WordPress vs Blogger Bagusan Mana?

Wordpress vs Blogger Bagusan Mana

Danusyakti.com – WordPress vs Blogger bagusan mana? Ini adalah pertanyaan yang normal bagi kita ketika akan memulai membangun blog. Kedua platform ini tentu saja memiliki keunggulannya serta kekurangannya masing-masing. Bagi kawan-kawan yang masih bingung akan menggunakan platform mana untuk membuat blog atau web silahkan membaca artikel ini hingga tuntas untuk mendapatkan jawabannya.

Sebelumnya ada beberapa hal yang harus kawan ketahui tentang WordPress dan Blogger. Berikut ini sedikit penjelasannya:

Blogger

Blogger adalah layanan untuk membuat blog/web yang dimiliki oleh Google. Google menjanjikan jika layanan ini akan gratis untuk selamanya. Tidak ada biaya khusus yang akan dikenakan selama kita “menumpang” di layanan Google ini.

WordPress

WordPress sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu WordPress Hosted dan Self Hosted. Yang membedakan adalah:

  1. WordPress Hosted: Jadi kita membangun web/blog dengan menumpang layanan yang disediakan oleh WordPress.com. Layanan ini terbagi menjadi dua yaitu gratis dan berbayar. Versi gratis akan mendapatkan quota penyimpanan sebesar 3 GB. Jika quota penuh mau tidak mau kita harus membayar untuk mendapatkan quota tambahan.
  2. WordPress Self Hosted: Ini adalah WordPress dengan menggunakan hosting sendiri. Jadi kawan-kawan perlu berlangganan hosting dan kemudian nantinya kawan-kawan akan menginstall WordPress sendiri di hosting tersebut.

    Wordpress vs Blogger Bagusan Mana
    WordPress vs Blogger Bagusan Mana ya?

Apa yang membedakan keduanya?

Jika kawan-kawan memilih menggunakan WordPress Hosted, domain yang akan digunakan akan menggunakan embel-embel wordpress.com. Contoh: danusyakti.wordpress.com. Jika kawan-kawan menemukan blog ada embel-embel tersebut maka dia menggunakan layanan ini. Aturannya sangat ketat jika menggunakan layanan ini. Sedikit melanggar peraturan maka blog kawan akan langsung di non aktifkan! Jika kawan-kawan ingin menggunakan domain sendiri di layanan gratis Wordpess ini bisa kok. Tapi kawan-kawan harus membayar setiap tahun untuk melakukan mapping domain ke layanan WordPress (kalau tidak salah setiap tahun harus membayar 12 atau 14 dolar hanya untuk merubah nama domain pribadi).



Jika menggunakan Wordpress Self Hosted, tidak ada aturan yang ketat dan kita bisa membuat postingan atau artikel apapun. Namun dengan catatan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan pihak hosting. Selama kawan tidak membuat web/blog untuk spam dan hal ilegal lainnya dipastikan aman.

Sedangkan untuk Blogger, kita mempunyai dua pilihan terkait dengan tampilan domain. Kita bisa memilih menggunakan embel-embel domain yang digunakan blogger. Contoh: danusyakti.blogspot.com atau kita juga bisa menggunakan domain kita sendiri seperti danusyakti.com. Layanan menggunakan domain khusus ini di Blogger adalah gratis selamanya.

Oke sekarang mari kita membahas Wordpress vs Blogger bagusan mana ya? Saya akan memulai dari Blogger.

Keuntungan menggunakan Blogger:

  1. Gratis selamanya.
  2. Tidak bingung dalam hal resource (tidak ada quota dan hal teknis lainnya yang harus dipikirkan).
  3. Mampu menampung puluhan ribu pengunjung. Pengalaman pribadi saya, saya ada 1 blog menggunakan blogger dengan pengunjung harian diatas 10.000 pengunjung tidak ada masalah. Bahkan disebuah forum saya membaca ada sebuah web berbasis Blogger dengan 20.000 pengunjung.
  4. Sudah support penggunaan SSL/HTTPS (tersedia gratis).
  5. Tahan banting dalam jangka waktu yang lama.
  6. Bisa untuk monetize (mendapatkan penghasilan dari Google Adsense).
  7. Gratis mapping domain ke Blogger.

Kelemahan Blogger:

  1. Tunduk pada aturan yang dibuat Google.
  2. Layanan ini rawan ditutup oleh Google kapanpun mereka mau.
  3. Lambat dalam hal SEO (kecuali dengan kondisi tertentu seperti SEO Onpage yang bagus dan keyword yang dibidik benar-benar jarang dicari orang).
  4. Tidak ada plugin-plugin pendukung seperti WordPress
  5. Tidak cocok untuk web perusahaan (kurang profesional).

Blogger cocok untuk kawan-kawan yang:

  • Baru belajar membuat blog
  • Membuat blog pribadi
  • Ingin membuat blog dan mendapatkan penghasilan tambahan

Nah sekarang bagaimana dengan WordPress?

Keuntungan menggunakan WordPress:

  1. Didukung ribuan Plugin untuk memaksimalkan potensi blog/web (seperti meningkatkan SEO, optimalisasi kecepatan dan sebagainya).
  2. Bagus dalam hal SEO (dengan pengaturan yang benar). Banyak artikel-artikel yang baru dibuat menggunakan WordPress cepat muncul di halaman pencarian Google.
  3. Banyak theme-theme yang cantik dan profesional.
  4. Banyak pengaturan di dalam menu admin yang akan memaksimalkan potensi web/blog.
  5. Tidak perlu menumpang (self hosted), bebas dari rasa khawatir layanan ditutup.
  6. Bisa juga untuk monetize.

Kekurangan menggunakan WordPress:

  1. Kita harus mempersiapkan hosting, dan hosting ini akan bertambah jika web/blog tersebut mengalami perkembangan.
  2. Rawan dari segi kemanan. Jika kita tidak pintar mengelola keamanan web/blog tentu akan rawan hacking.
  3. Jika ingin menggunakan domain sendiri masih harus membayar biaya untuk mapping domain (khusus WordPress Hosted).





Wordpress cocok untuk:

  1. Profesional web/blogger.
  2. Mencari penghasilan lebih serius di dunia web.
  3. Profil perusahaan, sekolah, organisasi dan semacamnya.

Bagaimana apakah kawan-kawan sudah mendapatkan jawaban pertanyaan Wordpress vs Blogger bagusan mana. Pada dasarnya sesuaikan saja dengan kebutuhan dan modal yang kawan-kawan miliki. Jika kawan mempunyai dana untuk lansung terjun ke dunia WordPress self hosted tentu juga tidak masalah. Jika masih ragu-ragu dan ingin belajar blogging terlebih dahulu mungkin ada baiknya memulai dulu dari Blogger. Ada seorang Blogger yang sukses meraup pundi-pundi meski hanya menggunakan layanan Blogger lho. So, sekarang pilihan ada pada kawan-kawan sekalian.

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *