengan stop kontak listrik. Otomatis daya listrik akan terbuang sia-sia dan Anda tetap harus membayarnya bulan depan.

Hal semacam itu yang justru membebani tagihan listrik bulanan Anda. Belum lagi jika di rumah Anda terdapat cukup banyak kabel listrik yang menancap dari berbagai perangkat. Tentu jika diakumulasikan bisa membebani tagihan listrik menjadi lebih mahal.

Beli Alat Elektronik Inverter

Anda bisa menghemat konsumsi daya listrik di rumah dengan menggunakan peralatan elektronik inverter. Teknologi inverter memungkinkan konsumsi daya listrik lebih stabil dari awal pemakaian sehingga tidak terjadi lonjakan yang cukup tinggi dan membuat tagihan listrik Anda membengkak.

Beberapa produk seperti AC inverter, kulkas inverter, mesin cuci inverter, dan berbagai peralatan elektronik inverter lainnya dapat menghemat listrik hingga 30%. Jika diakumulasikan setiap bulannya, tagihan listrik di rumah Anda pasti lebih hemat dengan teknologi ini.

Bijak Menggunakan AC

Penggunaan AC menjadi salah satu momok terbesar dalam tagihan listrik rumah Anda. AC mengonsumsi daya litrik yang lebih besar dibanding peralatan elektronik lainnya. Untuk hemat tagihan listrik dari AC, maka sebaiknya Anda membatasi penggunaan sesuai kebutuhan.

Bijaklah menggunakan AC dengan memaksimalkan udara segar alami di rumah Anda. Setidaknya cara ini bisa mengurangi penggunaan AC sepanjang waktu agar rumah lebih hemat listrik. Selain itu, Anda sebaiknya memilih AC inverter yang lebih efisien dan hemat daya.

Biasanya AC inverter dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal dibanding produk biasa. Tapi pengeluaran besar di awal bisa menghemat tagihan listrik Anda dalam jangka waktu panjang.

Hindari Dispenser

Anda mungkin tidak menyadari bahwa dispenser mengonsumsi daya listrik yang sangat besar. Apalagi jika Anda menggunakannya secara berulang dan terus-menerus setiap harinya. Secara kumulatif, mesin pemanas dan pendingin semacam dispenser bisa lebih boros dibanding AC.

Hemat Tagihan Listrik
Dispenser Air adalah Penyedot Daya Listrik yang Besar (Pixel-Shot – shutterstock.com)

Supaya hemat tagihan listrik, Anda sebaiknya menggunakan dispenser saat keadaan tertentu saja. Sedangkan untuk keseharian Anda bisa memasak air di kompor atau mendinginkan air di kulkas daripada terus bergantung pada dispenser.

Bijak Memilih Mesin Cuci

Salah satu cara hemat tagihan listrik yang cukup efektif adalah bijak dalam memilih mesin cuci yang sesuai kebutuhan. Pilihlah mesin cuci dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan mencuci Anda.
Semakin besar kapasitas mesin cuci, maka semakin tinggi konsumsi daya listriknya.

Oleh sebab itu, memilih mesin cuci dengan kapasitas yang sesuai bisa menghemat tagihan listrik Anda. Belum lagi masalah konsumsi air untuk mencuci, kapasitas yang besar juga membutuhkan lebih banyak air.

Rice Cooker Versi Hemat

Ini adalah cara hemat tagihan listrik yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya, yaitu membuat rice cooker lebih hemat daya. Sebenarnya cara ini sangat mudah, namun belum banyak diketahui orang.

Saat memasak nasi di rice cooker, gunakan air yang sudah mendidih agar konsumsi listrik tidak terlalu besar saat proses pemanasan air. Biasanya orang-orang cenderung menggunakan air dingin mulai dari awal memasak sehingga rice cooker akan mengonsumsi lebih banyak daya listrik untuk memanaskan air ke titik didihnya.

Cara ini juga bisa membuat proses memasak lebih cepat dan konsumsi daya listrik secara keseluruhan lebih hemat.

Bijak Menggunakan Setrika

Pada dasarnya setiap peralatan listrik yang menghantarkan panas atau dingin selalu membutuhkan konsumsi daya listrik yang besar. Sama halnya dengan penggunaan setrika yang membutuhkan energi panas, maka konsumsi daya listriknya pun ikut membesar.

Oleh sebab itu, Anda bisa hemat tagihan listrik dengan menggunakan setrika secara bijak. Pastikan Anda tidak terlalu sering menyetrika pakaian setiap hari, melainkan kumpulkan terlebih dulu pakaian mana saja yang akan disetrika.

Dengan begitu Anda bisa menghemat penggunaan setrika yang terlalu sering menjadi satu atau dua kali saja dalam satu minggu.

Cara lain untuk menghemat listrik dari setrika adalah memilih produk yang memiliki sistem pengatur panas otomatis. Fungsinya adalah mengontrol setrika agar tidak mengonsumsi daya listrik terus-menerus saat digunakan.

Gunakan Lampu LED

Jika saat ini rumah Anda masih menggunakan bohlam lampu pijar biasa, maka sebaiknya ganti dengan lampu LED. Penggunaan lampu LED terbukti dapat menghemat pengeluaran listrik bulanan karena berhasil menekan konsumsi daya listrik secara signifikan.

Lampu LED dengan konsumsi daya 3 watt memiliki kualitas penerangan yang sama dengan lampu pijar 8-12 watt. Apabila di rumah Anda menggunakan 10 lampu pijar, maka setiap harinya ada cukup banyak daya listrik yang sebenarnya bisa dihemat jika Anda beralih ke lampu LED.

Pasang Panel Surya

Hemat Tagihan Listrik
Hemat Tagihan Listrik dengan Panel Surya

Cara yang terakhir ini bukan hanya mengurangi tagihan listrik di rumah Anda, tapi bisa menghindari tagihan listrik secara keseluruhan. Ya, Anda sebaiknya memasang panel surya sebagai sumber energi listrik terbarukan.

Dikutip dari AturRumah.com, panel surya berfungsi untuk mengubah energi dari cahaya matahari menjadi energi listrik. Energi ini bisa dimanfaatkan untuk menyalakan listrik di rumah selagi ada matahari. Selain berfungsi untuk hemat tagihan listrik, penggunaan panel surya juga berkontribusi untuk mengurangi pemanasan global.

Kesimpulan

Jika Anda ingin benar-benar menghemat tagihan listrik, untuk pemakaian dan pelaksanaan jangka panjang, sangat direkomendasikan menggunakan panel surya sebagai pengganti sumber listrik alternatif di rumah Anda.

Anda sudah tidak perlu mengeluarkan biaya bulanan untuk membayar tagihan listrik baik prabayar maupun pascabayar. Namun apapun keputusan yang akan Anda ambil, bijaklah menggunakan listrik demi masa depan yang lebih baik.

Part-time blogger, content writer dan penikmat kopi. Lulusan Teknik Informatika yang berkecimpung di dunia internet sejak 2002. Kerja sama, kritik dan saran silahkan hubungi saya melalui halaman Kontak.