Cara Root Samsung Galaxy J7 Core (J701F Exynos 7870)

Danusyakti.com – Cara Root Samsung Galaxy J7 Core (J701F Exynos 7870) – Samsung Galaxy J7 Core adalah HP Android kelas menengah yang diluncurkan pada Juli 2017. Di pasar global, HP ini dirilis dengan nama Samsung Galaxy J7 Nxt. Di Indonesia yang diluncurkan adalah memiliki kode Samsung Galaxy J7 Core SM-J701F. HP ini memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk ponsel kelas menengah. Memiliki layar AMOLED dengan ukuran 5.5 inch dan sudah menggunakan OS Android 7.0 (Nougat) ketika diluncurkan. Jika kamu mencari tutorial cara root Samsung Galaxy J7 Core, maka kamu berada di tempat yang tepat.

Tutorial cara root Samsung Galaxy J7 Core ini kompatibel dengan Samsung Galaxy J7 Core yang resmi diluncurkan di Indonesia yaitu Samsung Galaxy J7 Core SM-J701F yang menggunakan prosesor Exynos 7870. Sebelum kamu melanjutkan, saya menyarankan kamu untuk membaca sanggahan (Cara Root Samsung Galaxy J7 Core (J701F Exynos 7870)) saya berikut ini:

  1. Saya tidak bertanggung jawab jika kamu mengikuti panduan ini kemudian muncul masalah pada HP kamu seperti: Hard/Soft Brick, BootLoop, dan kegagalan fungsi lain yang membuat HP kamu tidak berfungi sebagaimana mestinya.
  2. Saya tidak memaksa kamu untuk mengikuti panduan root ini.
  3. Jika kamu masih ragu-ragu tentang apapun mengenai root, saya sarankan kamu mencari informasi tentang baik dan buruknya root untuk HP kamu (Referensi keuntungan dan kerugian root bisa dibaca disini)
  4. Sebagian besar HP Android yang sudah dalam keadaan root, garansi HP tersebut akan hangus. Saya tidak bertanggung jawab akan hal ini.
  5. kamu dengan kesadaran sendiri dan siap menerima segala macam konsekuensi terburuk yang mungkin terjadi dengan HP kamu.
  6. Silahkan kamu melanjutkan mengikuti panduan ini jika setuju dengan sanggahan ini.

Sebelum melanjutkan, saya menyarankan kamu untuk melakukan backup terlebih dahulu!

Cara Root Samsung Galaxy J7 Core
Cara Root Samsung Galaxy J7 Core

 

Silahkan mengunduh semua bahan pendukung berikut ini:

I. Flash TWRP

  1. Aktifkan Developer options -> OEM unlocking dan USB Debugging.
  2. Matikan HP dan reboot ke download mode, caranya: Pencet tombol power + home + vol bawah secara bersamaan hingga muncul download mode setelah itu lepaskan.
  3. Silahkan koneksikan Samsung Galaxy J7 Core ke komputer dan tunggu saja agar driver terinstall hingga selesai.
  4. Buka Odin dan pastikan Samsung Galaxy J7 Core kamu dikenali oleh Odin.
  5. Extract file TWRP_J701F_3.1.1 dan kamu akan mendapati ada 2 file yaitu boot.tar.md5 dan recovery.tar.md5.
    Flash 2 file tersebut diatas -> recovery.tar.md5 di AP dan boot.tar.md5 di BL (jangan sampai terbalik).




II. Flash Magisk

  1. Setelah custom recovery TWRP terinstall, sekarang saatnya masuk ke mode recovery.
  2. Matikan HP dan hidupkan dengan pencet kombinasi tombol power + home + volume atas.
  3. Jika menu TWRP tidak muncul dan hanya menunjukkan layar hitam, lakukan cara berikut: pencet-pencet tombol power sebanyak 2 hingga 3 kali hingga layar menyala dan TWRP muncul.
  4. Lakukan Wipe -> Format -> ketik yes (agar bisa menggunakan TWRP secara full).
  5. Setelah itu masuk ke menu Install dan silahkan flash file Magisk-v14.0.rar dan tunggu proses hingga selesai.
  6. Reboot Samsung Galaxy J7 Core kamu.
    Proses root Samsung Galaxy J7 Core selesai.

*Catatan: ada bugs pada TWRP dimana ketika kita membuka TWRP prosesnya terasa sangat lambat.

Jika kamu menanyakan cara root Samsung Galaxy J7 Core menggunakan SuperSU, maka saya belum menyarankan kamu untuk melakukan flash file SuperSU. Karena ketika mencoba melakukan flashing SuperSU memang sukses namun sayang ada bugs yang sangat mengganggu (ada masalah dengan tidak kompatibel). HP menjadi sangat-sangat lambat ketika membuka layar.

Yap inilah panduan cara root Samsung Galaxy J7 Core dan jika kamu mengalami kesulitan atau ingin mengkoreksi silahkan bertanya dan berkomentar. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Danar

Halo, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya sampaikan ini memberikan manfaat bagi para juragan sekalian. Jangan sungkan untuk menanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terimakasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *