Rekomendasi Xposed Modul Oppo F1 Plus

Rekomendasi Xposed Modul Oppo F1 Plus – Cukup banyak email masuk yang menanyakan modul apa saja yang saya pakai untuk Oppo F1 Plus. Sebenarnya mau menjawab rancu juga karena modul ini sebenernya sesuai kebutuhan saja. Kenapa harus memakai modul yang saya gunakan jika orang lain belum tentu membutuhkannya. Jadi fokusnya begini saja, modul apa yang pernah saya pakai dan berjalan dengan baik di Oppo F1 Plus. Saya sudah mencoba beberapa modul dan memang ada beberapa modul yang tidak bisa berjalan karena memang ColorOS ini termasuk android yang “Heavy” modifikasi. Sudah jauh dari kemurnian android.

Modul-modul yang tidak bisa berjalan dengan baik di ColorOS kebanyakan adalah modul yang memodifikasi tampilan status bar. Contohnya seperti mengganti/merubah icon baterai. Saya sudah mencoba beberapa modul yang bisa merubah tampilan baterai namun tidak ada yang berhasil. Mungkin ada yang bisa share modul apa yang sukses bisa memodifikasi tampilan baterai bisa share di kolom komentar. Oke untuk saat ini modul yang saya pakai adalah :

Rekomendasi Xposed Modul Oppo F1 Plus
Rekomendasi Xposed Modul Oppo F1 Plus
Modul Xposed Oppo F1 Plus

1. Amplify
Rekomendasi Xposed modul Oppo F1 Plus yang pertama adala Amplify. Sebagian besar sudah tahu kegunaan Amplify. Secara garis besar Amplify adalah untuk membantu menghemat baterai dengan melakukan blok pada wakelock/alarm. Keterangan lebih lanjut untuk Amplify bisa di check playstore atau Xda. Modul ini FREE namun ada pilihan untuk donasi. Berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala di ColorOS.

2. BootManager
Rekomendasi Xposed modul Oppo F1 Plus yang berikutnya yaitu BootManager. Modul ini akan mendisable aplikasi agar tidak running ketika ponsel dalam kondisi dinyalakan setelah dimatikan. Oke memang ada aplikasi Security Center di ColorOS yang bisa mendisable autorun aplikasi, namun kebetulan aplikasi Security di Oppo F1 Plus saya disable (ada pertimbangan tertentu mengapa saya mendisable aplikasi security center). Jadi bisa dikatakan ini untuk menggantikan security center. Berjalan dengan baik dan tanpa kendala. Pembahasannya bisa main-main ke forum Xda disini.

3. Greenify
Rekomendasi Xposed modul Oppo F1 Plus yang berikutnya adalah Greenify. Saya yakin 99 dari 100 orang pasti tahu aplikasi ini. Siapa yang tidak tahu yang mulia Greenify? aplikasi ini adalah salah satu alasan saya melakukan root meski sebenarnya Greenify bisa running tanpa harus di root terlebih dahulu. Greenify akan berjalan maksimal dengan bantuan proses root dan apalagi dengan Xposed maka niscaya akan keluar seluruh kemampuan terbaiknya. Berjalan dengan baik dan tanpa kendala. Aplikasi ini free dan akan lebih maksimal jika bisa memberikan donasi nanti akan terbuka fitur-fitur powefull-nya. Bisa dicari di playstore atau silahkan bermain-main ke forumnya di Xda disini.

4. Intelli3G
Nah kalau ini adalah modul untuk bermain-main dengan network mode. Modul ini bisa untuk membantu memodifikasi settingan network mode seperti LTE, 3G maupun mode 2G/Edge. Modul ini saya gunakan untuk membantu profil di Tasker. Jadi disini saya membuat profil di Tasker yang terintegrasi dengan modul ini. Contoh profil saya adalah mempunyai rules seperti ini : Jika baterai mencapai level 20% maka network mode akan berubah ke 2G ONLY yang akan lebih menghemat pemakaian baterai. Jika baterai berada dalam kondisi diatas 20% maka akan kembali ke sinyal LTE atau 3G. Garis besarnya semacam itulah.

5. MaxLock
Rekomendasi Xposed modul Oppo F1 Plus yang berikutnya yaitu MaxLock. Modul ini untuk mengunci aplikasi dengan PIN/Pola/Password. Ini masih berhubungan dengan modul no 2 tadi karena akibat saya mendisable aplikasi Security Center jadi saya perlu pengganti untuk melakukan Lock ke beberapa aplikasi tertentu. Seperti yang kita tahu sebenarnya fasilitas ini sudah tersedia secara default namun karena ya itu tadi security center saya disable jadinya saya perlu modul ini untuk menggantikan fitur pengunci aplikasi.

6. MinMinGuard
Rekomendasi Xposed modul Oppo F1 Plus yang berikutnya yaitu MinMinGuard. Modul ini untuk block iklan. Kerennya modul ini bisa melakukan block iklan dimana saja. Baik itu di dalam aplikasi maupun di dalam browser. Tidak perlu dijelaskan panjang lebar fungsinya. Berjalan dengan baik dan tidak pernah ada iklan yang lolos.

7. NekoSMS
Nah ini modul untuk block sms spammer. Jadi kita bisa melakukan block sms sesuai “keyword” yang kita tentukan. Ini adalah fitur yang hilang di ColorOS 3. Padahal fitur block sms ini di ColorOS versi 2 sudah ada include di dalam aplikasi Security Center. Jadi seumpama saya ingin melakukan blok sms yang mengandung kata-kata “jual” maka kita tinggal memasukkan filter “jual” maka nanti jika ada sms yang mengandung kata “jual” tidak akan kita terima. Dan plusnya adalah kita bisa melakukan whitelist khusus kontak. Jadi jika seseorang di kontak kita mengirim sms berisi “jual” masih bisa kita terima.

8. Secure Setting
Rekomendasi Xposed modul Oppo F1 Plus yang berikutnya adalah Secure Setting. Ini sebenarnya hanya modul tambahan untuk mengoptimalkan fungsi aplikasi secure setting.

Sebenarnya ada 1 modul lagi yang sangat bermanfaat yaitu PowerNap (playstore). Modul ini fungsinya sama seperti Stamina Mode di ponsel android keluaran Sony. Cuman sayang sepertinya kurang berjalan optimal di ColorOS. Ada beberapa fungsi yang kurang maksimal ketika saya menggunakan modul ini.

UPDATE: Berita Bagus! developer PowerNap sudah kembali melakukan pengembangan dan update terakhir berjalan dengan baik di Oppo F1 Plus!
Beberapa modul yang pernah saya coba dan berjalan dengan baik adalah (namun saat ini sudah tidak saya gunakan):

  • LightningWall
  • WhatsApp Extensions
  • WhatsApp Mods
  • Youtube AdAway
Sedangkan modul yang pernah saya jalankan namun tidak berjalan adalah :
  • Battery Percentage Text
  • Custom Battery Meter
  • Gravity Box [LP]
  • Network Speed Indicator (memang sudah ada fitur ini di ColorOS namun tampilannya kurang bagus)
  • Wanam Xposed for Android 5.x.x

Itulah daftar rekomendasi Xposed modul Oppo F1 Plus yang saya gunakan sehari-hari. Jadi apa saja modul yang kamu gunakan di ColorOS ?? berbagi yuk silahkan tulis saja di kolom komentar.
Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *