Sumber Modal Usaha Tanpa Jaminan Untuk Memulai Bisnis

Danusyakti.com – Sumber modal usaha tanpa jaminan untuk memulai usaha. Membangun sebuah usaha memiliki konsekuensi yang besar. Beberapa hal yang berkaitan dengan usaha seperti modal, produksi barang, konsep hingga strategi pemasaran harus dipertimbangkan dan direncanakan dengan matang. Jika tidak, maka bisnis tidak akan berkembang dengan baik bahkan bisa mengalami kebangkrutan.

Salah satu kendala yang sering dihadapi calon pengusaha adalah soal permodalan. Apalagi jika usaha yang akan dibuka membutuhkan modal yang cukup besar. Tak jarang yang kemudian memberanikan diri berhutang ke bank untuk mendapatkan modal usaha. Tapi, tahukah Anda bahwa sumber modal ternyata tidak hanya sebatas bank? Buat Anda yang sedang mencari alternatif permodalan, berikut di bawah ini saya jabarkan beberapa sumber modal usaha tanpa jaminan yang dapat Anda gunakan untuk membuka sebuah bisnis.

Sumber Modal Usaha Tanpa Jaminan Untuk Memulai Bisnis

1. Memanfaatkan Tabungan Pribadi
Sebelum menggunakan sumber modal yang lain, sebaiknya gunakan tabungan pribadi sebagai alternatif pinjaman. Cara ini sangat aman karena Anda tidak akan dibebani bunga pinjaman dan tanggal pembayaran. Anda akan lebih tenang dan nyaman saat menjalankan bisnis.

Sumber Modal Usaha Tanpa Jaminan
Sumber Modal Usaha Tanpa Jaminan

Meskipun tidak ada kewajiban mengembalikan uang tabungan, namun sebaiknya sisihkan keuntungan untuk mengangsur tabungan setiap bulan. Anggaplah modal dari tabungan pribadi itu sebagai hutang yang harus dikembalikan. Cara ini akan membuat Anda terus berfikir bagaimana cara memutar modal agar usaha cepat berkembang dan mendapatkan keuntungan.

2. Manfaatkan KTA
Salah satu produk perbankan yang dapat Anda jadikan alternatif modal usaha tanpa jaminan adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA). Pinjaman ini biasanya diberikan kepada karyawan suatu perusahaan baik pemerintah maupun swasta. Pencairan KTA terbilang cukup mudah selama persyaratannya terpenuhi. Namun ada kewajiban berupa bunga dan angsuran pokok yang harus Anda bayar setiap bulan. Cara kedua ini sangat cocok buat Anda yang tidak punya aset sebagai agunan untuk pinjam ke bank atau memang sekedar ingin mencari pinjaman yang tanpa agunan.

3. Manfaatkan Koperasi
Koperasi juga melayani pinjaman dengan sistem modal usaha tanpa jaminan atau tanpa agunan. Syarat-syarat yang dibutuhkan juga terbilang cukup mudah dan tidak ribet seperti saat mengajukan pinjaman ke bank. Selama status kreditur terpercaya dan dianggap dapat mengangsur hingga lunas maka pinjaman dari koperasi akan mudah cair. Biasanya fasilitas pinjaman koperasi hanya disediakan khusus untuk komunitas tertentu dan anggotanya saja meski ada koperasi simpan pinjam yang bersifat umum.

4. Manfaatkan Investor Mitra
Cara keempat untuk mendapatkan modal usaha tanpa jaminan adalah dengan mengajukan kerjasama kepada para investor. Buatlah proposal kerjasama berupa peluang investasi lalu sebarkan ke komunitas bisnis dan forum-forum bisnis. Anda juga dapat mengajukannya secara personal kepada seseorang yang Anda anggap mampu dan mau diajak kerjasama.

Salah satu tantangan terberat untuk mendapatkan modal dengan cara ini adalah meyakinkan investor bahwa bisnis yang Anda jalankan benar-benar memiliki prospek yang bagus. Apalagi jika bisnis yang Anda lakukan masih sebatas rencana alias belum terealisasi. Untuk itu ketika membuat proposal, sampaikan semua informasi secara terperinci termasuk perhitungan keuntungan dan resikonya. Sampaikan juga peraturan dan sistem kerjasamanya dengan jelas untuk menghindari kesalahpahaman dikemudian hari

5. Menjual Aset Pribadi
Jika semua cara di atas tidak menghasilkan sama sekali, maka cara terakhir untuk mendapatkan modal usaha tanpa jaminan adalah dengan menjual aset pribadi seperti rumah, tanah, mobil, perhiasan dan lainnya. Apapun yang bisa dijual sebaiknya dijual untuk mendapatkan modal usaha.

Namun sebelumnya hitunglah berapa modal yang Anda perlukan dan aset apa saja yang sekiranya dapat menutupi kebutuhan modalmu. Jangan sampai aset yang Anda jual nilainya terlalu besar dari modal yang dibutuhkan karena akan mubazir. Selain itu jika ada dana lebih biasanya akan dialokasikan untuk sesuatu yang tidak penting, hal ini akan menghambat perkembangan bisnis yang Anda rencanakan.

Itu tadi beberapa sumber modal usaha tanpa jaminan yang dapat Anda jadikan alternatif permodalan untuk merealisasikan bisnis yang Anda idamkan. Untungnya, saat ini untuk mendapatkan modal bukanlah hal yang sulit mengingat banyaknya perbankan dan lembaga perkreditan yang menawarkan modal usaha tanpa jaminan dengan syarat yang mudah. Namun sebaiknya tetap berhati-hati mengajukan pinjaman modal karena jika salah perhitungan maka bisnis Anda bisa gagal total.

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *