Melirik Bisnis Keripik Talas yang Gurih dan Dijamin Cuan!

Salah satu jenis jajanan yang sangat digemari adalah keripik talas. Apa itu talas dan seperti apa peluang bisnis keripik talas akan kami ulas secara lengkap.

Keripik talas menjadi ide bisnis yang bisa Anda geluti. Makanan ini terbuat dari talas. Keripik ini bisa menjadi makanan atau camilan yang bisa menemani berkumpul Anda bersama dengan teman atau keluarga.

Talas ini berbeda dengan singkong dimana rasanya ada rasa manis berbeda, sedangkan keripik singkong yang lebih didominasi dengan rasa gurih.

Jika Anda ingin menggeluti bisnis ini penting sekali untuk mendalami jenis-jenis keripik talas, bahan-bahan pembuatannya apa saja dan juga cara pembuatannya.

Hal itu karena talas yang menjadi dasar pembuatan keripik ini membutuhkan penanganan khusus agar layak dikonsumsi. Jika salah menangani talas yang diolah ini justru akan menyebabkan rasa gatal di tenggorokan.

Mengenal Tanaman Talas

Keripik Talas
Keripik Talas

Talas ini merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Setelah itu dibawa migrasi penduduk dari Asia Tenggara menuju ke China kemudian ke Jepang. Talas ini juga terus menyebar sampai ke kepulauan Samudra Pasifik.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik pada dataran rendah dan dataran tinggi terutama yang memiliki iklim tropis maupun memiliki iklim sub tropis.

Daerah Indonesia yang identik dengan penanaman talas adalah Bogor. Setelah itu talas dikembangkan menjadi beberapa varietas unggul. Setiap varietas ini akan memiliki rasa umbi yang berbeda-beda.

Jenis varietas talas yang berhasil dikembangkan adalah talas bentul, talas ketan dan juga talas sutera.
Setiap varietas memiliki ciri khususnya masing-masing. Misalnya saja adalah talas bentul ini memiliki ciri khusus seperti berwarna keunguan dan umbi yang dihasilkan memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Umbinya ini juga berwarna muda kekuningan. Talas ini pada umumnya dipanen saat berusia delapan sampai dengan sepuluh bulan.

Talas ketan ini memiliki ciri khusus seperti pelepah dengan warna hijau tua dengan agak kemerahan. Talas sutera ini memiliki daun berwarna hijau muda dan juga berbulu sehingga saat disentuh ini teksturnya akan sangat mirip dengan kain sutera.

Umbi yang dihasilkan ini berwarna kecoklatan dengan ukuran umbi yang tidak terlalu besar. Masa panen umbi ini lima sampai dengan enam bulan.

Macam-Macam Keripik Talas

Ada berbagai macam jenis keripik talas yang bisa Anda jadikan sebagai bisnis. Yang pertama adalah keripik original. Pada keripik jenis ini rasanya hanya gurih dan bisa juga rasanya asin.

Keripik selanjutnya adalah rasa pedas manis dimana keripik ini didominasi dengan rasa pedas dari cabai dan juga manis dari gula pasir atau gula jawa.

Yang terakhir adalah keripik dengan aneka bumbu. Keripik aneka bumbu itu biasanya ditaburi dengan bumbu tabur seperti balado, keju, rumput laut, bumbu pedas, jagung bakar, BBQ, sapi panggang dan sebagainya. Bumbu tabur ini sangat kekinian dan menarik banyak minat konsumen.

Cara Pembuatan

Meski keripik talas ini banyak diminati namun Anda harus tahu bagaimana cara membuat keripik yang renyah dan anti melempem. Pengolahan yang salah akan membuat keripik ini tidak renyah.

Anda harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu seperti bumbu, minyak goreng, kapur sirih dan tentunya talas itu sendiri.

Anda bisa mengupas talas kemudian cuci sampai bersih, potong talas dengan bentuk panjang korek api, jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis. Untuk membuat talas ini tidak mudah hancur dan tidak gatal Ada bisa merendam talas dengan kapur sirih selama 30 menit.

Tiriskan talas kemudian Anda bisa mencampurkannya dengan bumbu, diamkan selama 30 menit agar meresap. Panaskan minyak kemudian goreng sampai kering, tiriskan agar minyak mengering dan berikan bumbu tabur.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Talas

Keripik Talas
Cara Menghilangkan Gatal Pada Talas

Jika berniat untuk menjualnya penting untuk menghilangkan rasa gatal pada talas terlebih dahulu. Untuk menghilangkan rasa gatal itu Anda bisa dengan menjemurnya di bawah terik matahari. Menjemur talas di bahwa matahari ini bisa membuat gatal pada talas ini berkurang.

Penjemuran yang dilakukan bisa selama satu jam. Senyawa yang bisa menyebabkan gatal akan menguap dalam proses ini.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa gatal pada talas ini adalah dengan merendam dengan air garam. Merendam talas dengan garam ini bisa membuat kalsium oksalat yang menyebabkan gatal pada talas ini menjadi berkurang.

Anda bisa menyiapkan baskom dengan air garam kemudian rendam selama 30 menit. Selain bisa menyebabkan rasa gatal hilang bisa membuat talas ini menjadi lebih gurih.

Manfaat Talas

Ada banyak sekali aneka manfaat yang terkandung dalam talas ini. Talas mengandung banyak vitamin dan juga mineral. Talas kaya akan serat seperti vitamin A, C, E dan juga B6. Talas juga kaya akan folat, magnesium, zat besi, seng, fosfor, potasium, mangan dan juga tembaga.

Talas ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Talas membuat makanan mudah dicerna dan diserap oleh lambung dan juga usus. Hal ini membuat proses pencernaan bisa berjalan dengan lancar.

Berbagai macam masalah pencernaan seperti gas yang berlebih, kembung, diare dan juga kram perut bisa dikurangi dengan konsumsi talas.

Talas ini juga bisa membantu masalah penglihatan dan membuatnya menjadi lebih jernih. Talas juga mengandung beta carotene dan juga cryptoxanthin yang mana bisa mencegah terjadinya katarak dan mengatasi masalah jantung.

Manfaat lainnya adalah menjaga kesehatan kulit dan rambut, mengatasi masalah darah tinggi, membantu menguatkan sistem imun tubuh, sangat baik untuk penderita diabetes dan yang terakhir adalah mengurangi risiko penyakit jantung.

Anda yang ingin konsumsi talas ini, harus memperhatikan kandungan kalorinya. Hal itu karena kandungan kalori pada talas ini sangat tinggi sehingga bisa menjadi masalah bagi Anda yang menjalankan program penurunan berat badan. Dalam 100 gram talas ini kandungan kalorinya adalah 112 sehingga dikatakan sangat tinggi.

Untuk kadar karbohidrat talas ini juga tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan kentang. Terlalu banyak mengkonsumsi talas ini akan membuat karbohidrat menumpuk sehingga menyebabkan kegemukan.

Tips Berbisnis Keripik Talas

Keripik Talas
Tips Berbisnis Keripik Talas

Jika Anda ingin menggeluti bisnis keripik talas ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar hasil bisnisnya ini sesuai dengan yang diharapkan. Peluang usaha dari keripik satu ini masih terbuka dengan lebar karena pesaingnya yang sedikit sehingga bisa menjadi ide bisnis yang potensial.

Anda harus memiliki persiapan yang matang. Anda harus menyiapkan berbagai macam kebutuhan yang dibutuhkan dalam menggeluti bisnis keripik talas ini misalnya saja adalah kesiapan modal, ilmu dan keterampilan dalam mengolah talas, dan menyiapkan rencana usaha yang matang.

Modal yang Anda keluarkan ini tidak besar namun pastikan modal yang Anda miliki ini cukup.

Anda juga harus memastikan bahwa jika bahan talas untuk pembuatan keripik ini cukup, Anda harus memiliki supplier talas agar tidak kehabisan bahan baku.

Penting untuk menentukan harga yang kompetitif. Jika harga keripik talas ini terlalu mahal akan menyebabkan konsumen tidak berniat untuk membeli keripik yang diproduksi.

Yang terakhir adalah pemasaran, bisnis tanpa pemasaran seperti sayur tanpa garam karena roda bisnis Anda tidak bisa berjalan seperti yang diharapkan.

Berbisnis keripik talas ini bisa menjadi peluang usaha yang potensial karena banyaknya jumlah peminat dan sedikitnya pesaing, semoga informasi ini bermanfaat dan menginspirasi Anda.

close button