Peluang Usaha Perikanan yang Potensial untuk Dijalankan di Indonesia

Danusyakti.com – Peluang usaha perikanan di Indonesia pada dasarnya masih terbuka lebar. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas. Disamping itu, Indonesia juga memiliki iklim yang stabil sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai sentra usaha perikanan budidaya. Meski pun peluang usaha perikanan di Indonesia masih terbuka lebar, namun tidak banyak pengusaha yang mau terjun dan menggeluti bidang usaha ini. Anggapan bahwa usaha perikanan memiliki faktor risiko yang tinggi disertai dengan margin keuntungan yang rendah merupakan dua alasan utama mengapa sangat sedikit pengusaha yang mau menggeluti sektor usaha perikanan.

Padahal, jika ditekuni dengan baik, risiko usaha perikanan pada dasarnya dapat diminimalisir. Selain itu, dengan menerapkan teknik budidaya yang baik dan benar, margin keuntungan yang didapatkan pun juga bisa turut ditingkatkan, terlebih komoditi perikanan dapat digolongkan ke dalam salah satu komoditi kebutuhan habis pakai. Nah, bila Anda tertarik untuk menggeluti bidang usaha perikanan, berikut merupakan beberapa peluang usaha perikanan yang sangat potensial untuk dijalankan di Indonesia.

Ragam Peluang Usaha Perikanan yang Potensial di Indonesia

1. Budidaya Ikan lele
Usaha budidaya ikan lele sangat potensial untuk dijalankan karena angka permintaannya yang sangat tinggi. Saat ini ikan lele merupakan komoditi perikanan air tawar konsumsi dengan angka permintaan tertinggi di Indonesia. Ikan ini cenderung disukai karena rasanya yang lezat dan harga jualnya yang relatif terjangkau. Di lain sisi, ikan ini juga cenderung lebih mudah didapatkan ketimbang beberapa jenis ikan konsumsi lainnya.

Budidaya Ikan lele adalah salah satu peluang usaha perikanan yang potensial
Budidaya Ikan lele adalah salah satu peluang usaha perikanan yang potensial

Untuk urusan harga jual, ikan lele memiliki harga jual yang relatif stabil. Jika dilihat dari sudut pandang bisnis, peluang usaha perikanan budidaya lele tergolong sangat potensial untuk dijalankan. Hal ini karena secara permintaan, angka permintaan nya sangat besar, secara harga jual, harga jualnya tergolong sangat stabil, dan secara teknis budidaya, ikan ini juga tergolong mudah untuk dibudidayakan, memiliki tingkat survival rate yang tinggi (tidak mudah mati), dan bisa dipanen dalam kurun waktu yang relatif singkat.

2. Budidaya Sidat
Peluang usaha perikanan ke dua yang juga tidak kalah potensial untuk dijalankan di Indonesia adalah usaha budidaya sidat. Menurut sumber referensi yang kami gunakan, sampai saat ini permintaan akan komoditi sidat dari manca negara masih belum bisa terpenuhi dengan baik. Padahal jika menilik dari harga jualnya, ikan ini tergolong memiliki harga jual yang paling tinggi di antara ikan-ikan konsumsi yang lainnya.

Sayangnya, meski pun peluang untuk bisa masuk ke usaha budidaya sidat terbilang sangat besar, namun sidat tergolong cukup sulit untuk dibudidayakan. Disamping itu, biaya yang dibutuhkan untuk membudidayakan sidat juga tergolong cukup mahal, mengingat jenis pakannya yang membutuhkan nilai protein tinggi.

3. Budidaya Udang Lobster
Sama seperti sidat, udang lobster juga memiliki harga jual yang sangat tinggi. Jika merujuk pada sumber referensi yang kami gunakan, harga satu kg udang lobster untuk pasar ekspor dapat mencapai ratusan ribu rupiah. Angka ini mencapai beberapa kali lipat harga komoditi perikanan konsumsi lain nya. Selain memiliki harga jual yang tinggi, angka permintaan akan udang lobster juga tergolong sangat tinggi. Angka permintaan yang tinggi ini mayoritasnya berasal dari pasar manca negara seperti Jepang, Korea, dan Inggris.

Menurut informasi, sampai saat ini permintaan udang lobster dari manca negara masih belum bisa terpenuhi, terlebih setelah kementerian perikanan dan kelautan Republik Indonesia membuat aturan larangan ekspor benur ke luar negeri. Dengan harga jual yang tinggi dan angka permintaan yang stabil, udang lobster benar-benar sangat pas untuk dijadikan sebagai komoditi bisnis Anda.

4. Budidaya Ikan Nila
Sama seperti halnya peluang usaha budidaya ikan lele, peluang usaha perikanan budidaya nila juga tergolong sangat potensial untuk dijalankan. Pasalnya, angka permintaan akan komoditi ikan nila di Indonesia tergolong cukup tinggi, dan harga jualnya pun juga relatif cukup stabil.Untuk urusan aktivitas budidaya, ikan nila tergolong cukup mudah untuk dibudidayakan. Ikan ini dapat hidup di daerah perairan ekstrim seperti empang atau pun waduk. Meski pun jika dilihat dari sudut pandang nilai, harga jual ikan ini tergolong murah, namun karena angka permintaan yang tinggi, komoditi perikanan air tawar yang satu ini tetap menjanjikan keuntungan yang cukup besar.

5. Budidaya Ikan Mas Koi
Peluang usaha perikanan tidak hanya terbatas pada komoditi perikanan konsumsi saja. Lebih dari itu, ada juga komoditi perikanan hias yang tidak kalah potensial untuk ditekuni. Ikan mas koi merupakan salah satu komoditi ikan hias yang sangat potensial untuk dibudidayakan di Indonesia. Angka permintaan ikan hias yang satu ini tergolong luar biasa besar, terutama dari negara Jepang, Korea, dan China.

Bahkan pada momen-momen tertentu, angka permintaan akan ikan mas koi dapat mengalami peningkatan hingga berkali-kali lipat. Padahal, ketersediaannya relatif tidak begitu banyak. Jika dilihat dari sudut pandang bisnis, ikan mas koi benar-benar masih sangat potensial untuk dibudidayakan.

6. Budidaya Ikan Arwana
Sama seperti halnya ikan mas koi, ikan arwana juga memiliki angka permintaan yang sangat tinggi. Bahkan, jika dibandingkan dari sudut peminat, jumlah negara yang menaruh minat terhadap komoditi ikan hias yang satu ini tergolong jauh lebih banyak. Jika ditinjau dari sudut pandang bisnis, peluang usaha perikanan budidaya ikan arwana benar-benar masih terbuka lebar. Pasalnya, selain memiliki angka permintaan yang tinggi dan stabil, harga jual ikan hias arwana juga sangat mahal.

Saat ini ada dua varian ikan arwana yang umum dibudidayakan di Indonesia. Kedua varian ikan arwana tersebut adalah ikan arwana merah dan ikan arwana silver. Dari sudut pandang harga jual, ikan arwana merah cenderung memiliki harga jual yang lebih tinggi dari pada ikan arwana silver. Namun begitu, dari sudut pandang ketersediaan, ikan arwana merah cenderung lebih sulit untuk didapatkan.

7. Budidaya Cacing Sutera
Peluang usaha perikanan budidaya cacing sutera pada dasarnya tergolong ke dalam sektor usaha perikanan pendukung. Usaha ini memang tampak sangat sepele. Namun begitu, jika dilihat dari sudut pandang potensi keuntungan, usaha ini benar-benar sangat luar biasa. Cacing sutera merupakan salah satu jenis pakan alami yang digunakan dalam proses budidaya komoditi perikanan air tawar.

Sampai saat ini kebanyakan cacing sutera yang beredar di pasaran masih didapatkan dengan cara menangkap di alam, sehingga ketersediaan nya sangat terbatas. Padahal, di lain sisi, angka kebutuhan nya terus mengalami peningkatan seiring dengan semakin banyaknya jumlah pembudidaya ikan air tawar.

Nah, jika Anda tertarik, Anda bisa mulai menjalankan usaha ini sekarang. Dengan jumlah pemain yang masih sangat sedikit dan harga jual cacing sutera yang relatif cukup tinggi, potensi Anda untuk bisa sukses di bisnis ini benar – benar sangat besar. Itu lah beberapa peluang usaha perikanan yang sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Semoga bermanfaat ya!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *