Gurihnya Peluang Usaha Agribisnis di Indonesia

Peluang usaha agribisnis di Indonesia pada dasarnya masih terbuka lebar. Jika dilihat dari berbagai sudut pandang, potensi usaha agribisnis di Indonesia bahkan bisa dibilang jauh lebih bagus ketimbang potensi usaha di beberapa bidang usaha yang lainnya. Anehnya, meski pun potensinya bagus, nyatanya tidak banyak pengusaha yang tertarik untuk terjun menggeluti bidang usaha ini. Alih-alih menggeluti usaha agribisnis yang sangat potensial, para pengusaha lebih suka menggeluti bidang usaha lainnya seperti properti, teknologi dan fashion.

Pertanyaannya, kenapa mereka cenderung tidak tertarik untuk menanamkan modal mereka di agribisnis?

Yang pertama, karena banyak di antara mereka yang menganggap agribisnis cenderung lebih beresiko.
Yang kedua, karena anggapan bahwa agribisnis cenderung membutuhkan banyak modal dan di lain sisi potensial margin keuntungannya pun juga tergolong cukup rendah.

Lantas, bagaimanakah kenyataannya? Seakan berkebalikan dengan dua anggapan tersebut, agribisnis pada dasarnya merupakan bisnis dengan risiko yang terkendali. Disamping itu, agribisnis sebenarnya bisa dijalankan dengan menggunakan modal terbatas dan besaran margin profitnya pun tergolong tidak sedikit. Tidak percaya? Berikut merupakan beberapa alasan mengapa peluang agribisnis di Indonesia benar-benar sangat luar biasa.

Gurihnya Peluang Usaha Agribisnis di Indonesia
Gurihnya Peluang Usaha Agribisnis di Indonesia

Beberapa alasan yang menunjukkan bahwa peluang usaha agribisnis di Indonesia sangat potensial untuk digeluti:

1. Kondisi Geografis dan Sumber Daya Alam Indonesia Sangat Mendukung
Indonesia terletak di daerah Tropis. Berkat hal tersebut, Indonesia selalu mendapat pasokan sinar matahari dan hujan yang cukup di sepanjang tahun. Hal ini tentunya sangat pas untuk dimanfaatkan sebagai lahan agribisnis yang mana cenderung sangat bergantung pada pasokan sinar matahari dan air hujan.

Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki kekayaan berupa sumber daya alam yang sangat luar biasa. Tanah Indonesia sangat terkenal akan kesuburannya. Selain itu, luasan lahan terbuka yang dimiliki oleh Indonesia juga luar biasa luas dan mayoritas belum dimanfaatkan dengan optimal.

2. Jumlah Penduduk Indonesia Luar Biasa Besar
Alasan ke dua yang membuktikan bahwa peluang usaha agribisnis di Indonesia masih terbuka lebar adalah Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Menurut data dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, di akhir Tahun 2017 yang lalu Indonesia memiliki sekitar 235 juta penduduk. Dengan jumlah penduduk sebesar ini, Indonesia sejatinya merupakan target pasar yang luar biasa potensial, terlebih untuk para pelaku usaha agribisnis.

Mengapa? Karena setiap orang membutuhkan makanan. Dan semua bahan makanan manusia pasti berasal atau diproduksi dengan menggunakan produk agribisnis. Artinya, jika Anda saat ini mulai menjalankan usaha agribisnis, Anda tidak perlu pusing-pusing mencari pasar. Bahkan secara kasar dapat dikatakan bahwa saat ini pasar tengah menanti Anda untuk memproduksi lebih banyak produk agribisnis. Hal ini terbukti dengan masih adanya gap antara permintaan dan penawaran beberapa produk agribisnis, seperti beras, daging, susu, kedelai, dan lain sebagainya.

3. Minat Pebisnis akan Sektor Agribisnis Tergolong Sangat Rendah
Bukti ke tiga yang menunjukkan bahwa peluang usaha agribisnis di Indonesia masih terbuka lebar adalah sedikitnya jumlah pemain besar yang berperan dalam industri agribisnis di Indonesia. Seperti yang telah saya jelaskan di awal tulisan ini, agribisnis cenderung tidak begitu diminati oleh kalangan pengusaha.

Meskipun hal ini tampak sebagai sebuah kelemahan, namun jika ditelisik lebih lanjut, rendahnya minat kalangan pengusaha untuk terjun ke sektor agribisnis pada dasarnya adalah sebuah peluang. Seperti yang telah kita ketahui bersama, dalam bisnis persaingan merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Semakin banyak jumlah pengusaha yang menekuni sebuah bidang bisnis, maka semakin ketat pula persaingannya. Sebaliknya, semakin sedikit jumlah pengusaha yang menekuni sebuah bidang bisnis, maka semakin longgar pula tingkat persaingannya.

Nah, karena jumlah peminat usaha agribisnis tergolong rendah, maka kemungkinan besar tingkat persaingan dalam bidang usaha ini tidak akan terlalu ketat. Dengan begitu, potensi Anda untuk bisa sukses di bisnis ini cenderung lebih besar dari potensi sukses di bidang-bidang bisnis yang lainnya.

4. Produk Agribisnis adalah Produk Habis Pakai
Alasan ke empat yang menunjukkan bahwa peluang usaha agribisnis di Indonesia masih sangat potensial untuk dijalankan adalah semua produk agribisnis adalah produk habis pakai. Berbeda dengan produk teknologi atau pun otomotif yang cenderung dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, produk agribisnis cenderung hanya bisa digunakan satu kali saja alias langsung habis dalam satu kali pakai. Karena hal tersebut, maka permintaan akan produk agribisnis akan terus stabil mengikuti tingkat stabilitas kehidupan manusia.

5. Produk Agribisnis Akan Terus Dibutuhkan oleh Manusia
Ada satu fakta yang harus disadari oleh pengusaha yang tidak tertarik untuk menggeluti bidang agribisnis. Fakta tersebut adalah untuk bisa hidup, manusia membutuhkan makanan. Dan semua bahan makanan yang dikonsumsi oleh manusia berasal dari produk agribisnis. Jadi, selama manusia masih hidup di muka bumi ini, selama itu pula usaha agribisnis akan terus eksis dan potensial untuk dijalankan. Tanpa komputer ataupun handphone canggih, manusia masih bisa hidup dengan baik. Namun tanpa makanan, manusia pasti akan mati.

Beberapa Peluang Usaha Agribisnis yang Potensial untuk Dijalankan di Indonesia

Setelah membahas tentang potensi luar biasa sektor agribisnis di Indonesia, berikutnya kita akan membahas tentang beberapa peluang usaha agribisnis yang luar biasa potensial di Indonesia. Seperti yang telah kita sebutkan di atas, Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk dijadikan sebagai sentra agribisnis. Berkat potensi luar biasa tersebut, Indonesia sejatinya cocok untuk dijadikan sebagai sentral produksi hampir semua komoditi agribisnis.

Namun begitu, jika melihat pada kondisi ekonomi yang terjadi di Indonesia saat ini, berikut merupakan peluang usaha agribisnis yang paling potensial untuk dijalankan di Indonesia:

1. Peluang Usaha Agribisnis Pertanian
Di sektor pertanian, ada satu kebutuhan pokok yang sampai saat ini masih belum bisa dipenuhi dari dalam negeri, yaitu komoditi beras. Jika melihat gap antara permintaan dan penawaran yang terjadi, maka peluang untuk bisa masuk ke bisnis pertanian beras atau padi di Indonesia benar-benar masih terbuka lebar. Terlebih Indonesia juga memiliki lahan “nganggur” yang sangat luas.

2. Peluang Usaha Agribisnis Peternakan
Di sektor peternakan, peluang usaha agribisnis yang sangat potensial adalah usaha budidaya ternak sapi potong, usaha budidaya ternak sapi perah, usaha budidaya ayam broiler dengan sistem kemitraan, dan usaha produksi pakan ternak.

3, Peluang Usaha Agribisnis Perikanan
Di sektor perikanan, jika merujuk pada permintaan akan komoditi perikanan dari luar negeri yang luar biasa besar, ada empat komoditi andalan yang layak untuk dijadikan sebagai komoditi bisnis. Ke empat komoditi tersebut adalah komoditi ikan arwana, ikan mas Koi, ikan sidat, dan komoditi udang lobster.

Itulah ulasan betapa gurihnya peluang usaha agribisnis di Indonesia. Nah, jadi bagaimana? Setelah membaca tulisan mengenai potensi dan peluang usaha agribisnis di Indonesia, apakah Anda tertarik untuk terjun ke bisnis ini?

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *