Cara Root Sony Xperia XZ1 Mudah dan Terarah

Sony Xperia XZ1 adalah salah satu produk flagship yang diproduksi oleh Sony pada tahun 2017. Device ini mempunyai spesifikasi yang luar biasa. Sony Xperia XZ1 mengandalkan sektor kamera sebagai daya tarik utama. Bahkan Sony Xperia XZ1 masuk dalam HP Android dengan kamera terbaik 2017. Jika kamu memiliki device ini dan ingin melakukan root Sony Xperia XZ1, saya akan memberikan tutorial cara root Sony Xperia XZ1.

Tutorial cara root Sony Xperia XZ1 ini saya sajikan semudah dan selengkap mungkin agar tidak menyesatkan kamu. Saya juga menyediakan bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan proses root Sony Xperia XZ1.

Sebelum kamu melanjutkan, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu yaitu lakukan backup semua data dan file penting di Sony Xperia XZ1 kamu. Meski proses root Sony Xperia XZ1 ini tidak akan menghilangkan file atau data di device kamu, alangkah baiknya lakukan backup.

Disclaimer:

  1. Saya tidak bertanggung jawab jika kamu mengikuti panduan ini kemudian muncul masalah pada HP kamu seperti: Hard/Soft Brick, BootLoop, dan kegagalan fungsi lain yang membuat HP kamu tidak berfungi sebagaimana mestinya.
  2. Saya tidak memaksa kamu untuk mengikuti panduan root ini.
  3. Jika kamu masih ragu-ragu tentang apapun mengenai root, Saya sarankan kamu mencari informasi tentang baik dan buruknya root untuk HP (Referensi keuntungan dan kerugian root bisa dibaca disini)
  4. Sebagian besar HP Android yang sudah dalam keadaan root, garansi HP tersebut akan hangus. Saya tidak bertanggung jawab akan hal ini.
  5. Kamu dengan kesadaran sendiri dan siap menerima segala macam konsekuensi terburuk yang mungkin terjadi dengan HP kamu.
  6. Silahkan melanjutkan mengikuti panduan saya jika kamu setuju dengan sanggahan ini.

Jika kamu menyetujui sanggahan diatas silahkan melanjutkan ke panduan cara root Sony Xperia XZ1 berikut ini.

Panduan Cara Root Sony Xperia XZ1
Panduan Cara Root Sony Xperia XZ1 (foto PhoneArena)

PENTING: Pastikan Bootloader Sony Xperia XZ1 kamu sudah dalam keadaan Unlocked! Jika tidak, maka device Sony Xperia XZ1 kamu akan kehilangan DRM Keys.

*Jangan lanjutkan jika Bootloader Sony Xperia XZ1 kamu masih dalam posisi Locked!

Silahkan unduh bahan-bahan yang akan digunakan untuk proses root Sony Xperia XZ1:

a. ADB (Jika kamu belum memiliki dan menginstall ADB di komputer): Google Drive – Dropbox
b. TWRP untuk Sony Xperia XZ1: Google Drive – Dropbox
c. Magisk-v14.5: Google Drive – Dropbox
d. Andro+ kernel: Google Drive – Dropbox

Cara Root Sony Xperia XZ1 (sebelum mengikuti langkah berikut, baca terlebih dahulu prosesnya agar kamu tidak kesulitan):

  1. Extract file ADB Windows.rar (saya sarankan kamu meng-extract di c:) nanti hasilnya akan ada folder platform-tools (agar lebih mudah, saya memberi nama baru folder platform-tools menjadi ADB).
  2. Salin file boot.img dan twrp-3.2.0-0-poplar-patchlevel-2017-11-05.img ke dalam folder ADB atau platform-tools.
  3. Aktifkan Developer options dan aktifkan USB Debugging di Sony Xperia XZ1 kamu.
  4. Koneksikan Sony Xperia XZ1 kamu dengan komputer dan tunggu prosesnya hingga Sony Xperia XZ1 bisa dikenali seutuhnya oleh komputer.
  5. Buka command prompt atau lebih praktis kamu tinggal klik kanan dan tahan tombol shift di keyboard pada folder ADB atau platform-tools. 
  6. Klik saja pada “Open command window here”.

    Root Sony Xperia XZ1
    Klik saja pada “Open command window here”
  7. Ketika jendela command window terbuka, ketikkan perintah berikut ini: adb reboot bootloader
  8. Sony Xperia XZ1 akan memulai proses reboot ke bootloader. Ketika Sony Xperia XZ1 kamu sudah sukses berada dalam bootloader, ketikkan perintah-perintah berikut: fastboot flash recovery twrp-3.2.0-0-poplar-patchlevel-2017-11-05.img
  9. Tunggu hingga proses flashing TWRP selesai, kemudian lanjutkan dengan mengetikkan perintah: fastboot flash boot boot.img
  10. Setelah proses diatas selesai, lanjutkan lagi dengan mengeksekusi perintah berikut: fastboot flash FOTAKernel boot.img
  11. Tunggu proses diatas selesai (agak lama), jika proses selesai silahkan melanjutkan dengan mengetik perintah berikut ini: fastboot reboot
  12. Sony Xperia XZ1 akan melakukan reboot ke system Android. Silahkan tunggu hingga Sony Xperia XZ1 menyala sepenuhnya.
  13. Salin file Magisk-v14.5 ke Sony Xperia XZ1. Setelah file tersalin, matikan HP kamu.
  14. Dalam kondisi mati, nyalakan HP kamu dengan pencet tombol power + volume bawah -> tunggu hingga bergetar sekali -> lepaskan tombol power (tombol volume jangan dilepas) hingga muncul menu TWRP.
  15. Pada kemunculan awal TWRP, akan muncul permintaan password. Password tersebut bisa saja; PIN (jika kamu menggunakan PIN), password lockscreen, dan jika kamu tidak menggunakan password apapun maka masukkan saja password berikut: default_password
  16. Setelah berhasil masuk menu TWRP, lanjutkan dengan proses flashing Magisk-v14.5.rar dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  17. Ketika proses selesai, silahkan reboot HP kamu.
  18. SELESAI

Proses cara root Sony Xperia XZ1 selesai.



Jika melihat proses diatas memang nampak panjang, namun pada praktiknya proses ini tidak memerlukan waktu lebih dari 10 menit. Kunci keberhasilan proses cara root Sony Xperia XZ1 ini adalah mengikuti langkahnya dengan cermat dan tidak terburu-buru. Pastikan juga driver Sony Xperia XZ1 sudah terinstall dengan baik di komputer. Untuk metode root Sony Xperia XZ1 menggunakan SuperSU saya belum pernah mencoba.

Semoga panduan cara root Sony Xperia XZ1 ini menjadi jawaban pencarian kamu. Saya akan berbagi tips dan cara root HP Android tipe lain dilain kesempatan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *