Cara Root Samsung Galaxy A5 2017

Panduan cara root Samsung Galaxy A5 2017 – Berikut ini tutorial cara root Samsung Galaxy A5 2017. Metode ini sudah dicoba dan berhasil pada Samsung Galaxy A5 2017 tipe SM-A520F (Indonesia). Jika Anda memiliki HP Samsung Galaxy A5 2017 dengan tipe tersebut bisa mengikuti tutorial ini. Sebelum mengikuti tutorial ini, Anda harus setuju dengan disclaimer berikut ini:

  1. Saya tidak bertanggung jawab jika setelah atau sedang mengikuti tutorial ini Samsung Galaxy A5 2017 Anda mengalami permasalahan seperti; bootloop, softbricked, hardbricked dan segala macam malfungsi lainnya. Jadi silahkan anda sadari resiko Anda sendiri.
  2. Metode ini dipastikan menggugurkan garansi Samsung Galaxy A5 2017 Anda karena akan meninggalkan jejak pada Knox Counter.
  3. Metode ini akan menggantikan recovery bawaan Samsung Galaxy A5 2017 dengan custom recovery TWRP.

Jika Anda memahami dan setuju dengan disclaimer diatas silahkan melanjutkan ke proses root Samsung Galaxy A5 2017. Sekali lagi saya sudah memastikan jika metode ini sudah tested dan berhasil.

Siapkan dulu bahan untuk proses root Samsung Galaxy A5 2017 ini:

*Odin: Link
*TWRP untuk SM-A520F: Link
*SuperSU: SR3-SuperSU-v2.79-SR3 (File SuperSU copy di SDCard, jangan di internal)
*Pastikan driver sudah terinstall di komputer dan HP sudah dikenali komputer.
*Sebelum melanjutkan silahkan backup semua data penting Anda!

Cara Root Samsung Galaxy A5 2017
1. Aktifkan Developers option, aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.

2. Matikan HP dan reboot ke download mode, caranya: Pencet tombol power + home + power bawah secara bersamaan hingga muncul download mode setelah itu lepaskan.

3. Buka aplikasi Odin, colok HP ke komputer dan tunggu agar dikenali oleh Odin. Di pilihan Options centang hanya pilihan Auto Reboot (yang lain tidak perlu). Kemudian di kolom AP silahkan masukkan file A5-SM-A520F-TWRP-3.0.2.0.tar.

Root Samsung Galaxy A5 2017
Root Samsung Galaxy A5 2017

4. Lanjutkan dengan START, tunggu proses hingga selesai dan HP akan reboot otomatis.

5. Matikan lagi HP untuk menuju ke Recovery. Caranya: pencet power + home + volume atas tahan hingga menu TWRP muncul.

6. Ketika muncul pilihan “swipe to allow modifcations” JANGAN DI EKSEKUSI/SWIPE, pilih saja “use read only” karena malah akan menyebabkan error/gagal booting (nanti akan saya berikan panduan utk patch masalah ini dibawah).

7. Setelah masuk ke TWRP lanjutkan dengan flash file SuperSU yang tadi sudah di download dan disimpan di SDCard (pilih install).

8. Reboot HP dan silahkan check apakah SuperSU sudah terinstall dengan baik. Gunakan aplikasi root checker dari Playstore.

Selamat! Jika anda berhasil mengikuti dengan baik maka Samsung Galaxy A5 2017 Anda sudah dalam keadaan Rooted. Proses root Samsung Galaxy A5 2017 selesai.

*Tutorial lanjutan (Opsional saja, untuk patch TWRP agar bisa digunakan secara full fungsinya, seperti backup dll).
* Harap diketahui, untuk melakukan patch ini memiliki resiko tersendiri yaitu internal storage (termasuk semua file/data) akan hilang. So Anda harus hati-hati dan pastikan semua data-data penting Anda yang berada dalam internal storage sudah di amankan.

Cara patch TWRP  di Samsung Galaxy A5 2017
*
Download file No-verity-no-encrypt Patch: Link
*Copy ke SDCard, jangan di internal!

1. Install aplikasi Flashfire di Playstore (Flashfire) dan akan meminta akses ROOT (Grant).

2. Buka aplikasi Flashfire, kemudian pilih menu Backup dan lakukan Full Backup dan pastikan pilih SDCard untuk menyimpan hasil backup tersebut.

3. Setelah selesai proses backup, check dulu di SDCard apakah folder Flashfire backup sudah ada isinya. Jika memang sudah ada isi file backup, lanjutkan ke proses berikutnya.

4. Reboot ke TWRP.

5. Ketika masuk menu TWRP pilihan tadi akan muncul -> “Swipe to allow modifications” (swipe/geser ke arah allow) -> pilih “dont show this again” -> format data (pilih yes), setelah itu lanjut ke menu Install -> pilih storage micro SDCard -> flash fileno-verity-no-encrypt_ashyx.zip.

6. Setelah selesai, reboot HP dan lanjutkan dengan setup HP hingga selesai.

7. Lanjutkan dengan install Flashfire lagi dari Playstore.

8. Buka aplikasi Flashfire -> pilih restore -> restore data partition.
Selesai.

Jika merasa proses ini rumit, Anda bisa melewatkan proses patch ini namun resikonya hanya tidak bisa menggunakan fungsi TWRP secara penuh. Namun saya yakin dengan kesungguhan tekad Anda pasti bisa melakukan semua tutorial diatas dengan baik dan benar.

Panduan cara root Samsung Galaxy A5 2017 selesai. Semoga berhasil mengikuti tutorial cara root Samsung Galaxy A5 2017 ini dan semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *