10 Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan

Salah satu diet sehat yang populer adalah dengan rutin mengonsumsi kentang yang direbus. Tahukah Anda berbagai manfaat kentang rebus yang sangat luar biasa?

Kentang sudah kita kenal sebagai salah satu bahan makanan kaya vitamin, mineral dan nutrisi penting bagi tubuh. Salah satu diet sehat yang populer adalah dengan rutin mengonsumsi kentang yang direbus.

Kentang rebus adalah sumber makanan yang kaya vitamin dan mineral, terutama kalium, fosfor, vitamin B kompleks, dan vitamin C. Selain itu, kentang rebus rendah kalori dan lemak, dan kandungan seratnya yang tinggi membantu Anda merasa kenyang.

Merebus kentang agar mendapatkan manfaat secara maksimal adalah dengan kulitnya (jangan kupas dulu kemudian baru direbus). Kenapa demikian?

Ketika kentang direbus termasuk kulitnya, kentang berukuran besar dengan berat sekitar 300 gram memiliki kandungan 261 kalori, 6 gram protein, dan 0,3 gram lemak.

Jika Anda mengupas kentang sebelum merebusnya, Anda kehilangan sekitar setengah gram protein, tetapi kandungan kalori dan lemaknya tetap sama. Dikupas atau tidak dikupas, kentang memiliki 5 gram serat.

Fakta Nutrisi Kentang Rebus

Dalam 100 gram kentang rebus yang dimasak dengan kulitnya tanpa garam memiliki nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 87
  • Air: 77%
  • Protein: 1,9 gram
  • Karbohidrat: 20,1 gram
  • Gula: 0,9 gram
  • Serat: 1,8 gram
  • Lemak: 0,1 gram.

Luar biasa sekali kan? Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di kentang rebus, apa saja aneka manfaat yang didapatkan ketika rutin dimanfaatkan sebagai konsumsi?

Manfaat Kentang Rebus

Manfaat Kentang Rebus
Manfaat Kentang Rebus

1. Antioksidan

Manfaat kentang rebus yang pertama adalah memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Kentang kaya senyawa seperti karotenoid, asam fenolik dan flavonoid.

Senyawa-senyawa ini mampu bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh yang akan menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya yang biasa dikenal sebagai radikal bebas.

Ketika radikal bebas menumpuk, mereka dapat meningkatkan risiko penyakit yang kronis seperti diabetes, kanker dan jantung, Antioksidan yang ada dalam kentang rebus dapat membantu menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar.

2. Sangat Mengenyangkan

Kentang rebus terbukti sangat mengenyangkan meski dijadikan sebagai makanan tunggal dan pokok. Makanan yang mudah mengenyangkan dapat membantu dalam proses diet sehat dan menurunkan berat badan karena membantu mengurangi rasa lapar.

Ada bukti yang menunjukkan bahwa protein kentang yang dikenal sebagai potato proteinase inhibitor 2 (PI2) dapat membantu “menahan” nafsu makan. Protein ini tampaknya meningkatkan pelepasan cholecystokinin (CCK), hormon yang meningkatkan perasaan kenyang.

3. Kesehatan Pencernaan

Manfaat kentang rebus yang berikutnya adalah sangat bagus untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan. Pati resisten pada kentang yang direbus terbukti dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Ketika pati resisten ini mencapai usus besar, hal tersebut kemudian akan menjadi makanan bagi bakteri baik yang ada di usus manusia.

Bakteri ini kemudian mencernanya dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek (asam butirat). Asam butirat sangat disukai oleh bakteri baik yang ada di usus.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa asam butirat dapat membantu mengurangi peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar serta mengurangi risiko kanker kolorektal. Selain itu, asam butirat dapat membantu orang dengan gangguan radang usus.

4. Mengontrol Gula Darah

Manfaat Kentang Rebus
Manfaat Kentang Rebus untuk Mengontrol Gula Darah (azerbaijan_stockers – freepik.com)

Kentang rebus juga sangat bermanfaat untuk membantu mengontrol gula darah. Kentang mengandung pati resisten yang tidak akan diurai dan diserap sepenuhnya oleh tubuh.

Ketika pati resisten mencapai usus besar, pati resisten ini akan menjadi sumber nutrisi bagi bakteri baik yang ada di usus. Pati resisten akan mengurangi resistensi insulin, yang pada gilirannya akan meningkatkan kontrol gula darah.

Sebuah penelitian terhadap orang dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa mengonsumsi makanan dengan pati resisten membantu menghilangkan kelebihan gula darah setelah makan.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat kentang rebus yang berikutnya juga sangat luar biasa yaitu untuk membantu meningkatkan fungsi otak.

Vitamin B6 yang ada dalam kentang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan mengurangi gangguan mood dengan mengeluarkan serta meningkatkan hormon serotonin (hormon yang mengelola suasana hati) dan dopamin (hormon yang mengelola rasa bahagia).

6. Mengurangi Stres

Vitamin B6 yang ada dalam kentang rebus juga akan membantu dalam mengurangi stres. Vitamin B6 memproduksi asam gamma-aminobutirat (GABA) yaitu hormon yang juga dapat mengurangi stres dan memberikan sinyal serta membantu otak mempersiapkan diri untuk relaksasi atau tidur.

7. Meringankan Batu Ginjal

Kadar asam urat yang tinggi dalam darah merupakan penyebab utama batu ginjal. Kulit kentang yang direbus diketahui sebagai sumber yang kaya nutrisi seperti garam alkali, tembaga, mangan, kalium, dan vitamin B.

Nutrisi ini sangat berguna untuk membantu mengurangi massa kristal kalsium yang keras dalam urin.

8. Tinggi Serat

Salah satu kunci sukses diet adalah rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Kentang yang direbus lengkap dengan kulitnya adalah salah satu sumber serat tinggi yang secara signifikan membantu proses penurunan berat badan.

9. Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat Kentang Rebus
Manfaat Kentang Rebus untuk Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat kentang rebus yang berikutnya adalah membantu mengurangi resiko terkena kanker. Kentang juga mengandung asam klorogenat, fitokimia yang menurut penelitian dapat menghalangi pembentukan nitrosamin karsinogenik dan mengurangi risiko kanker hati dan usus besar.

Kulit kentang rebus mengandung asam klorogenat 20 kali lebih banyak daripada daging buahnya.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kentang rebus yang berikutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi kentang rebus secara rutin juga akan membantu menurunkan tekanan darah. Kentang juga mengandung senyawa yang disebut kukoamines, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kesimpulan

Menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin mengonsumsi kentang rebus sangat bermanfaat. Kentang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Beberapa manfaat kentang rebus di antaranya adalah membantu meningkatkan kontrol gula darah, pengurangan risiko penyakit jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi.

Kentang rebus juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, kentang juga cukup mengenyangkan, yang artinya adalah kentang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan mengurangi rasa lapar.

Secara keseluruhan, kentang rebus adalah tambahan yang bagus untuk diet sehari-hari Anda.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.