7 Tips Mencari Arti Nama Anak yang Bagus

Sebelumnya saya ucapkan selamat jika Anda saat ini sedang menanti kelahiran buah hati. Artikel ini akan membantu memberi tips mencari arti nama anak yang bagus.

Nama merupakan doa yang diberikan oleh setiap orangtua untuk buah hati tercinta, agar kelak tumbuh seperti arti di balik nama tersebut.

Tidak heran meski sudah disibukkan dengan persiapan persalinan, namun banyak orangtua yang selalu menyempatkan diri untuk mencari arti nama anak yang bagus. Agar tidak bingung dalam memilih, Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

Tips Mencari Arti Nama Anak yang Bagus untuk Buah Hati

1. Catat Semua Ide yang Muncul

Saat memikirkan nama untuk buah hati, pasti akan muncul berbagai ide di dalam pikiran. Bahkan ide yang muncul ini jumlahnya tidak hanya satu dua buah saja, melainkan bisa cukup banyak.

Mencari Arti Nama Anak yang Bagus
Mencari Arti Nama Anak yang Bagus (azerbaijan_stockers – www.freepik.com)

Sehingga Anda sebaiknya menuliskan setiap ide yang muncul yang di sebuah kertas, agar memiliki alternatif nama untuk bayi menjelang hari kelahirannya.

Ide-ide ini misalnya apakah Anda ingin menggunakan nama seperti tokoh terkenal atau idola, menggunakan nama yang religius sesuai agama yang dianut, ingin nama si kecil memiliki suatu arti tertentu yang khusus, ingin menggunakan nama yang memiliki suatu unsur tertentu, dikaitkan dengan bulan kelahirannya, atau bahkan menginginkan nama bayi yang benar benar unik.

2. Mempunyai Arti dan Makna yang Baik

Apapun ide yang Anda pikirkan ketika hendak memberi nama untuk si kecil, pastikan bahwa nama yang akan dipilih atau setiap alternatif nama yang dimasukkan memiliki arti dan makna yang baik.

Misalnya Anda ingin si kecil menggunakan nama yang menyerupai tokoh terkenal, maka pastikan bahwa nama tersebut memang mempunyai arti yang baik.

Terlebih ketika Anda ingin bayi menggunakan nama yang benar benar unik, sehingga tidak ada banyak orang yang memiliki nama seperti itu.

Maka sangat penting untuk mencari arti nama anak yang bagus. Unik saja tentu tidak cukup, mengingat bahwa nama ini juga merupakan doa dari orangtua untuk buah hatinya.

3. Mudah untuk Dieja

Agar anak tidak kesulitan setelah tumbuh besar nantinya, orangtua perlu memastikan bahwa nama yang diberikan pada si kecil mudah untuk dieja.

Nama yang mudah dieja juga akan membuat anak lebih mudah untuk mengenali namanya sendiri. Penulisan identitas anak juga tidak akan sulit setiap adanya administrasi untuk suatu keperluan tertentu.

4. Lihat Arti dalam Bahasa Lain

Sebelum memutuskan menggunakan suatu nama untuk bayi, Anda juga perlu memastikan apa arti dari nama tersebut jika di negara lain. Pasalnya setiap negara mungkin mempunyai bahasa yang mirip, namun ternyata kata tertentu memiliki arti yang bertolak belakang.

Bisa saja di bahasa Indonesia artinya begitu indah namun di bahasa lain mempunyai makna negatif.
Mengapa ini hal yang penting ? Karena bisa saja di kemudian hari, anak akan pergi ke luar negeri dan kebetulan di negara yang mempunyai kata dengan arti berlawanan dari namanya.

Bayangkan bagaimana tidak nyamannya jika hal tersebut benar benar terjadi. Maka dari itu, penting untuk mencari arti nama anak yang bagus dari bahasa lain juga.

5. Jangan Terlalu Panjang

Nama yang terlalu panjang sangat tidak efektif, karena menuliskannya bisa memakan waktu yang lama dan mengingatnya pun bisa lebih sulit.

Tips Mencari Arti Nama Anak yang Bagus
Tips Mencari Arti Nama Anak yang Bagus

Oleh sebab itu, sebaiknya orangtua tidak memberikan nama pada anak yang lebih dari 4 suku kata. Ada baiknya anak menggunakan 2 atau 3 kata saja. Dengan kata ketiga atau yang terakhir merupakan nama keluarga, sehingga lebih mudah dicari.

6. Manfaatkan Internet

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat internet bisa Anda manfaatkan untuk berbagai macam hal, termasuk mencari nama yang bagus untuk buah hati. Anda bahkan bisa dengan mudah menambahkan ide baru ke daftar ide-ide nama yang sudah dibuat seperti pada poin sebelumnya.

7. Nama Berpengaruh Terhadap Rasa Percaya Diri Anak

Mencari arti nama anak yang bagus memang baik untuk dilakukan, namun penting untuk diketahui bahwa nama memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap rasa percaya diri anak ketika ia tumbuh besar nantinya.

Jadi ada baiknya Anda tidak memiliki nama yang mirip dengan kata berkonotasi negatif sehingga bisa mudah diplesetkan.

Selain itu, memberi nama yang terlalu feminim bagi anak laki-laki atau sebaliknya untuk anak perempuan juga lebih baik tidak dilakukan. Karena hal ini bisa memancing ledekan teman temannya ketika masa sekolah.

Selain itu, hal tersebut juga sedikit banyak bisa menyulitkan di dunia pencarian kerja, khususnya untuk pekerjaan yang mensyaratkan gender tertentu.

Contoh Nama Bayi Laki-Laki

Bonar

Bonar bisa menjadi inspirasi untuk nama anak laki laki Anda. Arti nama Batak ini yaitu selalu benar, penuh ketulusan, jujur, dan adil. Sehingga memberi nama bonar bisa menjadi bentuk doa agar buah hati nantinya dapat memiliki sifat yang sesuai dengan makna tersebut.

Semenjak film Naga Bonar populer, penggunaan nama Bonar ini juga ikut semakin populer digunakan oleh masyarakat.

Cukup banyak rangkaian nama yang bisa dibentuk dari Bonar, misalnya Jogi Bonar Pratama yang berarti anak laki laki pertama yang adil, jujur, serta berparas tampan. Nama ini bisa Anda pertimbangkan jika buah hati pertama memiliki jenis kelamin laki laki.

Selain memiliki arti yang baik dalam bahasa Batak, Bonar juga punya arti yang baik di negara lain seperti Italia yaitu teman yang baik.

Thohir

Apabila Anda mencari arti nama anak yang bagus untuk anak laki-laki, Thohir bisa menjadi salah satu pilihan.

Mencari Arti Nama Anak yang Bagus
Cara Mencari Arti Nama Anak yang Bagus

Arti nama Thohir dalam bahasa Indonesia yaitu pertanda baik. Diharapkan kelahiran si kecil ke dunia merupakan pertanda baik bagi semua orang.

Lazimnya, nama Thohir sendiri digunakan untuk nama tengah seperti Mochammad Thohir atau Rahmad Thohir.

Contoh Nama Bayi Perempuan

Adiba

Perempuan fitrahnya memiliki sikap yang sopan dan anggun. Sebagai bentuk doa agar buah hati memiliki sikap tersebut, orangtua bisa menggunakan kata Adiba untuk disematkan pada nama anak.

Adiba memiliki arti yaitu orang yang sopan dan terpelajar. Misalnya Anda bisa menggunakan nama Kamila Adiba, yang berarti perempuan sempurna yang sopan dan juga terpelajar.

Farah

Tidak bisa dipungkiri bahwa kedatangan buah hati di tengah tengah keluarga tentunya akan membawa penuh kegembiraan dan kebahagiaan.

Oleh karena itu, jika buah hati Anda memiliki jenis kelamin perempuan. Maka nama Farah ini bisa menjadi pilihan yang tepat, sebab mempunyai arti yaitu kegembiraan dan kebahagiaan.

Misalnya Anda bisa memberi nama Farah Zakiyah untuk putri tercinta, yang berarti tumbuh bersih dengan baik dan membawa kebahagiaan. Diharapkan dengan memberikan nama ini, maka anak kelak tumbuh dengan baik dan selalu membawa kebahagiaan bagi orang sekitar.

Selain Farah Zakiyah, Anda juga bisa mencari arti nama anak yang bagus lainnya berdasarkan kata Farah ini.

Nama memang tidak hanya menjadi identitas bagi seseorang, tapi ini juga merupakan sebuah doa yang diselipkan oleh ayah bunda agar kelak anaknya bisa menjadi seseorang yang sesuai dengan arti namanya.

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan nama untuk buah hati, sudah ada pilihan nama yang pas di hati ? Pastikan bahwa Anda menggunakan bahasa yang baik dan penuh makna.

Sumber gambar: freepik.com dan pixabay.com.

Part-time blogger, content writer dan penikmat kopi. Lulusan Teknik Informatika yang berkecimpung di dunia internet sejak 2002. Kerja sama, kritik dan saran silahkan hubungi saya melalui halaman Kontak.