Tips Sukses Menjalankan Bisnis Bengkel Motor

Danusyakti.com – Tips sukses menjalankan bisnis bengkel motor. Di Indonesia, motor menjadi alat transportasi yang merakyat hingga semua kalangan masyarakat menggunakan jenis transportasi ini baik dari golongan menengah keatas maupun menengah kebawah. Untuk memiliki sebuah motor terbilang sangat mudah, berbagai lembaga pembiayaan siap membantumu jika Anda ingin membeli motor secara kredit. Selain kemudahan memilikinya, harga yang terjangkau dan konsumsi bahan bakar yang irit menjadi alasan utama mengapa mereka lebih suka menggunakan motor dibanding dengan transportasi roda empat.

Mengingat angka pengguna motor selalu bertambah dan meningkat setiap tahunnya, maka peluang usaha dibidang otomotif menjadi sangat prospektif. Ada banyak peluang usaha di bidang otomotif yang menguntungkan, salah satunya dengan membuka bengkel sepeda motor. Pengguna motor yang semakin banyak dan kebutuhan service motor yang rutin dan berkala membuat bisnis bengkel motor ini layak untuk dicoba.

Buat Anda yang ingin memanfaatkan peluang besar ini dengan mendirikan bengkel motor, berikut dibawah ini beberapa langkah dan tips sukses yang dapat Anda coba untuk menjalankan bisnis motor agar lebih menguntungkan.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Bengkel Motor

1. Menyiapkan Tempat Strategis
Sebelum membuka bengkel motor, sebaiknya tentukan dulu lokasinya. Pemilihan tempat usaha harus dipertimbangkan dengan matang karena dapat membantu mengsukseskan usaha yang Anda jalankan. Pemilihan lokasi yang strategis akan memberikan banyak keuntungan khususnya bagi bengkel motor yang baru saja dibuka seperti mudah dilihat, mudah dijangkau dan mudah dikenal oleh masyarakat. Meski anggaran yang Anda siapkan dapat membengkak untuk sewa tempat usaha bengkel motor yang strategis namun semua akan sepadan dengan peluang keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Tips sukses menjalankan bisnis bengkel motor (foto Kompas)
Tips sukses menjalankan bisnis bengkel motor (foto Kompas)

Masalahnya, bagaimana jika modal usaha kita terbatas? Membuka usaha ditempat tinggal yang kurang strategis memiliki resiko pertumbuhan yang lambat. Untuk memperkenalkannya ke masyarakat Andabutuh perjuangan yang ekstra. Karena bagaimanapun juga jika Anda ingin bisnis bengkel motor dapat berkebang secara signifikan maka pilihlah lokasi yang benar-benar strategis.

2. Menyiapkan Montir Yang Handal
Menjalankan bisnis bengkel motor tidak mengharuskan Anda mengetahui semua hal tentang teknik sepeda motor. Sebaiknya rekrut satu atau dua orang montir yang berpengalaman untuk bekerja di bengkel motor Anda. Biarkan mereka yang menangani masalah yang terjadi pada motor pelanggan.

Untuk menghemat pengeluaran, angkatlah beberapa asisten pemula untuk membantu tugas-tugas montir dengan harapan mereka dapat belajar dari montir yang berpengalaman. Seiring dengan berjalannya waktu, asisten pemula ini akan memiliki pengalaman yang tidak jauh berbeda dengan montir seniornya. Dengan begitu, Anda dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk menyediakan SDM yang berkualitas.

3. Jalin Kersama Yang Baik Dengan Suplier
Mengingat layanan yang diberikan bengkel motor bukan hanya pada layanan service melainkan juga melayani penjualan suku cadang maka mengetahui informasi tentang suplier yang siap menyediakan suku cadang sangatlah penting. Seperti yang Anda ketahui, tiap suplier memiliki harga jual yang berbeda untuk suku cadang yang dijualnya. Sebaiknya pilah dan pilih suplier dengan harga yang kompetitif. Dengan begitu Anda dapat menjual suku cadang dengan harga yang lebih murah dibanding bengkel motor lainnya.

Mengingat kebiasaan masyarakat Indonesia yang menjadikan harga sebagai tolok ukur ketika ingin bertransaksi, maka menjual suku cadang dengan harga yang sedikit lebih murah bisa menjadi daya tarik tersendiri. Orang akan lebih mudah mengingat dan kembali ke bengkel motor Anda. Untuk mendapatkan suplier suku cadang yang murah sebaiknya hindari membeli dari reseller, usahakan membeli langsung dari supliernya untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Akan tetapi Anda harus menyiapkan dana lebih banyak karena suplier biasanya hanya melayani pembelian dalam partai besar.

4. Menentukan Strategi Promosi
Jika semua hal di atas sudah Anda siapkan dengan baik maka langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan strategi promosi untuk mengenalkan bengkel motormu ke calon pelanggan. Strategi pemasaran yang tepat akan memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis bengkel motor.

Sebaiknya manfaatkan media online sebagai salah satu strategi promosi. Di media online seperti facebook biasanya ada group atau komunitas tertentu yang mewakili daerah. Bergabunglah ke group tersebut lalu promosikan bisnis bengkel motor Anda secara bijak. Beberapa gebrakan promosi sesekali perlu Andalakukan untuk menarik minat konsumen seperti memberian diskon pada event-event tertentu atau diskon khusus bagi member. Berkreasilah untuk menciptakan sebuah promosi yang unik, kreatif dan menarik.

5. Belajar secara bertahap
Saat membuka bisnis bengkel motor, Anda tidak harus menguasai semua hal terlebih dahulu. Anda dapat belajar secara bertahap seiring berjalannya bisnis. Buat Anda yang belum menguasai masalah mekanik dapat belajar tentang mekanik secara bertahap untuk mengantisipasi jika ada karyawan yang tidak masuk. Pengelolaan uang yang baik juga dapat Anda pelajari sambil menjalankan bisnis. Yang penting, ketika ada niatan kuat untuk membuka bisnis bengkel motor segera realisasikan dan jangan takut gagal karena Anda tidak akan pernah tahu sebelum mencobanya.

Itulah beberapa tips sukses menjalankan bisnis bengkel motor yang harus Anda siapkan. Bisnis bengkel motor akan berkembang dengan baik jika dari awal sudah direncanakan dengan matang. Untuk itu, luangkan waktu untuk merencanakan bisnis Anda agar memberikan keuntungan seperti yang Anda harapkan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *