Cara Root Samsung Galaxy S9 (Exynos)

Cara Root Samsung Galaxy S9 – Seperti yang kita tahu, Samsung Galaxy S9 saat ini adalah smartphone andalan teratas dari Samsung bersama dengan Samsung Galaxy S9+. Spesifikasi dan fitur pada Samsung Galaxy S9 menjadi salah satu HP Samsung terbaik dan tercanggih saat ini. Spesifikasi utama yang sangat menarik dari Samsung Galaxy S9 adalah tampilan layar yang jernih dan cemerlang. Hal ini karena Samsung menggunakan teknologi Super AMOLED pada layar sebesar 6.2 inch dengan resolusi sangat tajam 1440 x 2960 pixels, 18.5:9 ratio (~529 ppi).

Jika anda sudah memiliki smartphone ini, mungkin sebagian dari anda tertantang atau ingin melakukan modifikasi pada smartphone canggih ini. Langkah awal sebelum melakukan modifikasi atau oprek adalah melakukan root. Jika anda sudah sukses melakukan root pada smartphone ini, maka proses modifikasi berikutnya akan berjalan lebih mudah. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan panduan/tutorial cara root Samsung Galaxy S9. Dan panduan cara root Samsung Galaxy S9 ini hanya kompatibel dengan versi chipset Exynos.

*Cara ini juga bisa digunakan di Galaxy S9+ (Exynos)

Sebelum anda mengikuti tutorial ini, baca dulu disclaimer berikut ini:

  1. Kami tidak bertanggung jawab jika Anda mengikuti panduan ini kemudian muncul masalah pada HP Anda seperti: Hard/Soft Brick, BootLoop, dan kegagalan fungsi lain yang membuat HP Anda tidak berfungi sebagaimana mestinya.
  2. Kami tidak memaksa Anda untuk mengikuti panduan root ini.
  3. Jika Anda masih ragu-ragu tentang apapun mengenai root, kami sarankan Anda mencari informasi tentang baik dan buruknya root untuk HP Anda (Referensi keuntungan dan kerugian root bisa dibaca disini)
  4. Proses ini akan merubah status KNOX yang otomatis akan menghanguskan garansi.
  5. Anda dengan kesadaran sendiri dan siap menerima segala macam konsekuensi terburuk yang mungkin terjadi dengan HP Anda.
  6. Silahkan Anda melanjutkan mengikuti panduan kami jika Anda setuju dengan sanggahan kami.

*PENTING:

  • Backup data/file di internal storage anda, proses ini dipastikan akan menghapus semua file internal di Samsung Galaxy S9.
  • Samsung Pay tidak akan bisa digunakan jika HP sudah dalam keadaan rooted.
  • Samsung Secure Folder tidak akan bisa digunakan jika HP sudah dalam keadaan rooted.
  • OTA Update tidak akan bisa digunakan/dijalankan jika HP sudah dalam keadaan rooted.

Download bahan-bahan pendukung proses cara root Samsung Galaxy S9:

Odin: Link
TWRP: Link
Magisk: Link (Simpan di ext/MicroSD)
No-verity-opt-encrypt-samsung-1.0: Link (Simpan di ext/MicroSD)

Cara root Samsung Galaxy S9:

  1. Aktifkan Developer Option
  2. Aktifkan OEM Unlock dalam menu Developer Option
  3. Matikan HP
  4. Hidupkan ulang untuk menuju ke Download Mode, pencet secara bersamaan Vol bawah + Bixby + Tombol Power
  5. Koneksikan HP dengan komputer
  6. Buka Odin -> matikan/disable/jangan dicentang pada pilihan Auto reboot
  7. Flash file TWRP melalui kolom AP setelah itu START dan tunggu prosesnya hingga selesai (jika sukses maka akan ditunjukkan dengan adanya status Passed)
  8. Cabut/lepaskan HP dari komputer
  9. Dalam keadaan HP sudah tidak terkoneksi dengan komputer, tahan dan tekan Vol bawah + tombol power dan tunggu hingga layar menjadi gelap/mati -> setelah itu lanjutkan dengan tahan tombol Vol atas + Bixby + Tombol power untuk reboot ke TWRP
  10. Ketika TWRP terbuka pertama kali pastikan pilih allow modification
  11. Masuk menu WIPE -> lakukan FORMAT DATA 
  12. Setelah selesai proses Wipe dan Format Data, silahkan menuju menu Reboot -> Recovery
  13. Setelah masuk TWRP lagi, silahkan menuju menu INSTALL dan lakukan install/flash file no-verity-opt-encrypt-samsung-1.0.zip -> kemudian lanjutkan flash/install file Magisk-v16.3-modifié-jesec.zip
  14. Reboot ke system
  15. Proses cara root Samsung Galaxy S9 selesai




CATATAN: jika OEM Unlock tidak muncul di Developer Option, anda tidak bisa melakukan rooting dan saat ini tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Tips sukses mengikuti panduan cara root Samsung Galaxy S9 ini adalah sebelumnya silahkan baca dulu prosesnya secara bertahap. Setelah anda memahami dan yakin, silahkan anda melanjutkan mengikuti panduannya. Semoga sukses!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *