Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Anda mencari rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat? Berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi terbaiknya.

Sunscreen adalah produk skincare penting yang tidak boleh diabaikan, terutama bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Memilih sunscreen yang tepat dapat memberikan perlindungan optimal dari paparan sinar UV tanpa meningkatkan produksi minyak dan menyumbat pori-pori.

Sebagai seseorang yang aktif berkegiatan di luar ruangan, saya selalu mencari sunscreen yang nyaman digunakan, tidak menyebabkan jerawat, dan efektif melindungi kulit saya dari sinar matahari.

Setelah mencari informasi dan mencoba berbagai produk, saya menemukan beberapa pilihan sunscreen yang menjadi favorit saya.

Berikut ini beberapa pilihan sunscreen yang dikenal sangat cocok serta memberi pengalaman positif dan manfaat khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

1. Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA ++

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA ++, berikut ini 3 hal utama yang saya rekomendasikan dari produk ini:

A. Tekstur Ringan dan Tidak Greasy

Salah satu hal pertama yang saya sukai dari sunscreen ini adalah teksturnya yang ringan dan tidak meninggalkan rasa greasy di wajah. Sunscreen ini dengan mudah menyerap ke dalam kulit tanpa meninggalkan residu berminyak atau lengket, sehingga cocok untuk kulit berminyak.

B. Kandungan Zinc Oxide, Salicylic Acid, dan Tranexamic Acid

Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield mengandung bahan aktif yang baik untuk kulit berjerawat, termasuk Zinc Oxide, Salicylic Acid, dan Tranexamic Acid.

Kandungan Salicylic Acid membantu mengatasi jerawat dan membantu menjaga pori-pori tetap bersih, sementara Tranexamic Acid berperan dalam mengurangi peradangan pada kulit.

C. Perlindungan Optimal dari Sinar UV

Dengan SPF 50 PA ++, sunscreen ini memberikan perlindungan maksimal dari sinar UVA dan UVB, yang membantu mencegah kerusakan kulit dan penuaan dini akibat paparan sinar matahari. Selama penggunaan rutin, saya merasa kulit saya lebih terlindungi dari dampak negatif sinar UV.

Kesimpulan:

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA ++ adalah salah satu rekomendasi terbaik untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Produk ini tidak hanya nyaman digunakan, tetapi juga memberikan perlindungan efektif dari sinar UV tanpa memperparah kondisi kulit berjerawat. Bagi pemilik kulit serupa, saya sangat merekomendasikan produk ini sebagai pilihan sunscreen yang cocok.

Beli di Shopee

2. EltaMD UV Clear Facial Sunscreen SPF 46

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang ke dua adalah EltaMD UV Clear Facial Sunscreen SPF 46. Ini adalah salah satu produk sunscreen yang sangat saya sukai setelah mencobanya selama tiga minggu.

Sebagai seseorang yang sebelumnya jarang menggunakan sunscreen kecuali saat berada di pantai, saya akhirnya menyadari pentingnya penggunaan sunscreen setiap hari.

Kelebihan dari EltaMD UV Clear adalah teksturnya yang ringan, mudah menyerap ke kulit, dan tidak menyebabkan iritasi. Bahkan, saya merasa bahwa produk ini bukan hanya sekadar sunscreen, tetapi juga berfungsi sebagai pelembap dengan kualitas menengah yang sangat baik.

Bagi saya yang memiliki kulit sensitif dan rentan jerawat karena masalah eksem dan jerawat, sunscreen ini adalah pilihan yang sangat tepat.

EltaMD UV Clear dilengkapi dengan SPF 46 serta kandungan hyaluronic acid, niacinamide, dan asam laktat, yang membantu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sambil juga membantu memperbaiki kondisi kulit secara bertahap.

Mengandung 9% zinc oxide dan 7.5% octinoxate, produk ini secara efektif melindungi kulit tanpa meninggalkan kesan berminyak atau lengket.

Produk ini juga telah mendapatkan persetujuan dari Skin Cancer Foundation karena sifatnya yang bebas minyak, tanpa paraben, dan nonkomedogenik, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori.

Kandungan vitamin B3 pada produk ini juga membantu meredakan peradangan dan cocok untuk kulit yang mudah meradang. EltaMD UV Clear SPF 46 adalah pilihan sempurna untuk kulit berjerawat dan sensitif seperti saya.

Produk ini tidak hanya melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas kulit secara keseluruhan.

Tetapi tentu saja, hasil pengalaman ini bisa saja berbeda untuk setiap individu. Disarankan sebelum menggunakan produk ini, lakukan uji coba pada area kecil kulit terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi atau iritasi yang mungkin terjadi.

Selain itu, pastikan untuk selalu mengikuti instruksi pemakaian yang tertera pada kemasan produk.

Beli di Shopee

3. Nivea Sun Protect & White Oil Control SPF 50+ PA++

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang ke tiga adalah Nivea Sun Protect & White Oil Control SPF 50+ PA++.

Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++ adalah sebuah produk sunscreen yang diproduksi oleh brand lokal Indonesia bernama Lacoco En Nature.

Produk ini memiliki peran penting sebagai perlindungan kulit dari sinar matahari yang dapat merusak kulit, terutama sinar UVA dan UVB.

Sunscreen ini memiliki kandungan SPF 50 PA++, yang berarti dapat memberikan perlindungan tinggi terhadap sinar UVB dan perlindungan tinggi juga terhadap sinar UVA.

Sunscreen dengan label PA++ adalah yang terendah dalam skala perlindungan UVA, dan semakin banyak tanda “+” setelah PA, semakin tinggi pula perlindungan UVA yang diberikan.

Kandungan utama dari Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++ antara lain:

  • Butyl Methoxydibenzoylmethane: Berfungsi sebagai bahan penyaring sinar UVB, membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB.
  • Octocrylene: Berfungsi sebagai bahan penyaring sinar UVB dan UVA, membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB dan UVA.
  • Ethylhexyl Methoxycinnamate: Berfungsi sebagai bahan penyaring sinar UVB, membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB.
  • Titanium Dioxide: Berfungsi sebagai bahan penyaring sinar UVB dan UVA, membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB dan UVA.

Selain perlindungan dari sinar matahari, Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++ juga memiliki beberapa manfaat bagi kulit, seperti mencerahkan kulit dan membantu mengatasi jerawat.

Beberapa bahan yang membantu memberikan manfaat tersebut adalah Glycyrrhiza Uralensis (Licorice) Root Extract dan Niacinamide.

Sebagai tambahan, sunscreen ini cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak karena memiliki tekstur gel yang ringan dan mudah untuk di-blend, serta tidak menyebabkan efek whitecast pada kulit.

Beli di Shopee

4. L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UVA SPF 50+

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang ke empat adalah L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UVA SPF 50.

Sunscreen ini memiliki formula 100% bebas minyak yang ringan, sehingga mudah menyerap tanpa meninggalkan rasa lengket atau berminyak di kulit. Produk ini juga mengandung Kaolin Clay yang berfungsi untuk menyerap kelebihan sebum dan membantu mengontrol kulit berminyak.

Selain teksturnya yang baik, L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh juga memiliki tingkat perlindungan yang tinggi terhadap sinar matahari.

Produk ini menawarkan perlindungan UV spektrum lebar dengan SPF50/PA++++, yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB harian hingga sekitar 98%.

Perlindungan ini penting untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan bintik-bintik matahari, serta melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan bahkan kanker kulit.

Sunscreen ini juga diklaim memiliki formula yang tidak lengket dan ringan, sehingga cocok untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit berminyak.

Dengan adanya perlindungan tinggi serta formulanya yang tidak membuat kulit berminyak, L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang mencari sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Beli di Shopee

5. L’Oreal Paris UV Defender Serum Protector Sunscreen Matte & Fresh SPF 50+ PA ++++

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang terakhir adalah L’Oreal Paris UV Defender Serum Protector Sunscreen Matte & Fresh SPF 50+ PA ++++.

L’Oreal Paris UV Defender Serum Protector Sunscreen Matte & Fresh adalah salah satu produk sunscreen terbaru dari rangkaian L’Oreal UV Defender.

Produk ini memiliki beberapa varian yang masing-masing ditujukan untuk memenuhi kebutuhan berbeda pada kulit, sehingga memungkinkan Anda mencapai tujuan perawatan kulit yang diinginkan.

Berikut adalah beberapa varian yang tersedia:

A. Bright & Clear (Pink) – Infused with Niacinamide for Instant Brightening:

Varian ini mengandung bahan aktif Niacinamide yang berfungsi untuk mencerahkan kulit secara instan. Selain itu, sunscreen ini membantu mencegah munculnya dark spots dan kerutan, sehingga memberikan kulit yang lebih bercahaya.

Varian Bright & Clear cocok digunakan untuk kulit yang kusam dan membutuhkan efek mencerahkan.

B. Correct & Protect (Orange) – Infused with Vitamin C:

Varian ini mengandung Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu, sunscreen ini juga membantu meningkatkan regenerasi kulit dan mengurangi penampilan kulit kusam, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Pigmen aprikot pada sunscreen ini juga menyatu sempurna dengan kulit, memberikan hasil kulit yang merata dan bercahaya.

C. Matte & Fresh (Green) – Infused with Airlicium for Oil Control:

Varian Matte & Fresh diformulasikan dengan bahan kontrol minyak Airlicium, yang mampu menyerap sebum hingga 7x beratnya untuk mengurangi kilap dan keberadaan pori-pori pada kulit berminyak.

Formula ringan dari varian ini tidak meninggalkan residu atau rasa lengket, sehingga memberikan hidrasi yang optimal untuk kulit.

D. Moist & Fresh (Blue) – Infused with Hyaluronic Acid for Moisturizing:

Varian ini mengandung bahan aktif Hyaluronic Acid yang dikenal sebagai magnet kelembapan untuk memberikan kelembapan pada kulit.

Varian ini cocok digunakan untuk kulit kering, dan selain memberikan kelembapan, sunscreen ini juga melindungi kulit dari dark spots dan kerutan. Formula ringan dari produk ini memberikan hasil tanpa residu dan kilap sepanjang hari.

Setiap varian dari L’Oreal Paris UV Defender Serum Protector Sunscreen Matte & Fresh memiliki SPF 50+ dan PA ++++, yang berarti memberikan perlindungan tinggi terhadap sinar matahari. Produk ini juga didesain untuk melindungi kulit dari paparan polusi dengan properti anti-adhesion.

Dengan beragam varian yang ditawarkan, Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, baik itu untuk mencerahkan, mengontrol minyak, menghidrasi, atau melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan akibat paparan sinar matahari.

Beli di Shopee

Cara Penggunaan Sunscreen yang Tepat untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

1. Bersihkan Wajah

Sebelum menggunakan sunscreen, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Pastikan kulit wajah dalam kondisi bersih dan bebas dari kotoran, minyak, atau sisa makeup.

Pembersihan wajah secara menyeluruh akan membantu sunscreen meresap lebih baik dan memberikan perlindungan maksimal pada kulit.

2. Gunakan Sunscreen setidaknya 30 Menit Sebelum Beraktivitas di Luar Ruangan

Sunscreen sebaiknya diaplikasikan setidaknya 30 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan. Hal ini bertujuan agar bahan aktif dalam sunscreen dapat menempel dengan baik pada kulit dan memberikan perlindungan optimal.

Jika Anda mengaplikasikan sunscreen tepat sebelum beraktivitas di luar ruangan, kemungkinan sunscreen akan terus terbawa oleh keringat atau gesekan, sehingga efektivitas perlindungannya bisa berkurang.

3. Gunakan Suncreen Secara Merata

Pastikan Anda mengaplikasikan sunscreen secara merata ke seluruh wajah dan leher, termasuk area yang sering terkena sinar matahari seperti hidung, pipi, dan dahi.

Tepuk-tepuk secara lembut saat mengaplikasikan sunscreen agar produk meresap dengan baik dan tidak meninggalkan lapisan tebal yang tidak rata.

Jika kulit wajah memiliki jerawat atau area yang rentan jerawat, hindari menggosok terlalu keras agar tidak merusak jerawat yang ada.

4. Mengaplikasikan Ulang Sunscreen Setiap 2-3 jam Sekali

Sunscreen perlu diaplikasikan ulang setiap 2-3 jam sekali, terutama jika Anda banyak berkeringat atau terkena air, seperti setelah berenang.

Jika Anda beraktivitas di bawah sinar matahari secara berkepanjangan, penggunaan ulang sunscreen akan membantu menjaga perlindungan kulit Anda dari paparan sinar UV yang berbahaya.

Baca juga: Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Berminyak

5. Ikuti Petunjuk Penggunaan

Pastikan mengikuti petunjuk penggunaan masing-masing produk. Setiap produk memiliki petunjuk penggunaan yang tepat pada masing-masing kemasannya. Jangan menggunakan sunscreen dalam jumlah berlebihan atau kurang.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan sunscreen dengan tepat untuk kulit berminyak dan berjerawat, sehingga memberikan perlindungan maksimal pada kulit Anda saat beraktivitas di luar ruangan.

Ingatlah bahwa penggunaan sunscreen merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Itulah rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa Anda pertimbangkan. Pilihlah sesuai dengan anggaran yang dimiliki dan pastinya cocok dengan jenis kulit Anda.