Ciri Lowongan Kerja Hoax

Imbas semakin maraknya dunia online adalah makin mudahnya akses informasi tersebar dengan sangat cepat. Tahun 2016 lalu adalah puncak padatnya lalu lintas HOAX dan saat ini makin merajalela. Jika kita tidak pintar memahami dan memilah apa saja informasi yang termasuk dalam kategori hoax niscaya kita akan selalu jadi orang yang mudah di bohongi. Yang saya bahas saat ini adalah ciri lowongan kerja hoax yang tersebar semakin menjadi-jadi. Saya yakin hampir sebagian besar dari kita bergabung dalam grup percakapan seperti grup WhatsApp, grup Telegram dan sebagainya. Dan saya juga yakin di grup-grup tersebut (asalkan lalu lintas grup ramai) pasti ada yang share berbagai macam info tentang apapun yang sedang terjadi di dunia sekitar kita. Tentunya apalagi jika yang di share adalah info lowongan pekerjaan yang memang sangat dicari-cari oleh para pencari kerja. Namun yang jadi masalah adalah kalau lowongan kerja itu hoax kan jadinya malah akan menyusahkan orang lain.

Nah tidak perlu panjang lebar pembukaannya berikut ini adalah ciri lowongan kerja hoax dan bagaimana cara kita mengetahui sendiri apakah lowongan itu hoax atau tidak. Sebelumya ini contoh share info lowongan kerja yang pernah saya baca di sebuah grup WhatsApp:

Bagi yang punya putra dan putri, cucu, keponakan silahkan
PT Chevron Pacific Indonesia
“Lowongan Kerja PT Chevron Indonesia”
Chevron adalah satu dari enam perusahaan minyak dunia, pada tahun 2013 ia menempati posisi ke-11 dalam daftar Fortune Global 500 untuk perusahaan terbesar di dunia. Energi alternatif yang diproduksi Chevron antara lain geotermal, energi surya, angin, bahan bakar nabati, sel solar, dan hidrogen.
Adapun Posisi Lowongan Kerja Migas PT. Chevron Terbaru adalah Sebagai berikut :
1. SEKRETARIS
2. ADMINISTRASI
3. ACCOUNTANT
4. MANAGEMENT
5. COSTUMER SERVICE
6. MARKETING MANAGEMENT
7. MECHANICAL ENGINEERING
8. CIVIL ENGINEERING
9. ELECTRO ENGINEERING
10. CHEMICAL ENGINEERING
11. BUSINESS ADMINISTRATION
12. OPERATOR
PERSYARATAN LOWONGAN KERJA :
1. Pria / Wanita
2. Usia Maksimal 35 tahun
3. Berijazah SMA / D1 / Diploma III / D3 / Sarjana S1 dengan Surat Keterangan Lulus dari Perguruan Tinggi
4. Sehat Jasmani dan Rohani
5. Bersedia di tempatkan di seluruh wilayah kerja PTChevron
6. Hasil seleksi merupakan keputusan mutlak PT.Chevron Indonesia dan tidak dapat diganggu gugat.
BERKAS LAMARAN KERJA :
1. Surat lamaran dan Daftar Riwayat Hidup
2. Foto Copy Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir
3. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk ( KTP )
4. No Telepon / HP
5. Pasphoto ukuran
6. Foto Copy SKCK
FASILITAS KERJA :
1. Jamsostek
2. Gaji Pokok
3. Seragam Perusahaan
CATATAN :
Jika kamu tertarik dengan Lowongan Kerja Migas PTChevron Terbaru ini. Silahkan lengkapi Berkas Lengkap Lamaran Kerja PTChevron kamu dan kirimkan VIA EMAIL [email protected]
Penutupan Loker PTChevron : 14 Januari 2017.

Siapa yang tidak mau kerja di Chevron tentu saja ini adalah lowongan yang menggiurkan (kalau benar memang ada). Oke bagaimana kita melakukan check bahwa ini adalah ciri lowongan kerja hoax:

1. Posisi yang diterima cukup banyak patut dicurigai.
2. Lakukan check langsung ke website resmi pembuka lowongan kerja tersebut. Dalam hal ini sebagaimana contoh adalah Chevron. Perusahaan sebesar Chevron pastilah punya website resmi. Buka saja google dan cari website resmi Chevron.

Ciri Lowongan Kerja Hoax
Ciri Lowongan Kerja Hoax
Hasil google search website resmi chevron

3. Buka web resmi tersebut dan kita cari saja apakah memang sedang membuka lowongan pekerjaan. Biasanya ada link khusus untuk lowongan pekerjaan/Vacancy/Career. Dan kebetulan di web resmi chevron memang ada link untuk karir/lowongan kerja, namun isinya adalah.

Ciri Lowongan Kerja Hoax
Ciri Lowongan Kerja Hoax
Halaman menu career Chevron

Sudah ada peringatan bawah kita harus waspada terhadap penipuan.

4. Email untuk pendaftaran lowongan kerja BERBEDA dengan domain resmi penyedia lowongan kerja. Di lowongan hoax diatas email untuk lowongan kerja adalah ditujukan ke: [email protected]
sedangkan domain resmi PT. Chevron Indonesia adalah : chevronindonesia.com dan malah di menu career dijelaskan bahwa domain peneriman resmi PT. Chevron adalah @chevron.com

Oke untuk lebih meyakinkan mari kita lakukan whois domain tersebut (kita check pakai http://whois.domaintools.com/):
a. Domain Chevron palsu :
Domain Name: CHEVRONPASIFICINDONESIA.COM
Registry Domain ID: 2087790866_DOMAIN_COM-VRSN
Registrar WHOIS Server: whois.enom.com
Registrar URL: www.enom.com
Updated Date: 2017-01-05T21:55:10.00Z
Creation Date: 2017-01-06T05:55:00.00Z
Registrant Name: KUNCORO LAGI
Registrant Organization:
Registrant Street: JLN.SUDIRMAN
Registrant Street: KEC.DENPASAR
Registrant City: DENPASAR
Registrant State/Province: BALI
Registrant Postal Code: 80571
Registrant Country: ID
Registrant Phone: +62.82316945543
Registrant Email: [email protected]

Yang mendaftarkan domain chevronpasificindonesia.com atas nama KUNCORO LAGI dan email adalah [email protected] dan hal ini adalah sangat ANEH karena sekelas Chevron mendaftarkan domain menggunakan email gratis seperti gmail.

Nah bagaimana dengan domain resmi PT. Chevron mari kita check :
Domain Name: chevronindonesia.com
Registry Domain ID: 1684226656_DOMAIN_COM-VRSN
Registrar WHOIS Server: whois.corporatedomains.com
Registrar URL: www.cscprotectsbrands.com
Updated Date: 2016-10-22T05:19:12Z
Creation Date: 2011-10-26T21:27:10Z
Registrar Registration Expiration Date: 2017-10-26T21:27:10Z
Registrar: CSC CORPORATE DOMAINS, INC.
Registrar IANA ID: 299
Registrant Name: Domain Administrator
Registrant Organization: Chevron Corp.
Registrant Street: Domain Coordinator
Registrant City: San Ramon
Registrant State/Province: CA
Registry Admin ID:
Admin Name: Domain Administrator
Admin Organization: Chevron Corp.
Admin Street: 6001 Bollinger Canyon Rd.
Admin City: San Ramon
Admin State/Province: CA
Admin Postal Code: 94583-2324
Admin Email: [email protected]
Registry Tech ID:
Tech Name: Domain Tech
Tech Organization: Chevron Corporation
Tech Street: 6001 Bollinger Canyon Rd.
Tech City: San Ramon
Tech State/Province: CA
Tech Postal Code: 94583-2324
Tech Country: US

Sebenarnya penipu ini agak lebih modal karena masih ada niat dengan membeli domain tld seperti ini. Karena sebagian penipu yang kurang modal kebanyakan akan memakai email dengan domain penyedia email gratis seperti yahoo, gmail dll.

Oke memang mungkin untuk sebagian orang penjelasan diatas terlalu panjang, namun kesimpulan untuk mengetahui apakah lowongan kerja tersebut hoax atau beneran adalah:

1. Check ke website resmi penyedia lowongan kerja apakah memang sedang membuka lowongan pekerjaan.
2. Kebanyakan penipu akan menggunakan email gratisan. Jadi waspada jika ada lowongan dari sebuah perusahaan skala besar/nasional atau bahkan internasional namun dalam membuka lowongan kerja masih menggunakan email gratis. Contoh: apakah mungkin perusahaan sekelas PERTAMINA membuka lowongan dengan menggunakan email [email protected],com sangat tidak mungkin.
3. Jika lowongan kerja menggunakan domain TLD atau hampir mirip dengan domain resmi perusaahan tersebut, lakukan whois domain seperti langkah diatas.
4. Untuk lowongan CPNS ini yang paling menggiurkan, untuk CPNS selalu check kebenaran pembukaan lowongan CPNS melalui web resmi menpan.go.id atau ke http://www.bkn.go.id/ karena peneriman CPNS seluruh Indonesia metode pendaftaran adalah SATU pintu melalui web resmi pemerintah. Jika dari kedua web tersebut tidak ada pengumuman penerimaan CPNS resmi makan jika ada share penerimaan CPNS abaikan saja.

Nah sekarang kalau ada di grup ada yang share info-info lowongan kerja hoax ada baiknya sebelum kita share lagi mungkin ke grup lain, pastikan dulu kebenarannya karena kasihan nanti kalau teman-teman kita ada yang terjerumus ke pelukan penipu.

Tambahan: Ada inbox masuk menanyakan apa motif penipu lowongan kerja seperti ini?
Motif yang klasik adalah nanti kita sebagai pelamar akan di telphon oleh pelaku ini untuk mengikuti wawancara atau tes di kota yang sangat jauh dengan kota kota. Kita nanti diharuskan membeli tiket pesawat di biro perjalanan yang katanya bekerja sama dengan mereka (dan akan sangat memaksa kalau kita tidak membeli di biro tersebut maka kita akan diancam dicoret atau gugur). Dan setelah kita “membeli” tiket tersebut maka mereka sudah dipastikan akan menghilang.
Jadi bagaimana semoga info tentang ciri lowongan kerja hoax ini bermanfaat. Jika ada info bermanfaat lain silahkan ditambahan di kolom komentar.

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *