Antivirus Android Terbaik dan Ringan

Virus adalah sebuah hal yang banyak dikhawatirkan oleh para pengguna sistem operasi apapun. Virus paling marak ditemukan di OS Windows. Android sebagai OS yang paling populer saat ini juga menjadi sasaran empuk dijangkiti oleh virus. Namun sebenarnya menggunakan antivirus Android pada perangkat smartphone adalah bukan sebuah keharusan. Asalkan kita bisa berhati-hati dan bijak dalam menggunakan smartphone hal-hal seperti terjangkit virus atau malware akan bisa dihindari dengan mudah.

Namun bagaimanapun jika kamu mengalami rasa khawatir smartphone Android kamu terkena virus, tidak ada salahnya juga menggunakan sebuah aplikasi antivirus Android yang khusus melindungi ponsel tercinta kamu. Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi antivirus Android terbaik dan ringan yang bisa kamu install di ponsel kamu.

Antivirus Android Terbaik dan Ringan

1. AVG AntiVirus 2018 for Android Security
AVG seperti yang kita tahu adalah salah satu aplikasi yang memerangi virus paling populer. AVG sudah dikenal sebagai antivirus pada OS Windows. Tidak ketinggalan juga AVG menyediakan sebuah aplikasi antivirus untuk OS Android. Pada awal kemunculannya di OS Android, AVG ketika itu adalah aplikasi antivirus Android paling populer dan banyak di download oleh para pengguna Android. Hingga saat ini AVG untuk Android sudah banyak di unduh oleh pengguna sebanyak 6 jutaan hingga artikel ini ditulis.

Antivirus Android
AVG AntiVirus 2018 for Android

Beberapa fitur yang disediakan oleh AVG adalah:

  1. Pemindaian virus pada file, game dan aplikasi secara nyata
  2. Fitur power saving untuk meningkatkan daya tahan baterai
  3. Mengamankan koneksi WIFI dari hal-hal yang mengancam

Download resmi AVG AntiVirus 2018 for Android Security di Google Play: Link

2. Avast Antivirus 2018
Avast sebelumnya juga sudah dikenal sebagai antivirus di OS Windows. Avast sudah dikenal sebagai antivirus gratis dan ringan untuk digunakan di OS Windows. Tidak ketinggalan Avast juga menyediakan aplikasi keamanan bagi OS Android. Avast menjadi salah satu antivirus Android yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna Android. Yang menjadi kelebihan utamanya adalah aplikasi ini ringan dan tidak menggunakan sumber daya (RAM) yang besar.

Beberapa fitur yang diberikan oleh Avast Antivirus 2018:

  1. Antivirus
  2. Pengunci aplikasi
  3. Call blocker (melakukan blok pada panggilan masuk yang tidak diinginkan)
  4. Penghemat daya baterai
  5. Pembersih sampah

Download resmi Avast Antivirus 2018 di Google Play: Link

3. Kaspersky Mobile Antivirus
Sama seperti AVG dan AVAST, Kaspersky juga menjadi aplikasi antivirus yang populer di OS Windows. Kaspersky juga tidak ketinggalan menyediakan antivirus Android. Sebagai pemain besar di dunia antivirus, Kaspersky memberikan beberapa fitur pada aplikasi antivirus Android seperti:

  1. Perlindungan dari virus, spyware dan trojan
  2. Real time antivirus
  3. Pengunci aplikasi
  4. Perlindungan dari phising
  5. Call blocker
  6. Web filter

Download resmi Kaspersky Mobile Antivirus di Google Play: Link

4. Avira Antivirus Security 2018
Antivirus Android berikutnya yang ringan untuk digunakan adalah Avira Antivirus Security 2018. Antivirus Android besutan Avira ini mendapatkan beberapa review positif dari web teknologi ternama seperti DigitalTrends.com. Beberapa fitur unggulan Avira Antivirus Security 2018 adalah:

  1. Melindungi ponsel dari spyware dan malware
  2. Perlindungan dari Ransom-ware
  3. Ringan

Download resmi Avira Antivirus Security 2018 di Google Play: Link



5. ESET Mobile Security & Antivirus
Sama seperti empat antivirus yang sudah saya sebuatkan diatas, ESET adalah produsen antivirus yang sudah terkenal dan mapan menghadirkan aplikasi perlindungan di OS Windows. Aplikasi antivirus mereka sudah terkenal tangguh dan mampu memberikan perlindungan menyeluruh. Tidak ketinggalan ESET juga menghadirkan antivirus Android yang ringan dan memberikan perlindungan menyeluruh untuk smartphones Android. Beberapa fitur andalannya:

  1. Anti-phishing
  2. Perlindungan virus dan malware
  3. Anti Theft

Download resmi ESET Mobile Security & Antivirus di Google Play: Link

Tips menghindari serangan virus di Android:

  1. Selalu download aplikasi resmi melalui Google Play
  2. Matikan instalasi aplikasi dari sumber tidak dikenal
  3. Matikan fitur instalasi aplikasi dari sumber tidak dikenal
  4. Jangan melakukan instalasi aplikasi secara langsung dari web-web penyedia aplikasi (APK) selain dari Google Play
  5. Hindari menginstal aplikasi/game bajakan
  6. Rutin melakukan update sistem smartphone

Menghindari terjangkit virus dan malware tanpa menggunakan antivirus Android sebenarnya adalah sebuah hal yang tidak sulit. Kamu bisa mengaplikasikan beberapa tips menghindari virus yang saya berikan diatas. Namun seperti yang sudah saya sampaikan diatas, menginstal sebuah aplikasi antivirus di smartphone Android milikmu juga tidak ada salahnya. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *