5 Tips Sukses Memulai Bisnis Makanan

Danusyakti.com – 5 Tips sukses memulai bisnis makanan. Bisnis makanan memang punya daya tarik tersendiri mengingat peluangnya tidak terbatas. Tiap hari seakan lahir menu baru yang membuat penikmat kuliner tak pernah habis bahkan cenderung meningkat. Membuka bisnis makanan sangat cocok khususnya buat Anda yang hobi memasak. Karena selain dapat menyalurkan hobi, Anda akan mendapatkan tambahan penghasilan dari bisnis ini.

Salah satu bisnis makanan yang prospeknya sangat bagus adalah warung makan. Buat Anda yang memang hobi memasak, tidak ada salahnya jika Anda salurkan hobi dengan menjalankan bisnis warung makan ini. Bisnis ini sebenarnya mudah dilakukan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar usaha warung makan Anda dapat berjalan seperti yang diharapkan. Untuk meminimalisir resiko, sebaiknya bukalah warung makan kecil-kecilan terlebih dahulu agar modal yang Anda keluarkan tidak terlalu besar. Jika prospeknya bagus, dengan seiring waktu Anda dapat mengembangkannya secara bertahap. Di bawah ini saya berikan beberapa tips sukses memulai bisnis makanan agar bisnis Anda dapat menguntungkan.

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Makanan

1. Lakukan Survei
Sebelum memulai sebuah bisnis makanan, lakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi pasar yang sebenarnya. Survei yang Anda lakukan setidaknya dapat menjawab beberapa pertanyaan berikut :

  • Berapa harga pasaran untuk produk yang sejenis?
  • Bagaimana persaingan usahanya?
  • Produk seperti apa yang paling diminati masyarakat?

Dengan mengetahui kondisi pasar, Anda dapat menentukan konsep dan strategi seperti apa yang akan Anda gunakan. Perencanaan seperti ini sangat penting agar bisnis makanan Anda dapat bertahan ditengah persaingan yang ketat.

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Makanan
5 Tips Sukses Memulai Bisnis Makanan

2. Tempat Usaha
Buat Anda yang memilih bisnis makanan dengan model warung makan tentunya harus menyediakan tempat yang akan digunakan sebagai tempat usaha. Jika lokasi rumah Anda strategis, membuka warung makan di teras rumah bisa Anda pertimbangkan agar modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Peralatan yang digunakan sebaiknya sederhana saja, cukup etalase untuk memajang menu masakan dan beberapa meja kursi untuk pengunjung yang makan di tempat.

Jika ternyata rumah Anda kurang strategis maka pilihannya ada dua, yaitu merogoh kocek lebih dalam lagi untuk menyewa tempat yang pastinya tidak murah atau menjual makanan secara online dengan delivery service. Nah, pilihan yang terakhir ini nampaknya cukup populer saat ini dimana Anda tidak perlu tempat khusus untuk memulai usaha ini. Cukup gunakan rumah sebagai tempat produksi dan promosikan usaha Anda secara online atau bergabunglah dengan jasa Go-Food untuk pemasarannya.

3. Perlengkapan dan Peralatan Usaha
Perlengkapan untuk memulai bisnis makanan ini dapat memanfaatkan peralatan dapur yang sudah Anda miliki. Selanjutnya Anda hanya perlu menyiapkan beberapa perlengkapan seperti meja, kursi, etalase, piring, gelas, sendok, garpu dan perlengkapan warung makan pada umumnya. Tidak perlu menyediakan perlengkapan yang mewah, cukup yang sederhana saja asalkan bisnis ini bisa berjalan.

4. Tentukan Menu Makanan
Sebelum menentukan menu makanan yang akan Anda jual sebaiknya pertimbangkan beberapa faktor khususnya minat masyarakat. Selain itu, buatlah menu masakan yang Anda benar-benar menguasainya untuk menjamin kualitas rasa. Untuk bisnis warung makan, sebaiknya buatlah beberapa variasi menu makanan agar pelanggan dapat memilih sesuai selera mereka. Jika menu masakan yang akan Anda jual tidak jauh berbeda dengan menu masakan yang ada di warung makan lainnya, buatlah sesuatu yang unik dari menu masakan tersebut. Keunikan biasanya menjadi daya tarik tersendiri di mata konsumen.

5. Bahan Baku
Untuk membuat menu masakan yang berkualitas, pemilihan bahan baku makanan tidak boleh sembarangan. Bahan baku yang berkualitas akan melahirkan menu masakah yang berkualitas pula. Oleh sebab itu, ketersediaan bahan baku yang harus Anda jaga dengan baik. Jalinlah kerjasama dengan suplier yang dapat menyediakan bahan baku warung makanmu.

Suplier bahan baku tidak harus suplier yang besar. Jika warung makan Anda masih sederhana, sebaiknya carilah penjual sayur untuk menyediakan bahan baku secara rutin. Namun pastikan bahan baku yang ia siapkan benar-benar berkualitas untuk menjaga cita rasa masakan.

Itu tadi 5 tips sukses memulai bisnis makanan khususnya yang berupa warung makan. Untuk kesuksesan bisnis warung makan, selain kualitas rasa, kualitas layanan juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Maka, pastikan pengunjung mendapat pelayanan yang ramah dan sopan serta selalu jaga kebersihan agar pengunjung makin betah di warung makan Anda.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *