Menguak Peluang Usaha Makanan Ringan

Danusyakti.com – Makanan ringan adalah makanan yang paling banyak dicari dan dinikmati oleh berbagai kalangan. Hal ini tentu saja membuka peluang usaha makanan ringan bagi kita. Menjual makanan ringan bisa mendatangkan banyak keuntungan. Modal yang dibutuhkan juga tidak besar. Bahkan bisa saja kita memproduksi makanan ringan yang bisa dijual sendiri. Kenapa harus berjualan makanan ringan? Ini alasannya.

  • Semua orang suka camilan. Berjualan makanan ringan mempunyai peluang besar untuk laku asal bisa memasarkan dengan tepat.
  • Hampir semua makanan ringan cara pembuatannya tidak rumit.
  • Hampir semua makanan ringan bisa tahan lama dan tidak akan basi dalam jangka waktu yang lama.
  • Tidak dibutuhkan modal besar untuk memproduksi.
  • Pemasarannya tidak sulit bahkan terkadang tidak perlu membutuhkan toko untuk menjualnya.
  • Makanan ringan tradisional bahan-bahannya mudah ditemukan.

Peluang usaha makanan ringan apa saja yang bisa Anda lakukan? Berikut ini rekomendasinya.

1. Pisang Nugget
Peluang usaha makanan ringan yang pertama kami rekomendasikan adalah berjualan pisang nugget. Seperti yang kita tahu nugget merupakan olahan daging ayam atau daging sapi yang dibubuhi tepung roti. Namun pada zaman ini banyak sekali olahan nugget lain tanpa menggunakan daging ayam atau sapi seperti nugget sayuran. Dan saat ini yang mulai digemari adalah pisang nugget yang ditaburi berbagai macam cokelat, keju dan lainnya.

2. Pisang Cokelat
Peluang usaha makanan ringan berikutnya masih berupa olahan pisang. Selain pisang nugget, pisang cokelat juga menjadi makanan yang cukup populer saat ini. Olahan pisang menjadi populer karena termasuk camilan dalam kategori yang cepat mengenyangkan perut.

3. Jajanan Jadul
Makanan ringan lainnya yang sangat menjanjikan untuk dijual yaitu jajanan jadul. Jajanan jadul yang sedang populer saat ini adalah seperti mie lidi, cilor, cilok, cimol, makaroni dan sebagainya. Tentu saja dengan berbagai inovasi yang menyesuaikan perkembangan jaman saat ini.

4. Singkong Keju
Peluang usaha makanan ringan berikutnya yaitu berjualan singkong keju. Bahan bakunya sangat mudah dicari dan tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Harga singkong tidak terlalu mahal dan mudah dibeli di pasar-pasar tradisional.

Membuka peluang usaha makanan ringan dengan berjualan singkong keju (foto tribun)
Membuka peluang usaha makanan ringan dengan berjualan singkong keju (foto tribun)

5. Keripik buah dan sayur
Peluang usaha makanan ringan berikutnya yang sangat memiliki prospek bagus adalah berjualan keripik buah dan sayur. Camilan ini termasuk dalam camilan tahan lama dan banyak dicari untuk oleh-oleh.

Kunci dalam menjalankan bisnis makanan ringan dan memanfaatkan peluang usaha makanan ringan ini diantaranya ketekunan dan manajemen yang baik dalam pemanfaatan waktu tempat bahkan kepercayaan. Selain itu kita harus mempunyai ciri yang dapat membuat konsumen terus memesan diantaranya rasa yg unik penampilan yang lucu bahkan tempat yang kekinian.

Peluang usaha makanan ringan bisa Anda manfaatkan sebagai sumber pemasukan utama. Agar usaha bisa bertahan lama ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan berikut ini:

1. Kualitas
Kualitas yang bagus pada makanan ringan akan membuat konsumen menjadi percaya pada produk yang kita jual selain sehat, aman dan bersih kita harus bisa memastikan rasa dan penampilan yang baik.

2. Terus berinovasi
Selain kita harus menjaga produk yang kita jual, kita juga harus menyiapkan inovasi baru. Karena jika dalam jangka waktu lama produk yang kita hasilkan hanya itu-itu saja tanpa adanya inovasi produk-produk baru maka cukup sulit untuk bersaing.

3. Ciptakan hubungan baik dengan konsumen
Libatkan konsumen dalam pengembangan atau penjualan. Minta saran kepada meraka apa saja kekurangan di penjualan atau produk makanan ringan Anda.

4. Strategi penjualan
Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang dijual serta Anda harus bisa menentukan harga yang sesuai dengan kantong masyarakat.

Peluang usaha makanan ringan ini cocok bagi Anda yang ingin memulai bisnis dari level kecil terlebih dahulu. Anda bisa memasarkan makanan ringan dengan menitipkan di kantin atau koperasi sekolah, menitipkan di warung atau toko-toko kecil yang tersebar dimana-mana.

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *