HP Tercebur Air Segera Lakukan Cara Ini

Tidak semua ponsel android kekinian dilindungi dengan proteksi anti air. Susah juga ponsel kalau mahal-mahal dan maupun yang beli murah tiba-tiba pas kita pakai tanpa sengaja jatuh dan kemudian tercebur ke dalam air . Di howto ini saya ingin berbagi tips apa yang jangan dilakukan dan apa yang harus dilakukan jika HP tercebur ke dalam air. Yang penting jangan panik namun lalukan dengan cepat dan tepat agar HP yang tercebur air bisa segera terselamatkan (baca: tidak matot). Berikut ini hal-hal yang tidak boleh anda lakukan dan apa yang harus segera dilakukan jika HP tercebur air.

Jangan lakukan hal berikut jika HP tercebur ke air:

  • Jangan hidupkan HP karena membahayakan komponen elektrik di dalam HP
  • Jangan di charging
  • Jangan pencet tombol apapun yang ada di HP. Karena kalau kita malah pencet-pencet tombol ketika HP habis tercebur air adalah air akan rawan masuk dari sela-sela tombol.
  • HP jangan di goyang-goyang untuk meminimalisir air masuk makin dalam ke bagian dalam ponsel.
  • Jangan meniup HP
  • Jangan di dekatkan dengan panas yang berlebih.
  • Jangan menggunakan Hair Dryer
Yang Harus Segera di Lakukan Setelah HP Tercebur Air:

HP Tercebur Air Segera Lakukan Cara Ini
HP Tercebur Air
HP Tercebur di Air

1. Segera matikan HP (jika masih dalam keadaan hidup).
2. Copot Back Case dan lepas baterai kalau HP mu mendukung removable baterai.
3. Coba keringkan bagian luar HP dengan tisu toilet jika punya, karena tisu toilet mempunyai daya serap yang sangat bagus.
4. Gunakan mini vacum cleaner untuk menyedot cairan-cairan yang terselip di tempat sempit.
5. Cara paling terkenal yaitu rendam di dalam beras kering. Lama rendaman adalah 2-3 hari. Jika HP mu baterai bisa di copot maka rendamlah dalam keadaan baterai sudah tercopot beserta baterainya.
6. Bahan yang lebih baik lagi untuk merendam adalah gunakan Silica Gel. Jika memang kebetulan ada Silica Gel tersedia dalam jumlah cukup maka segera rendam HP yang tercebur air tadi di dalam Silica Gel.

HP Tercebur Air Segera Lakukan Cara Ini
HP Tercebur Air
Silica Gel
Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dan HP masih tidak bisa digunakan dengan normal maka langkah terakhir tentu saja kita harus membawanya ke Service Center.
Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *