10 Manfaat Jambu Biji Merah dan Efek Samping

Jambu biji merah kaya akan antioksidan, nutrisi dan mengandung serat yang cukup tinggi sehingga menjadi asupan yang baik. Apa saja manfaat jambu biji merah?

Jambu biji merah kaya akan antioksidan dan nutrisi lain seperti vitamin C dan likopen serta kaya akan serat. Dengan semua itu, jambu biji merah adalah sumber utama bagi kesehatan tubuh.

Jambu biji merah merupakan buah tropis yang tumbuh di tempat yang kering atau lembab. Buah jambu biji merah enak dimakan secara langsung dan daunnya pun juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal.

Fakta Nutrisi Jambu Biji Merah

Jambu biji merah kayak dengan nutrisi, sumber vitamin C yang melimpah, antioksidan dan telah terbukti memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut ini data nutrisi yang terkandung dalam 100 gram jambu biji merah.

  • Kalori: 68
  • Karbohidrat: 14,32 gram
  • Gula: 8,92 gram
  • Lemak: 0,95 gram
  • Serat makanan: 5,4 gram
  • Kalium: 417 mg
  • Vitamin C: 228,3 mg.

Dengan semua kandungan nutrisi tersebut, apa saja aneka manfaat jambu biji merah terutama untuk kesehatan?

Manfaat Jambu Biji Merah

Manfaat Jambu Biji Merah
Manfaat Jambu Biji Merah

1. Kesehatan Pencernaan

Salah satu nutrisi utama yang ada dalam jambu biji merah adalah serat. Serat telah terbukti membantu pencernaan dengan memadatkan dan melembutkan feses serta dapat meredakan gejala diare dan sembelit.

Penelitian juga menemukan fakta bahwa ekstrak daun jambu biji merah dapat membantu mengurangi intensitas dan lamanya diare.

Orang dengan gangguan pencernaan tertentu, termasuk sindrom iritasi usus besar, mungkin bisa mempertinbangkan jambu biji merah ke dalam menu makanan harian mereka.

2. Diabetes

Manfaat jambu biji merah yang berikutnya adalah untuk membantu mengelola masalah diabetes. Menurut penelitian, kandungan serat dalam buah ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Penelitan juga menemukan fakta bahwa mengonsumsi jambu biji merah tanpa kulitnya dapat membantu menurunkan gula darah dan kadar kolesterol darah yang akan mengurangi risiko diabetes [1].

3. Kulit

Vitamin C, beta-karoten dan antioksidan adalah kombinasi yang berperan tinggi dalam menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi jambu biji merah akan membuat kulit lebih cerah, lembut dan jauh dari gangguan kulit seperti jerawat, kulit kering, kulit berminyak dan masalah kulit lainnya.

4. Kontrol Tekanan Darah

Manfaat jambu biji merah yang berikutnya adalah untuk membantu menjaga tekanan darah.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat berbahaya dan akan menyerang siapapun. Bahkan dalam beberapa kasus, tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan kematian.

Manfaat jambu biji merah dalam menurunkan tekanan darah juga sudah diketahui dan dibuktikan. Kandungan kalium yang tinggi pada buah jambu biji merah dapat menstabilkan darah dan mencegah tekanan darah tinggi.

5. Imunitas

Manfaat Jambu Biji Merah
Manfaat Jambu Biji Merah untuk Imunitas

Jambu biji merah kaya dengan vitamin C. Penelitian membuktikan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan dan melawan patogen penyebab penyakit.

Vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan sehingga dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti radang sendi, kanker, dan beberapa bentuk penyakit jantung [2].

Untuk mendapatkan suplai vitamin C yang maksimal dari jambu biji merah, pastikan memilih buah yang matang karena mengandung paling banyak mengandung vitamin C.

6. Meredakan Stres

Manfaat jambu merah berikutnya adalah untuk membantu proses relaksasi dan mengurangi stres. Jambu biji mengandung magnesium yang dikenal bermanfaat untuk mengendurkan saraf dan otot tubuh dan dapat meredakan stres.

Penelitian menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu meredakan kecemasan [3].

7. Kehamilan

Jambu biji merah akan membantu menjaga keseimbangan tekanan darah pada ibu hamil. Perlu Anda ketahui bahwa darah tinggi sangat berisiko untuk kehamilan dan bisa menyebabkan keguguran.

Jambu biji merah mengandung antioksidan seperti vitamin C, flavonoid, karotenoid, isoflavonoid, vitamin E dan polifenol yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan juga janin.

Selain itu, mengkonsumsi jambu biji merah saat kehamilan akan membantu menurunkan risiko diabetes gestasional. Ini karena jambu biji mengandung gula alami yang lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Jambu biji merah mengandung zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Zat besi juga berperan penting dalam proses pembentukan hemoglobin.

8. Kesehatan Mata

Jambu biji merah mengandung Vitamin A yang akan membantu menjaga kesehatan mata dan menajamkan daya penglihatan. Vitamin A juga sudah sangat dikenal bisa mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Vitamin C yang melimpah dalam buah ini juga memberikan manfaat untuk membuat penglihatan tetap sehat dan tajam.

9. Kanker

Manfaat jambu merah yang sangat luar biasa adalah memiliki potensi untuk mengurangi resiko terkena kanker. Perpaduan likopen dan vitamin C dalam buah inilah yang sangat berguna untuk mengurangi resiko kanker. Keduanya berkombinasi mencegah proliferasi sel kanker.

Nutrisi tersebut sangat bermanfaat dalam membantu pengobatan kanker payudara dan prostat. Tidak hanya bagian buahnya saja, penelitian juga menemukan fakta bahwa ekstrak daun jambu biji merah juga dapat membantu mengurangi risiko kanker [4].

10. Menurunkan Berat Badan

Manfaat Jambu Biji Merah
Jambu Merah Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori dalam buah ini bisa membantu Anda yang sedang menjalankan program diet penurunan berat badan. Selain kalori, kandungan seratnya juga dapat membantu meningkatkan upaya penurunan berat badan.

Efek Samping Jambu Biji Merah

Dengan jumlah konsumsi yang tepat, semua kandungan gizi dan nutrisi pada jambu biji merah sudah sangat tidak diragukan manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia apalagi ketika dimanfaat dalam bentuk jus jambu.

Namun Anda juga wajib mengetahui beberapa efek samping yang mungkin ditimbulkan. Beberapa efek samping yang mungkin muncul jika mengonsumsi jambu biji merah secara berlebihan adalah:

  • Sering merasa kembung
  • Dapat menyebabkan diare
  • Mengganggu pencernaan (jika pencernaan Anda sensitif, perhatikan jumlah konsumsinya).

Kesimpulan

Jambu biji merah kaya akan nutrisi yang semuanya sangat penting bagi tubuh. Buahnya kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Beberapa manfaat jambu merah adalah mengontrol diabetes, menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekebalan, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Bagaimana dengan efek sampingnya? Sejauh ini tidak ada penelitian atau laporan tentang efek samping buah jambu biji merah. Namun akan lebih baik jika mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang cukup.