Contoh Bisnis Yang Menguntungkan Untuk Mahasiswa

Seperti yang Anda ketahui, untuk memulai sebuah usaha tidak harus menunggu hingga bergelar sarjana. Belajar mandiri khususnya dalam mengelola keuangan seharusnya sudah dimulai saat Anda menjadi mahasiswa. Waktu luang yang Anda miliki sebaiknya dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih produktif seperti bekerja sampingan dan memulai bisnis kecil-kecilan. Lalu, apa saja contoh bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa yang masih aktif kuliah?

Sebenarnya setiap bisnis bisa dijalankan mahasiswa yang masih aktif kuliah, namun agar aktifitas kuliah tidak terganggu sebaiknya pilihlah bisnis yang tidak menguras fikiran dan waktunya tidak mengikat. Buat Anda yang ingin berbisnis, berikut di bawah ini saya berikan beberapa contoh bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa.

Contoh Bisnis Yang Menguntungkan Untuk Mahasiswa

1. Menjadi Driver Online
Keberadaan aplikasi transportasi online seperti Gojek, Grab, Uber ternyata mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat Indonesia. Selain memberikan kemudahan, transportasi online menawarkan harga yang lebih murah sehingga terjangkau oleh semua kalangan.

Contoh bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa (foto unram.ac.id)
Contoh bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa (foto unram.ac.id)

Peluang seperti ini sebaiknya Anda manfaatkan untuk mengisi waktu luang sekaligus menambah saldo tabunganmu dengan menjadi driver online. Manfaatkan sepeda motor yang biasanya Anda gunakan untuk ke kampus. Dengan melengkapi beberapa persyaratan administrasi Anda sudah bisa bekerja dan menghasilkan uang dari pekerjaan ini.

2. Bisnis Makanan Ringan
Salah satu bisnis yang paling mudah dilakukan mahasiswa adalah bisnis makanan ringan. Meskipun terlihat sederhana, jika dijalankan dengan serius bisnis ini dapat memberikan penghasilan yang luar biasa. Caranya cukup mudah, Anda dapat membeli makanan ringan di toko dengan harga grosir lalu menjualnya ke teman-temanmu. Jika Anda berniat membesarkan bisnis makanan ringan ini, carilah suplier makanan ringan di daerahmu. Belilah beberapa jenis makanan ringan yang menurut Anda cepat terjual habis. Lalu kemas ulang makanan ringan tadi ke dalam kemasan yang lebih kecil untuk dijual eceran.

Jika perlu, buatlah merek untuk makanan ringanmu dan gunakan kemasan yang unik agar lebih menarik. Untuk pemasaran, sambil berangkat kuliah titipkan produkmu ke warung-warung yang Anda lewati dengan menggunakan sistem konsinyasi atau titip jual. Jadi Anda tidak perlu menjualnya secara langsung ke konsumen.

3. Jasa Desain
Jika Anda ahli dalam desain grafis, manfaatkan keahlianmu untuk membuka peluang bisnis. Tawarkan jasa desain seperti membuat stiker, desain baju, undangan, poster dan lainnya ke teman-temanmu. Anda juga dapat memanfaatkan media online seperti facebook, instagram, blog, forum dan lain-lain untuk mempromosikan bisnismu secara online. Cara seperti ini biasanya sangat ampuh untuk mendapatkan orderan. Semakin banyak order yang Anda dapatkan, semakin banyak pula penghasilan yang Anda terima.

4. Jasa Printing
Jika Anda memiliki printer di rumah, cobalah membuka bisnis kecil-kecilan berupa jasa printing. Tawarkan bisnis ini ke teman-temanmu untuk mencetak tugas kuliah dan dokumen lainnya. Order dari temanmu cukup dikirim lewat email lalu Anda tinggal mencetaknya dengan printermu di rumah. Hasil printing dapat Anda serahkan keesokan harinya saat ke kampus. Jasa seperti ini mengutamakan kualitas pelayanan agar konsumen tidak kecewa. So, selesaikan order tepat waktu dan jangan pernah terlambat.

5. Berjualan Pulsa
Dengan modal handphone yang Anda miliki, Anda sudah dapat menjalankan bisnis berjualan pulsa. Caranya cukup mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar. Mengingat keuntungan bisnis ini relatif kecil maka jangan layani order kalau tidak bayar cash. Selain berjualan pulsa, Anda dapat mengembangkan bisnis ini menjadi jasa pembayaran online yang melayani berbagai jenis pembayaran seperti asuransi, tiket online, listrik dan tagihan kredit.

Itulah beberapa contoh bisnis sederhana yang dapat dijalankan mahasiswa dengan mudah tanpa mengganggu aktifitas sebagai seorang mahasiswa. Dengan kesabaran, ketekunan dan kerja keras, tidak menutup kemungkinan bisnis yang tadinya kecil-kecil dapat berubah menjadi bisnis besar yang dapat dihandalkan.

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *