Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

Danusyakti.com – Jenis usaha sampingan karyawan dengan modal kecil. Usaha sampingan merupakan salah satu solusi jitu bagi karyawan dengan penghasilan kecil yang ingin menambah penghasilan. Pasalnya kebutuhan hidup saat ini kian melejit nilainya sehingga memerlukan usaha tersendiri untuk mengcover biaya hidup. Selain itu manfaat memiliki usaha sampingan salah satunya bisa menjadi bekal bagi anda ketika akan resign nantinya. Karena tidak selamanya seseorang menjadi karyawan. Dengan modal kecil pun anda bisa membuka usaha sampingan tersebut.

Banyak yang mengira bahwa membuka usaha sampingan memerlukan modal besar. padahal dengan modal sekitar 1-5 juta rupiah saja anda bisa membangun sebuah usaha. Memanfaatkan rumah sebagai lapak jualan dan internet sebagai sarana promosi adalah opsi yang tepat untuk meminimalisir kebutuhan modal. Selain itu jenis usaha yang cukup prospektif adalah yang berkecimpung di kebutuhan pokok. Berikut berbagai contoh usaha sampingan karyawan dengan modal kecil.

Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

1. Berjualan online dengan sistem dropship
Berjualan dengan sistem dropship sampai saat ini masih banyak diminati. Pasalnya dengan sistem dropship anda tidak perlu banyak mengeluarkan modal. Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk membuka lapak khusus jualan. Sistem dropship ini sendiri tidak mengharuskan pelakunya menyetok barang. Anda hanya menggunakan gambar sebagai media promosi. Ketika ada pembeli yang tertarik dan melakukan transaksi, barulah anda melakukan pembelian barang ke pihak supplier dan memintanya untuk mengirimkannya langsung ke konsumen.

2. Membuka jasa laundry
Usaha laundry tidak memerlukan modal awal yang besar. jika lokasi memungkinkan anda bisa membeli 1 unit mesin cuci tabung satu, timbangan, alat pengering, dan aneka bahan-bahan untuk mencuci. Jasa laundry sangat dicari untuk saat ini. jika anda berada di daerah perkotaan maka jenis usaha ini sangat prospektif. Anda bisa merekrut 1 orang asisten atau menjalankannya sendiri bersama anggota keluarga lainnya.

Salah satu jenis usaha sampingan karyawan dengan modal kecil adalah membuka jasa laundry
Salah satu jenis usaha sampingan karyawan dengan modal kecil adalah membuka jasa laundry

3. Menjual makanan ringan
Cobalah berjualan makanan ringan dan promosikan kepada rekan kerja anda. Modal awal untuk bisnis makanan ringan pun tidak terlalu besar karena harganya yang terjangkau. Jika makanan ringan tersebut memiliki rasa dan bentuk yang khas maka akan dengan mudah diterima banyak orang. Selain itu anda pun bisa memasarkannya secara online untuk mempermudah promosi.

4. Berjualan bensin eceran dan usaha tambal ban
Jika posisi rumah anda memungkinkan bisa dimanfaatkan untuk membuka lapak tambal ban dan bensin eceran. Berjualan bensin eceran terbilang menjanjikan karena laba yang dihasilkan terbilang besar. Ditambah lagi jika anda membuka jasa tambal ban. Jika anda tidak memiliki keahlian dalam menambal ban maka bisa merekrut karyawan atau dijalankan oleh anggota keluarga lainnya.

5. Membuka konter pulsa
Membuka konter pulsa juga tidak memerlukan modal besar. Anda bisa memanfaatkan halaman atau teras rumah sebagai lapak berjualan pulsa. Atau jika belum memiliki cukup modal untuk membuka lapak, anda bisa bertransaksi menggunakan handphone yang terbilang fleksibel. Walaupun laba pertama terbilang sedikit namun jika anda menjualnya secara telaten bisa menjadi pilihan usaha yang menjanjikan.

Membuka usaha sampingan saat ini adalah salah tips untuk menambah penghasilan bagi Anda jika masih menjadi karyawan dengan gaji yang tidak terlalu besar atau masih dalam status karyawan tidak tetap. Anda bisa mempertimbangkan jenis usaha sampingan karyawan dengan modal kecil yang kami sebutkan diatas. Semoga bermanfaat menjadi referensi jenis usaha yang bisa anda coba.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *