Pentingnya Analisis data SDM untuk Pengambilan Keputusan

Analisa data SDM dapat memberikan tim HR pengumpulan data, pelaporan dan informasi yang lebih baik untuk membuat keputusan bisnis berdasarkan data.

Sebagai contoh, manajer unit bisnis membutuhkan info terbaru tentang data absensi secara rinci untuk merampingkan proses penjadwalan kerja atau mengaudit payroll. Berikut adalah beberapa persepsi yang lebih dekat tentang bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan analisa data HR untuk meningkatkan kinerja bisnis:

1. Analisa rekrutmen

Mempekerjakan orang-orang dengan talenta terbaik untuk mengisi posisi strategis di perusahaan sangat penting.  Dengan analisa rekrutmen, tim HR akan lebih mudah melihat kandidat mana yang terbaik berdasarkan profil, pengalaman atau latar pendidikan mereka.

2. Analisa kehadiran

Tak peduli apakah tim kerja Anda bekerja jarak jauh atau datang setiap hari ke kantor, Anda perlu mengatur jadwal kehadiran agar memenuhi persyaratan payroll dan upah lembur. Untuk itu, sangat penting untuk memiliki alat yang tepat agar analis jadwal kerja menjadi lebih mudah. Dengan analisa kehadiran, perusahaan dapat menentukan pola penjadwalan kerja agar berjalan lebih efektif sesuai peraturan yang ditetapkan perusahaan.

Baca Juga : HRD Harus Baca – Cara Mudah Kelola Data Karyawan

3. Tunjangan

Analisa data SDM juga dapat menyederhanakan pengelolaan tunjangan dan layanan lain bagi karyawan. Dengan sistem pelaporan yang terintegrasi berbasis website, tim HR kan lebih mudah melihat siapa yang sudah terdaftar tunjangan tertentu dan siapa yang belum terdaftar.

4.Pengambilan keputusan bisnis

Data yang akurat dan dapat diandalkan akan memberikan peluang pengambilan keputusan yang lebih efektif dalam bisnis. Sebagai contoh, analisa SDM dapat membantu mengidentifikasi dan memperbaiki berbagai kekurangan yang ada selama perekrutan. Selain itu, teknologi yang tepat akan mempermudah manajer untuk membuat keputusan tentang kepegawaian, bonus dan tunjangan, penjadwalan, dan banyak lagi. Hasil analisa data yang kuat dapat membantu HR secara akurat menentukan kinerja mana saja yang sudah maksimal dan mana yang belum maksimal.

Di era saat ini, kebanyakan lanskap bisnis telah menggunakan data yang akurat sebagai acuan penting pengambilan keputusan. Untuk itu, sangat penting bagi tim HR untuk beradaptasi dengan teknologi yang ada. Analisa SDM membantu memastikan bahwa divisi HR akan memiliki informasi profil tenaga kerja yang diperlukan untuk menjadi mitra dan talenta terbaik yang dimiliki perusahaan.

LinovHR merupakan software HRIS terbaik yang menerapkan fitur dan modul untuk mengelola SDM menjadi lebih mudah dan sederhana. Analisa data yang akurat untuk pengambilan keputusan tim HR berdasarkan software HRIS menjadi lebih praktis dan cepat serta menawarkan tingkat akurasi dan keamanan data tinggi.

Aplikasi HR dan payroll dari LinovHR dapat membantu pengelolaan karyawan, sistem penggajian serta berbagai fitur lain yang sangat efektif dan efisien. Coba gratis software HRIS terbaik LinovHR sekarang juga.

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *