Minim Modal? Inilah Peluang Usaha Dengan Modal Kecil

Danusyakti.com – Peluang usaha dengan modal kecil. Saat ini bagi sebagian orang mencari pekerjaan adalah hal yang sulit. Bagi Anda yang masih berkutat dengan kegiatan mencari kerja kesana kemari namun masih belum juga menemukan pekerjaan, mungkin sudah saatnya pola pikir Anda dirubah dari pencari kerja menjadi ke pengusaha. Banyak hal bisa menjadi lebih baik dengan menjadi pengusaha atau wirausahawan. Salah satunya adalah Anda bisa mengatur waktu bekerja sendiri sembari melakukan kegiatan lain diluar usaha Anda. Hal positif lainnya adalah Anda juga bisa membuka peluang lapangan pekerjaan baru jika usaha Anda bertambah besar dan kemudian memerlukan karyawan.

Namun tantangan utama dalam membuka usaha adalah modal. Tidak semua orang memiliki modal untuk memulai usaha. Modal juga bisa menentukan bisnis atau usaha apa yang akan kita lakukan. Jika Anda ingin memulai sebuah usaha namun memiliki modal yang kecil, masih sangat banyak peluang usaha dengan modal kecil yang bisa Anda lakukan. Disini saya akan membahas beberapa peluang usaha dengan modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan.

Peluang Usaha Dengan Modal Kecil

1. Berjualan Pulsa dan paket data internet
Pedagang pulsa saat ini sudah menjamur dimana-mana. Bisnis ini memang menjadi peluang usaha dengan modal kecil serta mudah dilakukan. Modal yang dibutuhkan fleksibel seusai dengan berapapun modal yang Anda miliki. Tidak perlu membuka konter fisik untuk membuka usaha ini. Cukup bermodalkan HP dan modal untuk mengisi deposit sesuai kemampuan, Anda sudah bisa membuka usaha pulsa dan paket data internet.

Jasa kurir barang adalah salah satu peluang usaha dengan modal kecil
Jasa kurir barang adalah salah satu peluang usaha dengan modal kecil

2. Berjualan online dengan sistem dropship
Berjualan online dengan menggunakan sistem dropship adalah salah peluang usaha dengan modal kecil. Anda tidak perlu kulakan barang untuk menjual barang. Anda tinggal memasarkan produk dari toko online lain di toko online Anda sendiri. Modal yang dibutuhkan disini juga fleksibel karena Anda hanya mengeluarkan modal ketika ada pemesanan barang saja.

3. Jasa menulis artikel
Jasa penulisan artikel meski kelihatan sepele namun ini adalah peluang usaha dengan modal kecil yang menguntungkan. Anda hanya memerlukan komputer atau laptop untuk mengetik. Anda juga harus mempunyai wawasan atau cara untuk menulis artikel dengan baik. Seseorang bahkan bisa sukses dengan membuka usaha ini dan bahkan menjadi sebuah industri professional dengan merekrut beberapa karyawan penulis.

4. Blogger
Menjadi blogger sudah menjadi rahasia umum adalah sebuah peluang usaha dengan modal kecil. Modal yang diperlukan adalah akses internet serta komputer/laptop. Tidak perlu membeli hosting dan domain untuk memulai menjadi blogger. Hanya mengandalkan platform gratis seperti wordpress atau blogspot sudah bisa menjadi seorang blogger. Dari mana blogger mendapat penghasilan? Tentu saja dari iklan yang muncul di blog/web mereka.

Namun harus diketahui, blogger bukan usaha atau bisnis instan. Perlu waktu dan ketekunan untuk bisa menikmati hasilnya. Beberapa bahkan perlu usaha bertahun-tahun untuk bisa menjadi blogger yang berpenghasilan.

5. Membuka jasa customer service online
Apakah jasa customer service online? Usaha di bidang jasa ini cukup menarik dan menantang. Anda bisa menawarkan keahlian Anda dalam memberikan pelayanan seperti informasi produk dari perusahaan online lainnya. Anda bertugas menjadi jembatan antara perusahaan ke customer mereka. Tentu Anda harus mengajukan proposal kerjasama terlebih dahulu dengan perusahaan yang akan menjadi partner Anda. Setelah itu Anda harus mempelajari semua produk-produk yang mereka tawarkan sehingga nantinya jika ada calon pembeli Anda bisa memberikan bantuan kepada mereka.

6. Berjualan makanan ringan
Berjualan makanan ringan adalah salah satu peluang usaha dengan modal kecil. Tidak perlu membuka toko untuk berjualan. Tidak perlu membuat makanan kecil sendiri jika Anda tidak memiliki kemampuan. Anda bisa kulakan makanan ringan di supplier dan kemudian menitipkan di kantin atau koperasi sekolah-sekolah.

7. Membuka jasa desain
Jasa desain masih membutuhkan keahlian khusus dan tidak semua orang bisa melakukannya. Membuka jasa desain seperti logo atau banner bisa Anda lakukan secara online. Jasa ini bisa dipublikasikan di media social, forum, web atau blog Anda.

8. Jasa sebar brosur
Membuka jasa sebar brosur menjadi salah satu peluang usaha dengan modal kecil. Tidak ada modal besar untuk menjalankan usaha ini. Anda tinggal memasarkan jasa Anda melalui media sosial, forum atau web. Pada saat ini, jasa sebar brosur seperti menjadi lahan yang menguntungkan. Banyak pelaku usaha saat ini yang tidak memiliki waktu untuk memperkenalkan produk mereka melalui penyebaran brosur. Disinilah peran jasa sebar brosur yang akan menjadi partner bagi pelaku usaha untuk memperkenalkan produk mereka melalui brosur-brosur.

9. Membuka jasa pengiriman/kurir barang
Toko online saat ini sudah menjamur begitu banyak. Beberapa toko online melayani pembayaran dengan sistem COD (cash on delivery). Namun mereka tidak memiliki kurir khusus untuk mengantarkan barang mereka. Ini tentu saja adalah peluang usaha dengan modal kecil yang bisa anda lakukan saat ini. Anda bisa membuka jasa pengantaran barang dalam kota. Tidak terpaku hanya pada barang. Anda juga bisa melayani pengantaran produk makanan dan bahkan dokumen.

10. Jasa cuci helm dan sepatu
Peluang usaha dengan modal kecil berikutnya adalah membuka jasa pencucian helm dan sepatu. Anda bisa memberikan layanan tambahan seperti antar jemput sepatu dan helm ke rumah pelanggan. Dengan biaya 10 hingga 20 ribu rupiah untuk 1 kali cuci tentu menjadikan usaha ini menggiurkan untuk dilakukan saat ini.

Jika Anda ingin segera memulai berusaha, tidak perlu banyak berpikir dan takut rugi. Apalagi ini adalah peluang usaha dengan modal kecil. Tidak perlu banyak berpikir karena semakin lama Anda memulai berusaha, semakin tertinggal Anda di dalam persaingan. Masih banyak peluang-peluang yang bisa diambil dengan menjadi seorang wirausahawan. Menjadi pekerja kantoran atau pabrik maka Anda akan terikat oleh waktu. Menjadi seorang usahawan, Anda menjadi bos untuk Anda sendiri dan waktu adalah milik Anda sendiri. Jangan banyak berpikir, segera ambil langkah nyata untuk menjadi wirausahawan.

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *