Ide Kerja Sampingan Untuk Penghasilan Tambahanmu

Seiring dengan kenaikan harga beberapa barang kebutuhan pokok, laju inflasi sepertinya tidak terelakkan lagi. Akibatnya, penghasilan yang diterima setiap bulan tidak mampu lagi menutup kebutuhan yang harganya makin meningkat. Kondisi perekonomian seperti saat ini membuat kita harus memutar otak untuk mencari penghasilan tambahan. Cara yang paling tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu dengan menjalankan kerja sampingan. Namun untuk sebagian orang, menjalankan bisnis atau kerja sampingan bukan hal yang mudah karena harus keluar dari zona aman. Takut gagal adalah faktor utama yang membuat orang mengurungkan niatnya memiliki bisnis sampingan.

Padahal, dalam menjalankan bisnis sampingan seharusnya tidak ada istilah gagal karena memang hanya sebatas tambahan yang tidak akan mengganggu keuangan keluarga. Namun jika dijalankan dengan baik, bisa jadi pendapatan yang dihasilkan bisa melebihi penghasilan pekerjaan utama kita. Jika istilah bisnis sampingan dirasa terlalu berat konsekuensinya mungkin akan lebih mudah dicerna jika kita menggunakan istilah kerja sampingan. Mengingat kerja sampingan biasanya ditujukan pada suatu pekerjaan yang hanya kita lakukan pada waktu luang saja.

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Kerja Sampingan Berikut Ini

Buat Anda yang sedang mencari kerja sampingan, mungkin beberapa contoh yang saya sarankan di bawah ini bisa Anda pertimbangkan:

1. Kerja sampingan di restoran atau warung makan
Salah satu kerja sampingan yang paling banyak diminati mahasiswa adalah kerja sampingan di warung makan atau restoran. Kerja sampingan ini bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang sambil mencari pengalaman kerja. Pekerjaan sebagai waiter, cooker, helper bisa Anda dapatkan disini.

Salah satu contoh kerja sampingan yaitu menjadi desainer grafis
Salah satu contoh kerja sampingan yaitu menjadi desainer grafis

2. Menjual makanan ringan atau kue
Kerja sampingan ini bisa dikatakan juga sebagai bisnis sampingan karena jika dijalankan dengan baik dapat berkembang hingga menjadi sebuah usaha dengan keuntungan yang luar biasa. Cara yang paling sederhana yaitu dengan menitipkan makanan ringan ke warung-warung terdekat. Untuk makanan ringan Anda tidak perlu membuatnya sendiri, cukup beli secara grosir dari suplier lalu mengemasnya kembali dengan kemasan yang lebih kecil atau biasa disebut dengan istilah bisnis repacking snack.

3. Reseller
Salah satu kerja sampingan yang tidak membutuhkan modal besar adalah reseller. Pekejaan ini dapat Anda kerjakan kapan saja karena tidak terikat dengan waktu. Anda cukup menjual produk orang lain lalu mengambil sedikit keuntungan. Reseller ini bisa dijalankan secara offline maupun online. Tapi untuk hasil yang maksimal sebaiknya lakukan secara online dan manfaatkan beberapa marketplace untuk menaikkan penjualan.

4. Admin Sosial Media
Tidak sedikit pelaku bisnis online khususnya online shop yang membutuhkan peran admin untuk menjalankan bisnisnya. Kerja sampingan ini bisa Anda kerjakan di rumah hanya dengan bermodalkan sebuah smartphone ataupun laptop saja. Yang penting Anda selalu terhubung dengan koneksi internet.

5. Bisnis laundry
Menjalankan bisnis sampingan dengan membuka jasa laundry termasuk bisnis sampingan yang memiliki potensi keuntungan yang luar biasa. Namun untuk menjalankannya mungkin Anda perlu bantuan seorang karyawan agar tidak kerepotan.

6. Content Writer
Buat Anda yang hobi menulis, Anda bisa mencoba menjadi content writer. Dengan bermodalkan sebuah laptop dan keahlian menulis, Anda sudah dapat menjalankan usaha sampingan ini untuk mengisi waktu luangmu. Meski hanya sebatas kerja sampingan namun penghasilan dari pekerjaan ini cukup bisa dihandalkan.

7. Desain grafis
Jika Anda bekerja sebagai desain grafis pada suatu perusahaan atau Anda memiliki keahlian di bidang ini, Anda dapat menawarkan jasa desain grafis untuk mengisi waktu luangmu. Jasa desain seperti membuat logo, kartu nama, maskot, poster adalah jasa desain yang paling banyak dicari.

8. Les Privat
Kerja sampingan ini biasanya dijalankan para mahasiswa yang ingin mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang lebih produktif. Meski hanya kerja sampingan, jika dijalankan dengan baik maka pekerjaan ini dapat berkembang menjadi bisnis yang besar. Jika murid masih sedikit Anda bisa menghandlenya sendiri dengan mendatangi rumah ke rumah. Namun seiring waktu dengan makin bertambahnya murid, tidak menutup kemungkinan Anda membutuhkan bantuan beberapa tentor.

9. Penitipan anak
Saat ini jasa penitipan anak bisa dibilang tidak pernah ada sepinya. Pasalnya, banyak wanita yang lebih memilih menjadi wanita karir dibanding bekerja sebagai ibu rumah tangga. Sehingga mau tak mau untuk pengasuhan anak mereka serahkan pada jasa penitipan anak. Jika Anda memiliki tempat yang layak dan waktu untuk mengurusnya, jasa penitipan anak bisa menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan.

10. Online shop
Menjalankan bisnis online shop pada awalnya bisa dikatakan sebagai bisnis sampingan. Namun tidak sedikit yang akhirnya mengundurkan diri dari kantor dan memilih bisnis ini sebagai bisnis utama. Memang benar, jika dijalankan dengan baik bisnis online shop dapat memberikan keuntungan yang banyak. Semakin banyak barang yang Anda jual semakin banyak pula keuntungan yang Anda dapatkan.

11. Translator
Buat Anda yang menguasai bahasa asing dengan baik, Anda bisa mencoba kerja sampingan sebagai penerjemah atau translator. Pekerjaan ini bisa dibilang sangat menyenangkan apalagi jika Anda bertemu dengan klien yang membutuhkan jasa translator untuk keperluan wisata. Selain dapat berwisata secara gratis Anda akan mendapatkan fee yang tinggi dari kerja sampingan ini.

Nah, dari beberapa contoh kerja sampingan yang sudah diuraikan di atas secara singkat, manakah yang menarik buatmu? Sebaiknya pilih kerja sampingan yang sesuai dengan passion dan keahlian yang Anda miliki. Karena selain menguntungkan, Anda akan merasa nyaman ketika menjalankannya. Apalagi jika dijalankan secara profesional, tidak menutup kemungkinan bisnis sampingan Anda akan berubah menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan.

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *